Hastings Rashdall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hastings Rashdall.

Hastings Rashdall (1858-1924) adalah seorang pemimpin teologi liberal Anglikan pada awal abad kedua puluh.[1] Ia adalah seorang sejarawan dan filsuf moral.[1] Dia menerima pendidikannya di Oxford,Herford College dan New College.[1] Dia menikah dengan Constance Makins pada tahun 1905.[1] Mereka tidak memiliki anak sama sekali.[1] Keramatamahan Rashdall di setiap sudut kampus, dihargai di Oxford, Hertford dan Carlisle.[1] Rashdall menjadi perintis berdirinya Kesatuan Sosial Inggris yang terdiri dari orang-orang Anglikan.[1] Pada tahun 1921, Rashdall memperoleh penghargaan nasional atas karya tulisnya di dalam Christ as the Logos and the Son of God yang ia kirimkan ke Konferensi Girton.[1] Menurut Rashdall, dunia sesungguhnya telah memperoleh penyingkapan yang paling luar biasa dari Allah.[1] Sebuah penyingkapan yang terus berlangsung dan berkembang melalui pekerjaan Roh Allah di dalam manusia-manusia.[1] Karya-karya Rashdall antara lain adalah The Universities of Erope in the Middle Age yang diterbitkan pada tahun 1895; Conentio Veritatis: Essays in Constructive Theology yang di terbitkan pada tahun 1902; The Theory of Good and Evil yang hadir dalam dua jilid dan diterbitkan pada tahun 1907;Conscience and Christ yang diterbitkan pada tahun 1916 dan The Idea of Atonement in Christian Theology yang diterbitkan pada tahun 1919.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j (Inggris)Trevor A. Hart. 2000, The Dictionary of Historical Theology. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company. Hlm. 455-456.
  2. ^ (Inggris)Sinclair B. Ferguson. 1991, The New Dictionary of Theology. Inter-Varsity Press. Hlm. 438-439.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Hart, Trevor A. 2000, The Dictionary of Historical Theology. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company.
  • Ferguson, Sinclair B. . 1991, The New Dictionary of Theology. Inter-Varsity Press.