Hasan Purbo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prof Hasan Purbo MCD (21 Juli 1926 – 30 September 1999) adalah seorang profesor arsitektur ITB. Hasan Purbo merupakan bapak dari Onno W Purbo, salah seorang tokoh teknologi informasi Indonesia. Anak-anak lainnya adalah: Heru Wibowo, Lita Widayanti, dan Benyamin Wirawan.

Hasan Purbo menempuh pendidikan S1 di Arsitektur ITB dari tahun 1951 - 1958. Selanjutnya pada tahun 1961, ia melanjutkan S2 di Master of Civic Design, University of Liverpool, Inggris.

Hasan menjadi direktur Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) ITB sejak lembaga ini berdiri yaitu dari tahun 1979 hingga 1991. Sebelumnya ia sempat menjadi dekan Fakultas Perencanaan & Seni Rupa ITB (1962-1964).

Sejak 1982, PPLH aktif meneliti pemungut sampah di Bandung. Menurut Hasan kebijaksanaan pembangunan saat itu terlalu deterministik. Pembangunan cenderung supply approach bukan deman approach. Hasan menyoroti aspek manusia dalam pembangunan, "asal sekian prasarana sudah dibangun, tak perlu lagi mempertimbangkan aspek manusiawi dari pengguna prasarana sudah bisa menyelesaikan masalah."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]