High School Musical 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
High School Musical 3: Senior Year
HSM 3 Poster.JPG
Sutradara Kenny Ortega
Penulis Peter Barsocchini
Pemeran Zac Efron
Vanessa Hudgens
Ashley Tisdale
Lucas Grabeel
Corbin Bleu
Monique Coleman[1]
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis 24 Oktober, 2008[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $13.3 juta
Didahului oleh High School Musical 2 (2007)
Diikuti oleh Sharpay's Fabulous Adventure (2011) (Spin-off)


High School Musical 3 adalah sebuah film yang merupakan lanjutan dari High School Musical 2, sebuah film televisi Disney Channel yang amat populer. Film tersebut sedikit berbeda dari 2 film terdahulunya dan telah dijadwalkan untuk dirilis pada 24 Oktober 2008 untuk Amerika Serikat dan 29 Oktober 2008 untuk Indonesia. High School Musical 3 dibuat untuk film bioskop sedangkan 2 film High School Musical sebelumnya dibuat untuk televisi.

Enam tokoh utama dari dua film terdahulu akan memerankan peran mereka lagi.

"High School Musical 3" menceritakan tentang anggota Wildcats senior di sekolah, Troy dan Gabriella harus menghadapi kenyataan bahwa mereka harus berpisah, karena memasuki universitas yang berbeda. Gabriella masuk ke Stanford University dan Troy akan masuk ke University of Albuquerque. Disertai anggota Wildcats yang lain, mereka mempersembahkan sebuah musikal musim semi untuk mencerminkan pengalaman, harapan dan ketakutan mereka terhadap masa depan mereka.

High School Musical 3: Senior Year memperoleh pendapatan kotor US$50 juta pada 3 hari pertama penayangannya di Amerika dan US$40 juta di luar Amerika, membuat film ini mencatatkan rekor baru sebagai film musikal yang meraih pendapatan terbesar di minggu pembukaannya.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Kapten tim basket Troy menyemangati timnya East High yang sedang dalam posisi tertinggal (Now or Never) dan akhirnya mereka memenangkan kejuaraan tersebut. Kejuaraan ini begitu berarti karena merupakan kejuaraan terakhir yang diikuti para senior East High. Kemudian, Troy mengadakan pesta di rumahnya. Ia berbincang-bincang dengan Gabriella tentang masa depan mereka dan berharap agar sisa beberapa bulan di East High tidak akan berakhir begitu saja. (Right Here, Right Now).

Sharpay bertemu dengan Tiara Gold, seorang murid pindahan dari Inggris, yang kemudian dijadikan Sharpay sebagai asistennya. Ketika guru drama Ms. Darbus mengetahui bahwa hanya sedikit sekali murid yang mendaftar untuk musikal musim semi, Sharpay menyarankan agar ia melakukan pertunjukan solo. Perkataan Sharpay ini langsung menyadarkan Kelsi, yang menulis untuk pertunjukan tersebut, segera mendaftarkan semua anak di kelas. Kemudian Ms. Darbus berkata bahwa mereka akan membuat sebuah pertunjukan tentang hari akhir mereka di East High, yang disebut dengan “Senior Year”. Dia juga memberitahu bahwa Sharpay, Ryan, Kelsi, dan Troy mendapatkan kesempatan beasiswa di Juilliard School, tapi hanya satu saja yang diterima. Troy menolak karena ia tidak mendaftar di Juilliard. (Nanti kita bisa tahu bahwa Ms.Darbus-lah yang mendaftarkannya ke Juilliard). Sharpay berusaha untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Ia juga mengetahui kalau Kelsi pasti akan memberikan lagu terbaik pada Troy dan Gabriella di musikal tersebut, maka ia menyuruh Ryan untuk membujuk Kelsi agar memberikan mereka sebuah lagu. Sharpay juga memprediksi masa depannya dan Ryan (I Want It All).

Hari berikutnya, Troy bertanya pada Gabriella apakah ia mau berdansa dengannya. Gabriella kemudian mengajari Troy bagaimana cara menari waltz (Can I Have This Dance?). Chad mengajak Taylor untuk pergi ke prom dengannya tapi dengan cara yang kurang sopan. Taylor langsung menolak, tapi kemudian setuju setelah melihat usaha Chad yang mengajaknya di hadapan seluruh murid East High. Lalu grup berlatih untuk acara musikal (A Night to Remember). Hari berikutnya Ryan mengetahui Kelsi sedang membuat lagu di ruang musik dan mereka mulai bernyanyi (Just Wanna Be With You) dan Ryan mengajak Kelsi ke prom. Ketika Troy dan Chad sedang mengenang masa lalu mereka (The Boys Are Back), Sharpay dan Tiara tahu kalau Gabriella mempunyai kesempatan lebih cepat untuk masuk Stanford University. Sharpay memberitahukannya pada Troy dan malamnya Troy langsung bicara pada Gabriella tentang masalah ini. Setelah menghabiskan malam bersama, Troy pulang dan Gabriella bernyanyi (Walk Away) dan pergi ke Stanford keesokan harinya.

