Harry Sinclair Lewis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lewis-Sinclair-LOC.jpg

Harry Sinclair Lewis (Sauk Centre, 7 Februari 1885 - Roma, 10 Januari 1951) ialah sastrawan pertama asal Amerika Serikat yang memenangkan Nobel Sastra.

Meskipun bangga akan asalnya dari Midwestern, ia mengembara jauh dan tertarik pada sejumlah aspek masyarakat AS yang berbeda, dari bisnis dan kedokteran ke agama dan kehidupan kota kecil. Perhatiannya terhadap masalah-masalah yang melibatkan wanita, ras, kepincangan dalam masyarakat membuat karyanya tetap vital dan mengena sekarang. Sebagaimana yang dikatakan Sheldon Norman Grebstein dalam karyanya Sinclair Lewis:

"Ia adalah nurani generasinya dan ia dapat bertindak sebagai nurani kita sendiri dengan baik. Analisisnya atas Amerika pada tahun 1920-an tetap sesuai untuk Amerika sekarang. Nubuatnya telah menjadi kepercayaan kita dan ketakutannya adalah masalah terpenting kita."

Sinclair Lewis dinominasikan Pulitzer Prize untuk karyanya Main Street dan Babbitt, dan dianugerahi untuk Arrowsmith (meski kemudian ditolaknya). Ia adalah anggota National Institute of Arts and Letters dan American Academy of Arts and Letters.

Sinclair Lewis meninggal akibat alkoholisme.

Karya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]