Helvetica (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Helvetica
SutradaraGary Hustwit
ProduserGary Hustwit
Swiss Dots
Veer
PenyuntingShelby Siegel
Laura Weinberg
Tanggal rilis
12 September 2007
Durasi80 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Helvetica adalah film dokumenter independen tentang tipografi dan desain grafis yang membicarakan rupa huruf Helvetica. Disutradarai Gary Hustwit, film ini dirilis tahun 2007 bersamaan dengan ulang tahun Helvetica ke-50 sejak diperkenalkan pada tahun 1957. Film ini merupakan film pertama dalam Design Trilogy karya Hustwit.

Alurnya menceritakan sejarah Helvetica yang diiringi wawancara dengan para desainer grafis dan desainer huruf ternama. Film ini ingin menampilkan keindahan dan kelaziman Helvetica sekaligus menunjukkan sosok-sosok yang berkecimpung di dunia desain huruf. Helvetica juga mengupas celah antara desainer modernis dan posmodernis; kaum posmodernis di sini melontarkan kritik mereka terhadap font Helvetica.

Helvetica pertama kali ditayangkan di South by Southwest Film Festival bulan Maret 2007. Film ini ditayangkan bergilir di seluruh dunia di beberapa tempat, seperti IFC Center di New York, Institute of Contemporary Arts di London, the Gene Siskel Film Center di Chicago, dan Roxie Cinema di San Francisco. Helvetica masuk nominasi Independent Spirit's Truer than Fiction Award tahun 2008.

Band dan musisi yang berkontribusi pada musik pengiring dokumenter ini adalah Four Tet, The Album Leaf, Kim Hiorthøy, Caribou, Battles, Sam Prekop dari The Sea and Cake, dan El Ten Eleven.

Versi film yang telah diperbarui disiarkan di BBC One pada November 2007 sebagai bagian dari seri Imagine karya Alan Yentob. Film ini disiarkan di PBS pada Januari 2009 sebagai bagian dari seri Independent Lens.

Film ini dirilis dalam bentuk DVD oleh Plexifilm pada bulan November 2007 dan Blu-ray Disc pada Mei 2008. Edisi terbatasnya (1.500 kopi) dilengkapi tanda tangan Gary Hustwit. Kotak Blu-ray-nya dirancang oleh Experimental Jetset dan dicetak oleh A to Z Media.[1]

Narasumber[sunting | sunting sumber]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Editor The New York Sun, Steve Dollar, mengklaim bahwa hal-hal detail dalam Helvetica membuat film ini lebih menarik daripada yang diharapkan.[2]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, film dokumenter ini masuk nominasi "Truer Than Fiction Award" dalam ajang Independent Spirit Awards.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Helvetica / Blu-ray". Experimental Jetset. April 2008. Diakses tanggal 2009-05-19. 
  2. ^ Dollar, Steve (2007-09-12). "The Typeface To End All Typefaces". The New York Sun. TWO SL LLC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-05. Diakses tanggal 2009-05-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]