Heinrich Brüning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Heinrich Brüning
Heinrich Brüning
Jabatan: Kanselir Jerman ke-21
Masa bakti: 30 Maret 19307 Oktober 1931
Pendahulu: Hermann Müller
Pengganti: Franz von Papen
Lahir: 26 November 1885
Wafat: 30 Maret 1970
Partai politik: Partai Tengah Katolik
Profesi ahli ekonomi

Dr. rer.oec. Tentang suara ini Heinrich Brüning (26 November 188530 Maret 1970) adalah seorang politikus Jerman yang menjadi Kanselir Jerman.

Karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Münster di Westphalia, dia mempelajari ilmu sejarah, hukum dan ekonomi nasional di beberapa universitas Jerman dan Sekolah Ekonomi London sebelum bekerja dengan jabatan opsir dalam angkatan tentara dalam Perang Dunia I sebagai penembak mesin. Pada tahun 1925 dia menjadi anggota Reichstag, Parlemen Jerman, di mana dia mewakili Breslau, dan pada tahun 1929, dia menjadi ketua Partai Zentrum, dengan menyokong sayap kanan.

Kanselir[sunting | sunting sumber]

Dikenal akan kemampuan ekonominya, dia dilantik sebagai Kanselir Jerman pada 29 Maret 1930 setelah runtuhnya pemerintah koalisi Hermann Müller, seorang Demokrat Sosial, dalam usaha memperbaiki krisis ekonomi yang disebabkan Depresi Hebat. Namun dalam waktu sebulan langkah penyembuhan ekonominya -- meningkatkan pajak dan pemotongan anggaran belanja negara yang berat -- ditolak Reichstag dan hanya diterapkan pada musim panas, ketika Presiden Paul von Hindenburg mulai memerintah dengan keputusan yang berdasarkan Artikel 48 dari Konstitusi Weimar, melewati Parlemen. Langkah-langkah tersebut ternyata gagal, dan ketika negosiasi mengenai rencana untuk mempersenjatai ulang para tentara pun gagal, Brüning mundur dari jabatannya sebagai Kanselir pada 30 Mei 1932. Dia digantikan Franz von Papen, anggota bagian sayap kanan partainya sendiri, untuk masa yang pendek, sebelum Adolf Hitler menjadi Kanselir pada 30 Januari 1933.

Eksil[sunting | sunting sumber]

Brüning melarikan diri dari Jerman pada 1934 untuk menghindari penindasan politik yang dilakukan Hitler. Dia menetap di Britania Raya dan kemudian di Amerika Serikat, di mana dia mengajar di Sekolah Administrasi Bisnis Universitas Harvard. Dia kembali ke Jerman pada 1952 dan, setelah tidak diperbolehkan meneruskan karier politiknya, meninggal di AS pada tahun 1970.

Selama pengasingan, dia menulis buku memoir berjudul "Memoir 1918 - 1934".

Didahului oleh:
Hermann Müller
Kanselir Jerman
1930–1932
Diteruskan oleh:
Franz von Papen
Didahului oleh:
Julius Curtius
Menteri Luar Negeri Jerman
1931–1932
Diteruskan oleh:
Konstantin von Neurath

Lihat pula[sunting | sunting sumber]