Herleva

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Herleva (lahir tahun 1003 – wafat tahun 1050) yang juga dikenal sebagai Herleve,[1] Arlette,[2] Arletta[3] and Arlotte,[4] merupakan ibu William I dari Inggris. Ia memiliki dua orang putra, Odo dari Bayeux dan Robert, Pangeran Mortain, yang menjadi terkemuka di dunia William.

Latar belakang keluarga[sunting | sunting sumber]

Latar belakang Herleva dan kenyataan mengenai kelahiran William terselubung misteri. Bukti tanggal yang tertera dari satu atau dua generasi kemudian, tidak seluruhnya konsisten. Versi yang paling umum diterima mengatakan bahwa dia adalah putri penyamak bernama Fulbert dari kota Falaise, di Normandia. Terjemahan menjadi tidak jelas, Fulbert mungkin juga adalah seorang pedagang pakaian bulu, pembalseman, penjual obat-obatan, atau orang yang mengangkut mayat untuk dimakamkan.[5]

Diperdebatkan oleh beberapa orang bahwa ayah Herleva adalah seorang penyamak namun lebih sebagai seorang anggota kelas warga kota.[6] Idea didukung oleh kenyataan bahwa saudara lelakinya muncul di dalam dokumen kemudian sebagai penyokong untuk William yang masih dibawah umur. Juga, Pangeran Flandria kemudian menerima Herleva sebagai wali yang tepat untuk putrinya sendiri. Kedua kenyataan tersebut hampir tidak mungkin jika ayah Herleva (dan oleh karena itu saudara laki-lakinya) adalah seorang penyamak, yang akan menempatkannya ke status yang lebih tinggi daripada rakyat biasa.

Orderic Vitalis menjelaskan bahwa ayah Herleva Fulbert adalah seorang Adipati Bendahara (cubicularii ducis).[7][8]

Hubungan dengan Robert yang Agung[sunting | sunting sumber]

Menurut sebuah legenda, masih diceritakan oleh para pemandu wisata di Falaise, semuanya dimulai ketika Robert, Adipati Normandia yang masih muda melihat Herleva dari atas atap benteng menaranya. Jalan di atas atap masih dapat terlihat di atas batu yang dipotong di halaman bawah, yang dapat dilihat sampai hari ini dari menara kastil di atas. Cara tradisional mewarnai kulit atau pakaian bagi seseorang untuk pakaian. Herleva, legenda berlanjut, melihat Adipati dari atas bentengnya, menaikkan roknya mungkin lebih tinggi sedikit dari biasanya untuk menarik perhatian sang Adipati. Kemudian ia segera terpesona dan memerintahkannya untuk dibawa ke (seperti biasanya ketika ada seorang wanita yang menarik perhatian Adipati) lewat pintu belakang. Herleva menolak, berkata bahwa ia akan memasuki benteng Adipati di atas kuda lewat pintu depan, dan bukan sebagai seorang rakyat biasa. Adipati tersebut, dengan penuh nafsu, langsung menyetujuinya. Beberapa hari kemudian, Herleva, berpakaian seindah mungkin semampu ayahnya, dan duduk di atas seekor kuda putih, mengendarainya dengan bangga lewat pintu gerbang depan, kepalanya diangkat setinggi mungkin. Hal ini memberikan Herleva status setengah resmi sebagai gundik Adipati.

Ia kemudian melahirkan seorang putra, William, pada tahun 1027 atau 1028, dan mungkin seorang putri, Adelaide, pada tahun 1030.

Pernikahan dengan Herluin de Conteville[sunting | sunting sumber]

Herleva kemudian menikah dengan Herluin de Conteville pada tahun 1031. Namun beberapa riwayat menyatakan bahwa Robert selalu mencintainya, namun jarak di antara status sosial mereka membuat pernikahan tidak memungkinkan, jadi, untuk memberinya sebuah hidup yang baik, ia menikahkannya dengan salah satu nobel kesayangannya.

Sumber lain menjelaskan bahwa Herleva tidak menikahi Herluin sampai setelah Robert wafat karena tidak ada catatan Robert menjalin hubungan lain selanjutnya, dimana Herluin menikahi wanita lain, Fredesendis, ketika ia mendirikan biara Grestain.[9]

Dari pernikahannya dengan Herluin ia memiliki dua orang putra : Odo, yang kemudian menjadi Uskup Bayeux, dan Robert, yang menjadi Pangeran Mortain. Keduanya menjadi terkemuka selama masa pemerintahan William. Mereka juga memiliki sedikitnya dua orang putri, Emma, yang menikah dengan Richard LeGoz (de Averanches), dan seorang putri yang tidak diketahui namanya yang menikah dengan William, Maharaja la Ferté-Macé.[10]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Menurut Robert dari Torigni, Herleva dimakamkan di Biara Grestain, yang didirikan oleh Herluin dan putranya Robert pada sekitar tahun 1050. Herleva berusia sekitar empat puluh tahun ketika ia meninggal. Namun, David C. Douglas menjelaskan bahwa Herleva mungkin meninggal sebelum Herluin mendirikan biara karena namanya tidak muncul di dalam daftar dermawan, dimana nama istri kedua Herluin, Fredesendis, tercatat.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Douglas, David C. William the Conqueror (1964), p. 15
  2. ^ Freeman, Edward A. The History of the Norman Conquest (1867), p. 530
  3. ^ Palgrave, Sir Francis. The History of Normandy and of England (1864), p. 145
  4. ^ Abbott, Jacob. William the Conqueror (1903), p. 41
  5. ^ van Houts, Elisabeth M. C., 'The Origins of Herleva, Mother of William the Conqueror', English Historical Review, vol. 101, pp. 399-404 (1986)
  6. ^ McLynn, Frank. 1066: The Year of the Three Battles. pp. 21-23 (1999) ISBN 0-7126-6672-9
  7. ^ van Houts, Elisabeth M. C., 'The Origins of Herleva, Mother of William the Conqueror', English Historical Review, vol. 101, pp. 399-404 (1986)
  8. ^ Crouch, David 'The Normans- The History of a Dynasty' Hambledon 2002 at pp 52-53 and p58
  9. ^ "Norman Nobility". Foundation for Medieval Genealogy. Retrieved on 2009-07-30.
  10. ^ Douglas 1964, p. 381
  11. ^ Douglas 1964, p. 382