Henry V dari Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Henry V (Inggris))
Henry V
Raja Inggris
Berkuasa21 Maret 1413 – 31 Agustus 1422
Penobatan9 April 1413
PendahuluHenry IV
PenerusHenry VI
Informasi pribadi
Kelahiran16 September 1386
Kastil Monmouth, Wales, Inggris
Kematian31 Agustus 1422 (umur 35)
Château de Vincennes, Prancis
Pemakaman7 November 1422
WangsaLancaster
AyahHenry IV
IbuMary de Bohun
Pasangan
(m. 2024)
AnakHenry VI
Tanda tanganHenry V

Henry V dari Inggris (16 September 1386- 31 Agustus 1422) adalah Raja Inggris dari tahun 1413 hingga tahun 1422. Ia lahir di Monmouth, Wales. Tak diketahui dengan pasti apakah ia lahir pada tanggal 9 Agustus 1386 atau 16 September 1386.

Henry V adalah anak Henry Bolingbroke, yang kemudian menjadi Henry IV, dan Mary de Bohun, yang meninggal sebelum Bolingbroke menjadi raja.

Selama pemerintahannya, Henry meningkatkan pengaruhnya sebagai Raja Inggris dan juga mengambil gelar sebagai Raja Prancis, setelah berperang selama berabad-abad dengan Prancis. Ia mengalahkan Prancis dalam Pertempuran Agincourt yang terkenal pada tahun 1415.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Henry lahir di menara di atas gerbang Kastil Monmouth di Wales, dan karena alasan itu kadang-kadang disebut Henry dari Monmouth. Ia adalah putra Henry dari Bolingbroke (kemudian menjadi [[Henry IV dari Inggris[[ dan Mary de Bohun. Sepupu ayahnya adalah raja Inggris yang berkuasa, Raja Richard II. Kakek dari pihak ayah Henry adalah John dari Gaunt yang berpengaruh, putra Raja Edward III.

Setelah ayah Henry diasingkan pada tahun 1398, Richard II mengambil alih anak tersebut dan memperlakukannya dengan baik. Henry muda menemani Richard ke Irlandia. Saat bertugas di kerajaan, dia mengunjungi Kastil Trim di County Meath, tempat pertemuan kuno Parlemen Irlandia.

Pada tahun 1399, John dari Gaunt meninggal. Pada tahun yang sama, Raja Richard II digulingkan oleh perampasan kekuasaan Lancastrian yang membawa ayah Henry naik takhta, dan Henry dipanggil kembali dari Irlandia sebagai pewaris Kerajaan Inggris. Ia diangkat menjadi Pangeran Wales pada penobatan ayahnya dan Adipati Lancaster pada 10 November 1399, orang ketiga yang memegang gelar tersebut pada tahun itu. Gelar lainnya adalah Adipati Cornwall, Earl of Chester, dan Adipati Aquitaine. Sebuah catatan kontemporer mencatat bahwa pada tahun 1399, Henry menghabiskan waktu di The Queen's College, Oxford, di bawah asuhan pamannya Henry Beaufort, rektor universitas tersebut. Selama ini, karena menyukai sastra dan musik, ia belajar membaca dan menulis dalam bahasa sehari-hari; hal ini menjadikannya Raja Inggris pertama yang dididik dalam hal ini. Dia bahkan memberikan pensiun kepada komposer karena kecintaannya pada musik.

Dari tahun 1400 hingga 1404, dia menjalankan tugas Sheriff Tinggi Cornwall. Selama waktu itu, Henry juga akan memimpin sebagian pasukan Inggris. Dia memimpin pasukannya sendiri ke Wales melawan Owain Glyndŵr dan bergabung dengan ayahnya untuk melawan Henry "Hotspur" Percy di Pertempuran Shrewsbury pada tahun 1403. Di sanalah pangeran berusia 16 tahun itu nyaris terbunuh oleh anak panah yang tertusuk di sisi kiri wajahnya. Seorang prajurit biasa mungkin meninggal karena luka seperti itu, tetapi Henry mendapat manfaat dari perawatan terbaik. Selama beberapa hari, John Bradmore, dokter kerajaan, merawat lukanya dengan madu sebagai antiseptik, membuat alat untuk memasang sekrup pada mata panah yang tertanam (titik bodkin) dan mengekstraknya tanpa menimbulkan kerusakan lebih lanjut, dan membilasnya. luka dengan alkohol. Operasi tersebut berhasil, namun meninggalkan bekas luka permanen pada Henry, yang merupakan bukti pengalamannya dalam pertempuran. Bradmore mencatat kisah ini dalam bahasa Latin, dalam manuskripnya yang berjudul Philomena. Perawatan Henry juga muncul dalam risalah bedah anonim Inggris Tengah bertanggal 1446, yang sejak itu dikaitkan dengan Thomas Morstede.

Didahului oleh:
Henry IV
Raja Inggris & Penguasa Irlandia
Wangsa Lancaster

1413-1422
Diteruskan oleh:
Henry VI
Didahului oleh:
Edmund Mortimer, 5th Earl of March
Pewaris Tahta Inggris
sebagai putra mahkota

30 September 1399-20 Maret 1413
Diteruskan oleh:
Thomas dari Lancaster
Didahului oleh:
John dari Gaunt
Adipati Aquitania
1399-1422
Diteruskan oleh:
Henry VI
Didahului oleh:
Vakum
Jabatan terakhir kali dipegang oleh
Richard II dari Inggris
Pangeran Wales
1399-1413
Diteruskan oleh:
Vakum
Jabatan kemudian dipegang oleh
Edward dari Westminster
Didahului oleh:
Henry IV
Adipati Lancaster
1399-1413
Diteruskan oleh:
digabung dalam mahkota
Didahului oleh:
Sir Thomas Erpynham
Lord Warden of the Cinque Ports
1409-1412
Diteruskan oleh:
Thomas Fitzalan