Henri Lehmann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret diri (tanggal tidak diketahui)

Henri Lehmann (pengucapan bahasa Prancis: [ɑ̃ʁi ləman]; 14 April 1814 – 30 Maret 1882) adalah seorang pelukis dan potret sejarah Prancis kelahiran Jerman.

Hidup[sunting | sunting sumber]

Lahir Heinrich Salem Lehmann di Kiel, di Kadipaten Holstein, ia menerima pelajaran seni pertamanya dari ayahnya Leo Lehmann (1782–1859) dan dari pelukis lain di Hamburg. Pada tahun 1831, pada usia 17, ia pergi ke Paris untuk belajar seni di bawah Jean Auguste Dominique Ingres, menjadi salah satu muridnya yang paling berprestasi dan rekan dekat selama bertahun-tahun. Pameran pertamanya adalah di Salon pada tahun 1835 di mana ia memenangkan medali kelas dua. Setelah itu ia dipamerkan secara teratur di Salon, memenangkan medali kelas satu pada tahun 1840, 1848 dan 1855.

Marie d'Agoult, 1843, by Henri Lehmann

Lehmann tinggal di Roma dari tahun 1838–41, di mana ia melanjutkan pendidikan seninya dengan Ingres (yang saat itu menjabat sebagai Direktur Académie de France di sana), dan berkolaborasi dengannya dalam beberapa karya—termasuk Ingres ' painting Luigi Cherubini dan Muse of Lyric Poetry. Di Roma Lehmann berteman dengan Franz Liszt dan kekasihnya, penulis Marie d'Agoult, berkorespondensi dengan mereka selama bertahun-tahun dan melukis potret mereka.[1]

Lehmann menetap secara permanen di Paris pada tahun 1842. Ia dianugerahi banyak komisi untuk pekerjaan umum berskala besar, seperti di Hôtel de Ville, Gereja Ste-Clothilde, Palais du Luxembourg, Palais de Justice, dan Kapel Jeunes Aveugles di Gereja Saint-Merri di Rue Saint-Martin.

Portrait of Franz Liszt, ca. 1839

Dia kemudian melukis potret banyak orang terkenal dan terkemuka pada masa itu termasuk Charles Gounod, Victor Cousin, Liszt, Chopin, Stendhal, Putri Christina Belgiojoso dan banyak lainnya.

Pada tahun 1846 Lehmann menerima Légion d'honneur dan pada tahun 1847 menjadi warga negara Prancis, membuka studionya pada tahun yang sama. Pada tahun 1861 ia menjadi guru di École des Beaux-Arts yang terkenal dan diangkat sebagai Profesor pada tahun 1875. Ia mendirikan Hadiah Lehmann untuk mengakui keunggulan akademik dalam seni. Pada tahun 1864 ia terpilih sebagai anggota Institut de France.

Dia meninggal di Paris pada tahun 1882. Saudaranya Rudolf Lehmann juga seorang seniman potret terkenal.

Murid dari Lehmann[sunting | sunting sumber]

Karya[sunting | sunting sumber]

Study of a Female Nude, The Metropolitan Museum of Art
Potret Léonide (atau Monna Belcolore) oleh Henri Lehmann (1848). Musée d'arts de Nantes, Prancis

Lehmann adalah seorang pelukis potret, religi, genre, sejarah, alegoris dan karya sastra. Dia mendapat inspirasi dari mitologi klasik, Shakespeare dan penulis kontemporer. Kadang-kadang dianggap kering dan akademis, karya terbaiknya bisa murni dalam garis dan anggun dalam bentuk. Di antara kanvas terbaiknya adalah:

  • Jephtha's Daughter (1836)
  • Grief of the Oceanides (1850)
  • Prometheus
  • Erigone's Dream
  • Venus Anadyomene
  • Adoration of Magi and Shepherds (1855, Rheims Museum)
  • Marriage of Tobias (1866)

Lukisan mural termasuk lukisan di kapel gereja St. Merry, di langit-langit Aula Besar di Palais de Justice, dan di Throne Hall, Istana Luksemburg. Dia melukis banyak potret orang-orang sezaman yang ditandai dengan baik—Liszt, Ingres, Marie d'Agoult, Chopin, dan Edmond Tentang di antara yang lain. Dia melukis potret dirinya untuk Galeri Uffizi, Florence.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pocknell, Pauline in New light on LIszt and his music (Pendragon Press, 1997) pp 142 ff.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Boulanger, Gustave (1883). Notice sur M. Lehmann, speech memorializing Lehmann, with many biographical and personal details, delivered before the Académie des Beaux-Arts, session of 27 January 1883.
  • Jouin, Henri Auguste. Maîtres contemporains (Paris, Perrin et cie, 1887) chapter 6, p. 150 ff.
  • Turner, Jane (Ed.). The Grove dictionary of Art: From Monet to Cézanne: Late 19th-Century French Artists (St. Martin's Press, 2000) pp. 270–271.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]