Haute Tension

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Haute Tension
High tension poster.jpg
Poster Perancis
Sutradara Alexandre Aja
Produser Alexandre Arcady
Robert Benmussa
Penulis Alexandre Aja
Grégory Levasseur
Pemeran Cécile de France
Maïwenn Le Besco
Philippe Nahon
Musik Francois-Eudes Chanfrault
Sinematografi Maxime Alexandre
Penyunting Baxter
Distributor Lions Gate Entertainment
Tanggal rilis 18 Juni 2003 (Perancis)
24 September 2004 (Britania Raya)
10 Juni 2005 (Kanada, Amerika Serikat)
8 Aguistus 2006 (Australia)
Durasi 91 min.
Negara France
Bahasa Perancis
English
Italia
Anggaran €2,200,000
Pendapatan kotor $6,291,958 (US)[1]

Haute Tension (Switchblade Romance di Britania Raya dan High Tension di Amerika Utara) adalah sebuah film horor karya sutradara Perancis Alexandre Aja pada tahun 2003. Film ini pertama kali ditampilkan di Toronto Film Festival tahun 2003 dan filmnya dibeli oleh Lions Gate Entertainment sebagai distributor.

Di Amerika Serikat film ini pertama kali diberikan rating oleh MPAA yaitu NC-17 untuk Kekerasan. Setelah beberapa adegan kekerasan dipotong, film ini di rating ulang dan mendapatkan rating R untuk Graphic Blood Killings (Pembunuhan Berdarah), Terror (Teror), Sexual Content (Konten Seksual), and Language (dan Bahasa). [2] Setelah perilisannya di Amerika, film ini dirilis dalam keping DVD dengan label "Unrated" yang menampilkan edisi film yang belum dipotong.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan seorang wanita yang bersenandung yang memakai baju rumah sakit, terlihatlah banyak jahitan di punggungnya. Kemudian adegan berpindah dimana wanita yang sama berlari menyeberangi hutan seperti dikejar sesuatu. Ia menyetop sebuah mobil di jalan yang berada di antara hutan. Sang pengendara mobil menyaksikan wanita itu berteriak sambil menempelkan tangan ke jendela untuk meminta pertolongan. Tangannya ternoda darahnya sendiri yang keluar dari perutnya.

Ternyata itu adalah mimpi dari Marie. Marie dan temannya Alex, kini pergi menuju rumah Alex yang berada di tengah ladang pertanian untuk liburan. Setelah sampai, Marie diperkenalkan kepada keluarga Alex, mendapat tur rumah, dan siap untuk tidur setelah makan malam.

Pada malamnya, Alex mendengarkan musik sambil masturbasi membayangkan Alex. Disana ia mendengar suara aneh dilantai bawah. Ternyata suara itu bersumber dari truk yang dikendarai seorang pembunuh. Ayah Alex yang membukakan pintu, diserang dan setelah itu kepalanya dipenggal oloeh sang pembunuh dengan menggunakan lemari buku. Kegaduhan itu didengar oleh ibu Alex yang akhirnya dilihat oleh sang pembunuh dan dikejar. Sementara Marie, mendengar semua hal itu merapikan kamarnya membuat seakan kamar itu tidak ditempati. Pembunuh kemudian menuju kamarnya dan tidak menemukan Marie yang bersembunyi dibalik tempat tidur. Setelah sang pembunuh pergi, Marie pergi kebawah dan mencari telepon dikamar orangtua Alex. Karena mendengar suara, ia bersembunyi di lemari baju dan lewat celahnya, ia menyaksikan pembunuhan ibu Alex dengan pisau cukur.

Setelah itu, Marie menyaksikan adik Alex dikejar oleh sang pembunuh. Marie berlari keatas untuk memeriksa Alex di kamar yang ternyata dalam keadaan terikat. Lewat jendela, Marie mnyaksikan pembunuhan adik Alex di ladang jagung. Sebelum sempat melepaskan Alex, sang pembunuh kembali dan Marie berjanji akan menyelamatkan Alex. Marie melewati tangga belakang hingga sampai ke dapur. Disana ia mengambil pisau dan masuk ke dalam truk sang pembunuh yang berisi Alex. Marie sudah bersiap untuk menusuk pembunuh itu dengan pisau, tapi sang pembunuh malah menutup truk dan pergi menuju pom bensin.

Sementara sang pembunuh di luar untuk mengisi bensin, Marie berhasil keluar lewat celah di truk dan mengendap ke toko disebelah pom bensin. Pegawai pom bensin, Jimmy, dimintai tolong oleh Marie untuk memanggil polisi. Tapi sebelum ditelepon, sang pembunuh berjalan ke toko dan Marie bersembunyi dibelakang rak toko. Ternyata disana sang pembunuh membunuh Jimmy dan kembali ke truk untuk berjalan. Marie mencari kunci mobil Jimmy dan mengendarainya setelah berhasil memanggil polisi, tetapi tidak tahu lokasi Marie berada.

