Haruomi Hosono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Haruomi Hosono
細野晴臣
Haruomi Hosono pada acara Festival Film Internasional Tokyo, 2019
Haruomi Hosono pada acara Festival Film Internasional Tokyo, 2019
Informasi latar belakang
Nama lainHarry Hosono
Lahir9 Juli 1947 (umur 76)
Minato, Tokyo, Jepang
GenreAmbien (tekno ambien), Elektronik (chiptune, EDM, elektro, elektronika, permainan, house, tekno, trance), Exotica, Eksperimental (avant‑garde), Funk, J‑pop, Rock, Synthpop, Worldbeat
PekerjaanMusisi, produser rekaman, penulis lagu
InstrumenGitar bass, penyintesis, vokal
Tahun aktif1969–sekarang
LabelAlfa Records
Artis terkaitYellow Magic Orchestra
Apryl Fool
Happy End
Sketch Show
Tin Pan Alley
Tin Pan
HAT
Swing Slow
Van Dyke Parks
World Standard
Situs webDaisy World Wide Web

Haruomi Hosono (細野 晴臣, Hosono Haruomi, lahir 9 Juli 1947), juga dikenal sebagai Harry Hosono, adalah seorang musisi Jepang. Ia paling dikenal secara internasional sebagai anggota dari grup musik rock Happy End dan pelopor grup musik elektronik Yellow Magic Orchestra bersama dengan Yukihiro Takahashi dan Ryuichi Sakamoto.

Hosono juga telah merilis sejumlah album solo dengan berbagai gaya, termasuk soundtrack film dan berbagai album ambien elektronik.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Hosono adalah cucu dari Masabumi Hosono, satu-satunya penumpang berkebangsaan Jepang yang selamat pada peristiwa tenggelamnya RMS Titanic. Hosono pertama kali mendapatkan kepopulerannya di Jepang sebagai pemain bass dari grup musik rock psikedelik Apryl Fool, bersama dengan pemain drum Takashi Matsumoto, yang merilis album The Apryl Fool pada 1969. Hosono dan Matsumoto kemudian membentuk grup musik folk rock berpengaruh Happy End bersama dengan Eiichi Ohtaki dan Shigeru Suzuki.[1] Salah satu lagunya yang ia komposisikan untuk Happy End, "Kaze wo Atsumete" (1971), kemudian muncul dalam film Amerika Lost in Translation dan pada soundtrack-nya pada 2003.[2]

Grup musik dan kolaborasi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Top 100 Japanese pops Artists – No.4". hmv.co.jp (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-06. Diakses tanggal 2013-04-26. 
  2. ^ "Bande originale : Lost in translation". EcranLarge. August 18, 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-03. Diakses tanggal 2008-03-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]