Heukchi Sangji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Heukchi Sangji (Hangul: 흑치상지, Hanja: 黑齒常之, pinyin: Heichi Changzhi) (630–689) merupakan seorang jenderal Baekje yang menjadi pemimpin Gerakan Kebangkitan Baekje, dan kemudian jenderal Dinasti Tang.

Gerakan kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Setelah serangan serius aliansi Silla-Tang, Heukchi melarikan diri pertama-tama dengan beberapa jenderal yang tidak dikenal. Kemudian, pasukannya berhasil mendapatkan kastil Imjohn dengan mengumpulkan 30 ribu orang. Sojeongbang dari Tang kelihatannya bersemangat untuk mengalahkannya dan rakyat Baekje. Namun ia terus memang di dalam menguasai 200 kastil atau lebih.

Ia mulai kehilangan basisnya dari pengkhianatan Yongsak yang adalah pengikutnya. Yongsak dikenal untuk menyerah pada Tang dan bahkan mengambil ranking pejabat. Heukchi Sangji terus memajukan pasukannya mengalahkan beberapa basis musuh Cina.

Kemudian ia bergabung dengan pasukan Tang dengan pembubuaran pasukan Baekje. Heukchi Sangji bersekutu untuk perang Tang melawan Göktürk. Namun beberapa jenderal Cina iri padanya dan menyebarkan fitnah dibelakangnya. Akhirnya ia dirantai dan dihukum mati pada tahun 689.