Marie dan sang pembunuh terlibat kejar-kejaran dan membuat mobil Marie terguling, membuat dirinya terluka cukup parah. Ia keluar dari mobil dan bersembunyi sambil menyiapkan senjata berupa tongkat kayu yang dililit kawat berduri. Lalu ia bertemu sang pembunuh, setelah sebuah perkelahian, Marie memukul kepala sang pembunuh dengan senjatanya hingga ia terbaring berdarah. Lalu Marie mencari truk si pembunuh untuk menyelamatkan Alex.

Di pom bensin, para polisi menemukan mayat Jimmy dan rekaman video pengawas yang memperlihatkan bahwa pembunuh Jimmy adalah...Marie. Pada poin ini, kita tahu bahwa Marie mencintai Alex, untuk itu ia membuat sebuah "motto" untuk dirinya sendiri yakni tidak akan membiarkan seorangpun di antara mereka. Untuk itu Marie membunuh semua orang yang dianggap sebagai penghalang antara dirinya dan Alex. Jiwa Marie sendiri yang mempunyai dua alter ini tidak mengetahui adanya alter pembunuh.

Pagi hari sudah tiba. Marie membuka truk dan membebaskan Alex. Alex menodongkan pisau Marie yang tertinggal di truk dan menyabetkannya ke pipi Marie, lalu menusuk perutnya. Alex berlari sementara Marie mengambil gergaji mesin yang kemudian saat itu, alter Marie dan pembunuh muncul bergantian untuk mengejar Alex. Sementara Alex berlari menyeberangi hutan dan menyetop sebuah mobil di jalan yang berada di antara hutan. Sang pengendara mobil berhenti dan Marie masuk. Karena perhentian tadi, mobilnya tak bisa berjalan dan saat itu Marie berhasil sampai di mobil itu, kemudian menghancurkan tubuh sang pengendara mobil dengan gergaji mesin tadi. Sementara itu, Alex kabur sambil membawa sebuah linggis yang disembunyikannya. Saat Marie mengejar Alex yang berjalan terseret karena kakinya tertusuk pecahan kaca, Marie melepas gergaji mesin lalu mencium Alex. Alex, menangis kemudian menusuk dada Marie dan saat itu, Marie mengucapkan klaim bahwa ia tidak akan pernah membiarkan seorangpun di antara mereka.

Film berakhir dengan Alex yang mengunjungi bangsal dimana Marie berada, masih mengucapkan mottonya. Alex menatap dari cermin satu arah dan melihat Marie menyeringai dan berusaha memegang Alex, mengetahui Alex ada dibalik cermin itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Cecille de France sebagai Marie
  • Maiwenn Le Basco sebagai Alex
  • Phillipe Nahon sebagai Sang Pembunuh
  • Andrei Finti sebagai ayah Alex
  • Oana Pellea sebagai ibu Alex
  • Franck Khalfoun sebagai Jimmy

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Haute Tension mendapat reaksi beragam di Amerika Utara. Film ini mendapatkan rating 42% dari review di Rotten Tomatoes,[4] dan mendapat skor 42 di Metacritic, mendapat kalsifikasi "mixed or average reviews."[5]

Roger Ebert sangat mencaci maki film ini, memberikannya satu bintang dan berkata bahwa film ini "poor, nasty, brutish and short," dan lubang plotnya adalah "that is not only large enough to drive a truck through, but in fact does have a truck driven right through it."[6]

Sebuah band asal London menamai diri mereka dengan sebutan Switchblade Romance, dan mereka berkata bahwa film Switchblade Romance (judul Inggris Haute Tension) adalah sumbernya.

Adegan yang dipotong[sunting | sunting sumber]

Untuk mendapatkan rating R, adegan kekerasan dipotong dari film ini, terutama saat adegan kekerasan yang durasinya terlalu panjang beberapa detik, diedit.[7]

  • Ayah Alex dipenggal dengan menggunakan lemari buku setelah kepalanya dijepit di antara celah pembatas tangga, lalu lemari buku didorong ke arah kepalanya. Adegan aslinya memuat satu shot yang menampilkan tubuh tanpa kepala yang mengeluarkan darah, di edisi rating R, hanya memuat adegan pemenggalannya saja.
  • Ketika leher ibu Alex digorok, sang pembunuh menarik kepala sang ibu sehingga darahnya semakin mengucur. Lalu, tangan ibu Alex dipotong oleh sang pembunuh, dan adegan itu dipotong pada edisi rating R.
  • Jimmy dibunuh oleh sang pembunuh dengan kapak. Adegan itu lebih panjang dan lebih menampilkan penusukan kapak. Tetapi di edisi rating R, adegan itu dipotong sedikit dan diganti dengan adegan close-up muka Jimmy dan pembunuhnya.
  • Saat Marie memukul berkali-kali kepala sang pembunuh dengan balok kayu, beberapa shot hilang karena diperpendek, juga shot kepala sang pembunuh yang rusak dihilangkan.
  • Penghancuran perut sang pengendara mobil oleh Marie dipotong.
  • Saat Alex menusuk dada Marie, adegan itu berjalan lebih lama pada adegan aslinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]