Hoechst

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hoechst AG
Jenis Publik
Industri Farmasi, kimia
Didirikan 4 Januari 1863
Kantor pusat

Bendera Jerman Höchst - Frankfurt, Jerman

Bendera Indonesia Pulomas - Jakarta Timur
Produk Kimia, farmasi, cat, serat, plastik
Pendapatan DM 43.704 juta (1998)
Karyawan 96.967 (31 Desember 1998)
Situs web http://www.hoechst.de

Hoechst AG adalah sebuah perusahaan kimia Jerman yang kemudian berubah nama menjadi Aventis setelah bergabung dengan Rhône-Poulenc S.A. pada tahun 1999. Pada tahun 2004 kembali berubah menjadi Sanofi-Aventis setelah bergabung dengan sebuah perusahaan Perancis. Hoechst telah mendapatkan julukan sebagai "The pharmacy of the world" (Farmasi dunia) karena peranan pentingnya dalam pasar obat-obatan.

Hoechst AG yang merupakan anggota dari DAX sejak awal perhitungan 1988 ke 20 September 1999 dan sampai akhir Desember 2004 Aventis sebagai sebuah perusahaan Jerman yang terdaftar di Frankfurt Stock Exchange. Sekarang hanya sebatas nama saja, Hoechst telah menghilang dari pasaran secara permanen.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1863, awalnya bernama "Teerfarbenfabrik Meister, Lucius & Co." di Höchst, dekat kota Frankfurt dan berganti nama beberapa tahun kemudian menjadi "Teerfarbenfabrik Meister Lucius & Brüning". Pada tahun 1880 telah menjadi perusahaan sero "Farbwerke vorm. Meister Lucius & Brüning AG". Untuk pasar internasional namanya disingkat menjadi "Farbwerke Hoechst AG". Sampai pada tahun 1925 kemudian Hoechst AG menjadi perusahaan independen. Hoechst AG dahulu sebagai salah satu pendiri perusahaan lain yaitu IG Farben yang didirikan pada tahun 1916, sebuah grup tekanan dari industri kimia Jerman untuk memperoleh keuntungan kekuatan industri selama Perang Dunia I dan perang selanjutnya. Pada tahun 1952 IG Farben dari sebuah grup tekanan kerja menjadi perusahaan konglomerat terkenal.

Hoechst AG kemudian didirikan kembali pada 7 Desember 1951 di Frankfurt ketika IG Farben terpecah menjadi perusahaan pendirinya. Permodalan asli dari perusahaan tersebut sekitar 100.00 Deutsche Mark. Pada tahun 1953, Hoechst mendapatkan bagian-bagian perusahaan dari napsack-Griesheim, Kalle AG, Behring Werke, Wacker Chemie and Ruhr Chemie, dan lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]