Ayah Troy, Jack Bolton, bicara dengan Troy mengenai masa depannya, dimana ia berharap Troy akan masuk ke University of Albuquerque. Karena adanya asumsi seperti ini, Troy malah dan bingung, ia pergi ke East High untuk melampiaskan kemarahan dan kebingungannya (Scream). Ms. Darbus dengan diam-diam menonton dan kemudian berkata pada Troy bahwa ialah yang mengirimkan aplikasi untuk Troy pada Julliard. Troy mendapat telpon dari Gabriella dan berkata meskipun ia mencintai Troy, tapi ia tidak bisa balik ke Albuquerque. Meskipun begitu, di hari prom, Troy datang ke Stanford University dan mengajaknya kembali dan mereka berciuman setelah bernyanyi (Can I Have This Dance? (Reprise)). Kembali ke East High, Sharpay sedang menyiapkan dirinya. Teman basket Troy, Jimmie, menerima pesan teks dari Troy untuk menggantikan dirinya karena ia bakalan telat. Perwakilan Juilliard juga sudah datang dan acara dimulai dengan baik.

Kelsi dan Ryan memulai acara dilanjutkan dengan penampilan tim Cheerleader dan tim basket, dilanjutkan dengan Ryan dan timnya; lalu Jimmie beraksi dengan Sharpay dan membuat Sharpay malu setengah mati. Troy dan Gabriella muncul di pertengahan acara dan menyanyikan duet mereka bersama. Di kamar ganti, Tiara mengkhianati Sharpay dan berkata kalau ia akan mengambil alih departemen drama tahun depan. Sharpay akhirnya merasakan bagaimana direndahkan tapi tidak patah semangat. Ketika Tiara sedang beraksi di panggung, tiba-tiba Sharpay muncul begitu saja dari atas dan ikut bernyanyi di panggung. (Senior Year Spring Musical). Di akhir acara, Ms. Darbus mengumumkan kalau Kelsi dan Ryan mendapatkan beasiswa Juilliard. Ms. Darbus juga menceritakan masa depan mereka semua kecuali Troy karena dulu ia tidak menceritakannya. Akhirnya, Troy berkata bahwa ia akan masuk Universitas California, Berkeley dan memilih teater sebagai masa depannya (We're All In This Together (Graduation Mix)).

Di acara upacara graduasi, Troy memberikan pidatonya. Stelah itu, seluruh senior membentuk lambang Wildcats dan melemparkan topi mereka ke udara. Setelah itu mereka semua sama-sama menari dan menyanyi bersama (High School Musical). Film diakhiri dengan keenam pemain utamanya melakukan aksi lompatan High School Musical yang populer, kemudian tersenyum, dan tirai tertutup.

Para Pemain[sunting | sunting sumber]

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu Penyanyi Utama Latar Catatan
"Now or Never" Troy, Gabriella, Chad, Zeke, Jason, Martha, dan Cheerleaders East High gym Lagu di kejuaraan basket
"Right Here, Right Now" Troy dan Gabriella Rumah pohon Troy Setelah pesta di rumah Mr. Bolton
"I Want It All" Sharpay dan Ryan East High cafeteria Mimpi Sharpay di sekolah
"Can I Have This Dance?" (Versi 1 + Bridge) Troy dan Gabriella Taman di atap sekolah East High Gabriella mengajari Troy lagu waltz
"A Night To Remember" Troy, Chad, Gabriella, Jason, Zeke, Taylor, Martha, Kelsi, Sharpay, Ryan East High Auditorium Latihan untuk Musikal Graduasi
"Just Wanna Be With You" Ryan and Kelsi; Troy dan Gabriella East High Auditorium dan Music Room Ryan mengajak Kelsi ke prom
"The Boys Are Back" Troy dan Chad Tempat Pembuangan mobil Riley's Auto Salvage Troy dan Chad mengingat masa kecil mereka
"Right Here, Right Now" (Reprise) Troy dan Gabriella Gabriella's house/Rumah pohon Troy Dihapus
"Walk Away" Gabriella Rumah Gabriella Gabriella pergi untuk kuliah ke Universitas Stanford
"Scream" Troy East High School Troy ingin bertahan di teater sekaligus basket
"Can I Have This Dance?" (Verse 2) Troy dan Gabriella Universitas Stanford Troy membujuk Gabriella agar kembali untuk ikut prom
"Senior Year Spring Musical" Kelsi, Ryan, Chad, Sharpay, Jimmie, Troy, Gabriella, & Tiara East High Auditorium (Penampilan dari Musikal Musim Panas) Featuring: Last Chance oleh Kelsi & Ryan, Now or Never (Reprise) oleh Chad dan tim basket, I Want it All (Reprise) oleh Ryan dan pedansa,
Just Wanna Be With You (Reprise) oleh Sharpay, Jimmy, Troy, Gabriella, dan Ensambel, serta A Night to Remember (Reprise) oleh Tiara, Sharpay, dan Boys.
"We're All In This Together
(Graduation Mix)"
Troy, Gabriella, Sharpay, Ryan, Chad, Taylor (on soundtrack); Choir (in film) East High auditorium/upacara graduasi Lagu dengan judul sama dari film pertama dengan tempo yang lambat, untuk acara graduasi.
"High School Musical" Troy, Gabriella, Sharpay, Ryan, Chad, Taylor, Zeke, Kelsi, Martha, dan Jason Upacara graduasi di lapangan bola East High Penampilan Akhir Film

