Heo Jun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Heo Jun
Nama Korea
Hangeul 허준
Hanja 許浚
Alih Aksara yang Disempurnakan Heo Jun
McCune–Reischauer Hŏ Chun
Nama pena
Hangeul 구암
Hanja 龜巖
Alih Aksara yang Disempurnakan Guam
McCune–Reischauer Kuam
Courtesy name
Hangeul 청원
Hanja 淸源
Alih Aksara yang Disempurnakan Cheong(-)won
McCune–Reischauer Ch'ŏng'wŏn

Heo Jun (허준, 1537/1539–1615) adalah seorang Tabib Istana dari klan Heo Yangcheon selama masa pemerintahan dari Raja Seonjo dari Dinasti Joseon di Korea.[1] Dia diangkat sebagai Tabib Istana pada saat umurnya 29 tahun. Dia menulis sejumlah catatan medis, tapi prestasinya yang paling mencolok adalah Dongui bogam, yang mana sering dikenal sebagai catatan yang membahas mengenai pengobatan tradisional Korea. Hasil kerjanya itu tersebar ke banyak negara di Asia Timur, seperti China, Jepang, dan Vietnam, yang mana itu masih dianggap sebagai salah satu buku pengobatan klasik dari wilayah Timur sampai hari ini.

Meskipun Heo Jun bekerja dalam waktu yang lama dengan keluarga Raja, dia memberikan penekanan untuk membuat metode yang dapat dijangkau dan dipahami oleh orang biasa. Dia menemukan ramuan obat alami yang dengan mudah dicari oleh rakyat jelata di Korea. Lebih jauh lagi, dia menuliskan nama-nama dari tanaman obat-obatan itu menggunakan huruf hangul yang lebih mudah daripada menggunakan hanja (karakter Mandarin) yang lebih sulit, yang kebanyakan rakyat jelata tidak memahaminya.

Nama Heo Jun dan pencapaiannya masih dikenal dengan luas oleh rakyat Korea bahkan sampai sekarang. Rakyat Korea masih mengacu pada ramuan alami dari Heo Jun yang dapat ditemukan di bukunya, Dongui Bogam.

Heo Jun adalah tokoh dari novel terkenal pada tahun 1990 berjudul "Dongeui Bogam" yang dikarang oleh Eun-Seong, Lee.

Pada tahun 2000, stasiun TV MBC Korea membuat serial "Heo Jun" berdasarkan kisah hidup dari Heo Jun dan berhasil memecahkan rekor rating pemirsa.

TV Drama Heo Jun menjelaskan bahwa Ui Tae, Yoo, adalah seorang dokter yang menjadi guru dari Heo Jun ketika ia masih seorang pemuda, yang bekerja untuk murid yang lain sebagai pesuruh dan melakukan berbagai macam pekerjaan dan tugas. Drama itu menjelaskan kalau Heo Jun sangat dipengaruhi oleh Ui Tae, Yoo, dia banyak mengajar Heo Jun mengenai pengobatan (yang diketahui pada masa itu) dan terinspirasi oleh gurunya untuk menjadi seorang Tabib untuk dan dari rakyat. Tapi sebenarnya Ui Tae, Yoo bukanlah gurunya, bahkan dia lebih muda dari Heo Jun sekitar 100 tahun kemudian.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Korea) [188706&contentno=188706 "허준 許浚 a(1539 ~ 1615)" [Heo Jun]] Check |url= scheme (help). Doosan Encyclopedia. Diakses 2009-09-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]