Heksagon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menggambar segienam beraturan dengan jangka dan mistar. Metode ini dituliskan oleh Euclides dalam Elements, Buku IV, Proposisi 15.

Dalam geometri, segienam (heksagon) adalah sebuah segibanyak (poligon) dengan enam sisi dan enam titik sudut. Sebuah segienam beraturan memiliki simbol Schläfli {6}.

Segienam beraturan
Hexagon.svg
Segienam beraturan, {6}
sisi dan titik sudut 6
Simbol Schläfli {6}
t{3}
Diagram Coxeter–Dynkin CDW ring.pngCDW 6.pngCDW dot.png
CDW ring.pngCDW 3.pngCDW ring.png
Grup simetri Dihedral (D6)
Luas
(s=panjang sisi)
A = \frac{3 \sqrt{3}}{2}s^2
 \simeq 2.598076211 s^2.
Sudut dalam 120°

Segienam beraturan[sunting | sunting sumber]

Suatu segienam beraturan adalah suatu segienam dengan panjang sisi dan besar sudut dalam yang sama. Sudut dalam pada segienam beraturan adalah 120°. Segienam beraturan memiliki 6 simetri garis dan 6 simetri putar. Diagonal terpanjang dari segienam beraturan, yang menghubungkan dua titik sudut berseberangan, panjangnya adalah dua kali panjang satu sisinya. Jadi, segienam beraturan ini dapat dibagi menjadi enam segitiga sama sisi.

Sejumlah segienam dapat disusun bersama-sama dengan cara mempertemukan tiga segienam pada masing-masing salah satu sudutnya. Susunan ini digunakan lebah madu untuk membuat sarangnya, karena susunan segienam merupakan bentuk yang paling efisien dari segi ruang dan bahan bangunan.

Luas dari sebuah segienam beraturan dengan panjang sisi s dihitung dengan rumus A = \frac{3 \sqrt{3}}{2}s^2 \simeq 2,598076211 s^2., sedangkan kelilingnya 6s\,\!, diameter besar 2s\,\!, dan diameter kecil s\sqrt{3}\,\!.

Segienam di alam dan buatan manusia[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]