Henagon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pada lingkaran, Segi satu adalah sebuah tessellasi dengan titik tunggal, dan satu 360-derajat busur.

Dalam geometri, Henagon (atau Segi satu)

adalah sebuah segi banyak atau poligon dengan satu sisi dan satu titik sudut. Sebuah henagon beraturan memiliki simbol Schläfli {1}. Karena henagon hanya memiliki satu sisi dan satu sudut interior, henagon teratur dijelaskan oleh definisi.

Dalam geometri Euclidean[sunting | sunting sumber]

Dalam geometri Euclidean Segi satu yang biasanya dianggap sebagai objek yang tidak mungkin, karena titik ujungnya harus sesuai, tidak seperti segmen garis Euclidean. Untuk alasan ini, banyak para ahli yang tidak menganggap henagon sebagai poligon yang tepat dalam geometri Euclidean.

Dalam geometri bola[sunting | sunting sumber]

Dalam geometri bola, sebuah Segi satu terbatas dapat ditarik dengan menempatkan simpul tunggal manapun pada lingkaran yang besar. Dua henagon dapat digunakan untuk membangun sebuah dihedron pada bola, dengan simbol Schläfli {1,2}.

Henagonal dihedron

Henagon (Segi satu) ini dapat digunakan dalam bola polihedra, misalnya henagonal dihedron {1,2}, digonal hosohedron {2,1} dan henahedron henagonal {1,1}. Henagonal henahedron terdiri dari simpul tunggal, tidak ada tepi dan wajah tunggal (seluruh bidang minus vertex.)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]