Heinrich X, Adipati Bayern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ukiran Heinrich X di masa tuanya.

Heinrich yang Sombong (sekitar tahun 1108 – 20 Oktober 1139) merupakan seorang Adipati Bayern (Heinrich X, 1126–1139), Adipati Sachsen (Heinrich II, 1137–1139), dan Margrave Toscana (1137-1139).

Kehidupan & Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan putra Heinrich yang Hitam, Adipati Bayern, dan Wulfhild, putri Magnus Billung, Adipati Sachsen, dan dengan demikian ia merupakan anggota keluarga Welfen, dan, yang sangat penting, pewaris senior keluarga Billung. Kedua orangtuanya meninggal pada tahun 1126 (ayahnya menjadi seorang biarawan sebelum meninggal), dan karena kakandanya Konrad telah masuk gereja dan meninggal sebelum orangtuanya, Heinrich menjadi adipati Bayern. Ia membagi harta keluarga di Sachsen, Bayern dan Swabia dengan adiknya, Welf.

Pada tahun 1127 ia menikahi Gertrud, putri tunggal Lothar III, Kaisar Romawi Suci, yang pernikahan dan warisan ayah Heinrich telah dijanjikan sebagai hadiah atas pertukaran dukungan Lothar di dalam pemilihan kerajaan pada tahun 1125. Gertrud adalah pewaris properti tiga wangsa Sachsen: Wangsa Süpplingenburg, Brunonen, dan Northeim. Pasangan tersebut hanya memiliki seorang putra, Heinrich der Löwe. Setelah menikah, Heinrich ambil bagian di dalam perang antara raja dan saudara-saudara Hohenstaufen, Friedrich II, Adipati Swabia (yang merupakan saudara ipar Heinrich, menikah dengan saudarinya Judith), dan Konrad, Adipati Franconia, setelah itu Raja Jerman Konrad III. Sementara terlibat dalam perjuangan ini Heinrich juga sibuk di dalam menekan sebuah pemberontakan di Bayern, yang dipimpin oleh Friedrich, Pangeran Bogen, selama dimana baik adipati dan pangeran mencari upaya untuk mendidik calon-calon mereka sendiri di Keuskupan Agung Regensburg. Setelah perang yang mengenaskan, Friedrich menyerah pada tahun 1133, dan dua tahun kemudian saudara-saudara Hohenstaufen berdamai dengan Lothar. Pada tahun 1136, Heinrich menemani ayah mertuanya ke Italia, dan mengepalai satu divisi pasukan kerajaan yang berbaris ke Italia selatan, merusak wilayah kemana ia pergi. Setelah membedakan dirinya dengan kemampuan militer selama kampanye ini, Heinrich ditunjuk sebagai margrave Toscana dan sebagai pewaris Lothar di Wilayah Adipati Sachsen. Ia juga diberikan bekas properti Matilde dari Toscana.

Ketika Lothar meninggal pada bulan Desember 1137, kekayaan dan posisi Heinrich membuatnya menjadi kandidat yang tangguh untuk mahkota Jerman, namun dengan kualitas sama yang membuatnya mendapatkan nama julukan Sombong, membangkitkan kecemburuan dari para pangeran dan mencegah pemilihannya. Raja baru, Konrad III, menuntut lambang kekaisaran yang berada di dalam kepemilikan Heinrich, dan Adipati tersebut meminta imbalan penobatan dengan provinsi Sachsen. Namun Konrad, yang khawatir akan kekuasaannya, menolak untuk menyetujui hal ini dengan dalih bahwa hal itu melanggar hukum untuk dua wilayah adipati berada di satu tangan. Upaya penyelesaian gagal, dan pada bulan Juli 1138 Heinrich kehilangan wilayah adipatinya. Pada tahun 1139 Heinrich berhasil mengusir musuh-musuhnya dari Sachsen dan bersiap-siap menyerang Bayern ketika ia mati mendadak di Biara Quedlinburg. Heinrich dimakamkan di Gereja Perguruan Tinggi Königslutter disisi mertuanya.

Putranya adalah Heinrich der Löwe, yang masih dibawah umur. Wilayah adipati Heinrich, Bayern diberikan kepada Leopold IV, Margrave Austria, saudara tiri raja yang baru, Konrad. Sachsen, yang ingin dikuasainya namun tidak secara resmi ditanamkan, diberikan kepada Albrecht der Bär, putra dari putri yang lebih muda adipati Billung terkahir, Magnus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Heinrich X, Adipati Bayern
Lahir: 1108 Wafat: 1139
Jerman
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Lothar
Adipati Sachsen
1137–1139
Diteruskan oleh:
Albrecht der Bär
Didahului oleh:
Heinrich IX
Adipati Bayern
1126–1138
Diteruskan oleh:
Leopold IV
Didahului oleh:
Engelbert III dari Sponheim
Margrave Toscana
Adipati Spoleto

1137–1139
Diteruskan oleh:
Ulrich dari Attems