Herman Yosef Loli Wutun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Herman Yosef Loli Wutun

Herman Yosef Loli Wutun (lahir 08 Juli 1954) adalah seorang praktisi Koperasi yang juga pernah aktif sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Utusan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 1999-2004, diusulkan melalui Partai Golongan Karya. Ia adalah kakek dari seorang cucu yang bernama Joseph Joya Juan Diego Asa dan ayah empat orang anak yaitu Maria Bernadethe Mawarni Gelu Wutun, Hermawati Rose Liwat Tena Wutun, Pedro Sarmento Aster Pehan Wutun, dan Mathilda Oliander Nogomukang Wutun dari seorang istri Petronela Peni Sanga.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Ia memulai kariernya dari bawah. Ia pernah menjadi Guru di SMPK, SMEA di Lembata dan Kupang, Dosen pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Nusa Cendana - Kupang. Sebelum menjabat tokoh puncak/Ketua Umum Induk Koperasi Unit Desa (Induk KUD) menggantikan Nurdin Halid, pernah menjabat Direktur Utama Pusat Koperasi Unit Desa Nusa Tenggara Timur, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah/DEKOPINWIL Provinsi Nusa Tenggara Timur 1998-2003, Anggota Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Pusat 2003-2008 dan Ketua Umum Pusat KUD Nusa Tenggara Timur periode 2006 hingga saat ini.

Herman Yosef Loli Wutun menjabat sebagai Ketua Umum Induk KUD periode tahun 2005-2008, 2008-2013, 2013-2018 dan pada Rapat Anggota Tahunan Induk KUD Tahun Buku Tahun Buku 2017 secara aklamasi terpilih kembali menjadi Ketua Umum Induk KUD periode tahun 2018-2031.

Sebagai salah satu strategi dalam membangun kembali jaringan Induk KUD, Herman Yosef Loli Wutun dengan luasnya koneksi di dunia internasional menginisiasi pembukaan Perwakilan Induk KUD di Taiwan, Korea Selatan dan Malaysia dan telah mengunjungi berbagai belahan dunia untuk memperkenalkan Induk KUD pada komunitas bisnis internasional. Saat ini Induk KUD telah menjalin kerjasama dengan mitra usaha dari Taiwan dalam pembangunan dan pengembangan Pabrik CPO Mini di Muaro Jambi, Jambi.

Penerima penghargaan Mahasiswa Teladan oleh Menteri P & K Republik Indonesia pada tahun 1983, Peserta Terbaik Tingkat Nasional Dalam Penataran Kabag. Akuntansi Proyek Pusat Pelayanan Koperasi Tingkat Nasional pada tahun 1983 dan Tokoh Kristiani Tahun 2019 oleh Majalah Narwastu ini juga aktif sebagai Pimpinan Paripurna Dewan Koperasi Indonesia /DEKOPIN periode 2015 hingga sekarang dan dalam bidang keagamaan sebagai Anggota Komunitas Tritunggal Maha Kudus Sel Brigitta dan Ketua Perwira Legio Maria Rosa Mystica Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata Cibubur.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]