Hasnah Tahar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hasnah pada tahun 1955

Hasnah Tahar (lahir di Singapura, tahun 1933) adalah seorang penyanyi dan aktris asal Indonesia. Dia banyak menyanyikan lagu-lagu berirama Melayu, seperti: Kuala Deli dan Kasih Tak Sampai.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Hasnah lahir dari seorang ayah yang berasal dari Bogor, Jawa Barat dan ibu asal Padang, Sumatera Barat. Hasnah mengawali kariernya sebagai penyanyi lagu-lagu Semenanjung Melayu. Pada tahun 1948, Hasnah dan keluarganya pulang ke Padang, dan ia bergabung dengan kelompok sandiwara Ratu Asia pimpinan Sjamsudin Sjafei. Tahun 1950, ia pergi ke Jakarta mengikuti rombongan Ratu Asia dan membuat rekaman bersama Irama Record. Selain membuat rekaman, Hasnah juga bermain film, antara lain: Sekuntum Bunga di Tepi Danau (1952), Rela (1954), Gadis Tiga Jaman (1955), dan Daerah Hilang (1956). Namanya terus menanjak sebagai penyanyi berlanggam Melayu, dengan diiringi orkes Bukit Siguntang dan Sinar Medan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Andrew N. Weintraub, Dangdut Stories: A Social and Musical History of Indonesia's Most Popular Music, Oxford University Press, 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]