Herbert Aaron Hauptman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Herbert Aaron Hauptman
Lahir Herbert Aaron Hauptman
14 Februari 1917
New York City, New York
Meninggal 23 Oktober 2011 (umur 94)
Buffalo, New York[1]
Kebangsaan American
Bidang Mathematician
Institusi Hauptman-Woodward Medical Research Institute & University at Buffalo
Alma mater University of Maryland, College Park
Penghargaan Hadiah Nobel dalam Kimia (1985) (jointly with Jerome Karle)

Herbert Aaron Hauptman (New York City, 14 Februari 1917) ialah matematikawan dan pemenang Nobel asal Amerika Serikat yang terkenal.

Ia lulus dari City College of New York pada 1937 dengan gelar B.S. dalam matematika, dan gelar M.A. dalam matematika pada 1939 dari Universitas Columbia.

Setelah PD II, Hauptman pindah ke Washington, D.C. untuk bekerja di Naval Research Laboratory. Di laboratorium itu Hauptman bekerja dengan Jerome Karle. Secara serentak, Hauptman mulai bekerja di Universitas Maryland, College Park untuk gelar Ph.D. Kecakapan Karle Hauptman dalam matematika dan kimia fisika memungkinkan mereka mempelajari masalah fase kristalografi sinar-X (sebuah teknik dalam kristalografi di mana pola-pola yang diciptakan difraksi sinar-X melalui kisi-kisi sempit atom dalam kristal dicatat dan kemudian dianalisis untuk mengungkap sifat kisi-kisi itu).

Risalah Hauptman dan Karle (1953), Solution of the Phase Problem I. The Centrosymmetric Crystal, memperkenalkan metode probabilitas, yang penting sekali untuk penentuan fase kristalografi sinar X. Mereka membuat persamaan matematika untuk pemikiran struktur molekul senyawa kimia dan konfigurasi yang terbentuk saat sinar X. Dari 1954, Hauptman telah menerima gelar Doctor of Philosophy dan meletakkan dasar untuk metode langsung kristalografi sinar X.

Pada 1970, Hauptman pindah untuk bergabung dengan tim kristalografi di Medical Foundation of Buffalo. Ia menjadi profesor biofisika di Universitas Negeri New York di Buffalo. Pada 1972, ia diangkat sebagai direktur riset di lembaga itu.

Hauptman menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia pada 1985 dengan Jerome Karle untuk karyanya mengenai kristalografi sinar X.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]