Hetepheres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Replika tempat tidur dengan sandaran kepala milik Ratu Hetepheres.
Panjangnya 177 cm (5ft 9in)

Ratu Hetepheres I adalah saudara dan istri dari raja Mesir Sneferu, serta ibu dari Khufu, dan dipercaya sebagai anak dari Huni. Ia kemungkinan wafat pada masa pemerintahan Khufu.

Makamnya ditemukan pada tahun 1925 pada salah satu piramida satelit dari Piramida Agung Giza. Makamnya berada dalam kondisi yang baik dan kebanyakan isinya terlihat lengkap, tetapi ada juga tanda-tanda perampokam. Walaupun sarkofagusnya tersegel, tubuhnya menghilang, sementara kendi kanopiknya masih ada. Benda-benda itu adalah contoh kendi kanopik tertua yang diketahui, sehingga menunjukkan bahwa Ratu Hetepheres adalah bangsawan Mesir pertama yang dikeringkan serta diawetkan organ tubuhnya.

Alasan-alasan mengenai hilangnya tubuh Hetepheres banyak diperdebatkan. Dr. Lehner memberi pandangannya bahwa Hetepheres sebenarnya dikuburkan di situs lain, tetapi karena situs itu dirampok dan muminya hancur, isi makam yang tersisa kemudian dipindahkan ke piramida, dan sarkofagus disegel untuk menghilangkan bukti hilangnya tubuh dari keluarganya.

Sementara Dr. Hawass berpendapat bahwa Hetepheres dikubur di G 1a, bagian ujung utara dari piramida kecil, dan bahwa setelah terjadinya perampokan sebuah lubang telah digali untuk jenazah baru. Ini dapat menjelaskan bukti keberadaan alat-alat cangkul di antara objek-objek makam.

Benda-benda yang mengisi makam memberikan kita banyak detail mengenai kemewahan dan cara hidup dinasti keempat Mesir. Objek-objek yang ditemukan di dalam makam dipertontonkan di Egyptian Museum di Kairo, dengan replika banyak perabotan pemakaman dari Museum of Fine Arts in Boston.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berman, Lawrence, Freed, Rita E., and Doxey, Denise. Arts of Ancient Egypt. Museum of Fine Arts Boston. 2003. pp.70-71. ISBN 0-87846-661-4

Literatur[sunting | sunting sumber]

  • Wolfram Grajetzki: Ancient Egyptian Queens – a hieroglyphic dictionary, London 2005

Lihat pula[sunting | sunting sumber]