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2007, Disney mengumumkan acara untuk membuat lanjutan film seri tersebut yang bertemakan Halloween dengan nama "Haunted High School Musical." Pada September tahun tersebut, Disney juga mengumumkan bahawa mereka telah membatalkan rencana untuk tema Halloween tapi lebih fokus pada tahun terakhir Troy dan kawan-kawannya di East High. Merujuk kepada berita Yahoo, pengarang asal untuk dua film pertama, Peter Barsocchini, akan meneruskan penulisan skrip High School Musical 3. Sutradara dan koreografer Kenny Ortega juga akan kembali mensutradarai film ini. Studio Walt Disney menyatakan bahwa "Kami tidak mengadakan kontrak dengan pemain untuk meneruskan bermain dalama film ini.

Zac Efron mengatakan bahwa " Saya dapat memberitahu kalian bahwa skrip adalah baik dan sekiranya kami semua sebulat suara terhadap skrip yang terakhir, tiada apa-apa yang boleh menghalangkan kami daripada melakonkannya. Kami amat berseronok apabila berlakon dalam film-film ini dan keadaan ini agak jarang berlaku dalam urusan bisnis."

Kenny Ortega, pengarang High School Musical dan High School Musical 2, menyatakan bahwa pra-produksi kemungkinan besar akan dimulai pada Januari 2008, dan pengambilan film akan dimulakan pada musim semi 2008. Ia menyatakan bahawa skrip telah dibuat dan mereka sedang mengembangkan musiknya. Ia juga menyatakan bahwa pengambilan film akan dibuat di Salt Lake City, Utah (sama seperti dua film pertama) dan plot film tersebut akan berhubungan dengan tahun terakhir Wildcats.

Pengumuman Produksi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan file dokumen Utah Governor's Office of Economic Development board (GOED), Utah akan menjadi latar untuk HSM3. Perfilman akan dimulai pada 21 April, 2008, dan diperkirakan akan selesai pada 13 Juni 2008.

Rilis internasional[sunting | sunting sumber]

Negara Judul Rilis teatrikal Rilis TV
 Amerika Serikat High School Musical 3: Senior Year October 24, 2008 April 4, 2010
 Brasil High School Musical 3: Ano da Formatura October 24, 2008 March 13, 2011
 Kolombia High School Musical 3: La Graduación October 24, 2008
 Uruguay October 21, 2008
 Venezuela October 28, 2008
 Peru October 30, 2008
 Meksiko
 Ekuador
 Guatemala
 Belize
 El Salvador
 Nikaragua
 Honduras
 Panama
 Kosta Rika
October 31, 2008
 Britania Raya
 Republik Irlandia
High School Musical 3: Senior Year October 24, 2008 December 4, 2009
 Turki High School Musical 3: Yıldızlar Takımı November 14, 2008 July 23, 2011
 Spanyol High School Musical 3: Fin de Curso October 24, 2008 November 16, 2012
 Indonesia High School Musical 3: Senior Year October 29, 2008 September 19, 2012
 Singapura October 24, 2008
 Thailand January 22, 2009
 Vietnam November 20, 2008
 Brunei
 Malaysia
 Kamboja
N/A

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

2009 British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Awards
  • Feature Film category, 2009 BAFTA Kids' Awards.[2]
2009 Kids' Choice Awards

UK Kermode Awards 2009

2009 MTV Movie Awards
  • Best Male Performance - Zac Efron (Won)
  • Breakthrough Performance Female - Ashley Tisdale (Won)
  • Best Movie (Nominated)
  • Breakthrough Performance Female - Vanessa Hudgens (Nominated)
  • Best Kiss - Vanessa Hudgens & Zac Efron (Nominated)
Teen Choice Awards 2009

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]