Haria, Saparua, Maluku Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Haria (Leawaka Amapatti)
—  Desa  —
Peta Kepulauan Lease yang meliputi 3 pulau yaitu Haruku, Saparua dan Nusa Laut

Peta lokasi Desa Haria (Leawaka Amapatti)
Negara  Indonesia
Provinsi Maluku
Kabupaten Maluku Tengah
Kecamatan Saparua
Luas 10 km2
Jumlah penduduk 10.000 jiwa
Kepadatan 1.000 jiwa/km2

Haria adalah desa di kecamatan Saparua, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Nama Teung atau Nama Adat negeri Haria adalah Leawaka Amapatti.

Selayang Pandang Sejarah Negeri Haria[sunting | sunting sumber]

Negeri Haria jang pertama bernama: “ Nusahunjo “ dan negerinja letak di tempat lain. Kapitan Loupatty datang dengan 4 marga dari Seram ke gunung “ Hatoe-Hahoel “. Empat marga yaitu:

  1. Marga Loupatty.
  2. Marga Parinussa.
  3. Marga Sarimolle.
  4. Marga Tamaela.

Pada suatu saat, kapitan Loupatty , Pattiiju , berjalan-jalan di Nusahunjo dan bertemu dengan seorang berpakaian kapitan. Kapitan Loupatty berhadapan dengan orang itu dan keduanya mulai berkelahi. Dalam perkelahiannya kapitan Loupatty tidak mampu melawang dia. Kedua-duanya sama kuat. Sehingga kapitan itu disebut kapitan “ Hattu “ yang artinja: “ Keras seperti batu “. Tempat yang mereka bertemu bernama: “Apapa “. Itu berasal dari kata “ apa “, dimana salah satu dari dua kapitan saling bilang pada yang lain : “apa”.

Kemudian keduanya mulai berkawan. Mereka berpisah di tempat bernama : “ Patae “ atau tempat perpisahan dari kedua orang itu.Kapitan Loupatty perintah kapitan Hattu ke negeri yang pertama: Nusahunjo. Sedangkan kapitan Loupatty berjalan terus untuk bertemu dengan orang-orang dari pulau Seram.

Dalam perjalanan dia beristirahat untuk makan bekal yang ada. Sementara mau makan, ternyata tidak ada ikan. Tiba-tiba ada burung yang bernama: Goheba dengan seekor ikan di mulutnya. Tiba-tiba ikan itu jatuh dari mulutnja. Kemudian kapitan Loupatty mengambil ikan itu, sehingga tempat itu dinamai: “ Yano “ ( ikan ).

Ketika marga sudah mulai banjak, maka mereka pergi ke tempat yang kedua, yang bernama :”Amano “ ( negeri lama ). Di Amano mereka bertemu dengan kapitan Bastian Latupeirissa. Pada saat itu mereka sangka kapitan Latupeirissa makan babi yang mereka sudah sedia. Kapitan Latupeirissa merasa malu lalu lari bersembunyi dalam kolam “ Wano “ dekat tanjung Hatualani. Kapitan Latupeirissa dulu disebut kapitan “ Iahuni “ Oleh sebab itu kolam Wano disebut: “ Iahuni”. Ketika penyakit masuk negeri di Amano, kapitan Loupatty cari kapitan Latupeirissa dengan seekor anjing. Dalam perjalanan anjing itu kelihatan haus, lalu kapitan Loupatty tikam tombak maka terpancarlah air. Tempat itu dinamai: “ Waehuhu “.

Pada zaman Portugis, kapitan Loupatty dan patih Sakaroni turun cari tempat yang lain. Mereka berpindah ke tempat yang ketiga yang bernama: “ Leawaka Amapatti “ Sekarang disebut: “ Negeri Haria “.

Patih Sakaroni datang di Leawaka Amapatti, Haria, pada tahun 1362. Pada tahun 1480 patih Sakaroni punja salah satu keturunan menjadi raja pertama di Haria, yang bernama: “ Narayai “. Patih Narayai yang atur struktur Pemerintah Adat. Kapitan Loupatty berkuasa di hutan, sedangkan patih Sakaroni berkuasa di Negeri. Sesudah itu negeri Haria diatur oleh:

  1. Kapitan Loupatty.
  2. Patih Sakaroni.
  3. Kapitan Hattu.

Kapitan Loupatty tikam batas bagian Porto. Kapitan Hattu tikam batas bagian Air Salobar, sehingga batas yang ketiga terdapat di Kampung Lama. Ketika negeri sudah terbentuk, maka batu pusat di negeri Amano diturunkan ke negeri Haria. Sekarang disebut: “ Batu Pamale “. Di depan batu pusat itu dibangunkan sebuah rumah yang dinamakan sebuah rumah adat yang dinamakan: “ Baileu “. Dalam bahasa adatnya Baileu disebut: “ Pala Pesi Rumah Toru “. Sehingga Baileu tersebut disebut: “ Baileu Pusat “. Baileu itu dubangun pada tahun 1571. Disaat Baileu hendak dibangunkan, maka di pulau Molana ada terdapat 3 marga:

  1. Marga Souisa.
  2. Marga Kaya.
  3. Marga Kainama.

Atas panggilan dari kapitan Loupatty mereka turun dari Molana ke negeri Haria dan bergabung menjadi orang Haria. Setelah negeri Haria sudah mempunyai kedudukan yang tetap, maka kapitan Loupatty berjalan di negeri Haria, lalu dia tiba di satu tempat yang disebut: “ Sempurna “ artinya: “ Selesai “

Soa-Soa Di Negeri Haria[sunting | sunting sumber]

Di negeri Haria ada terdapat 6 soa yaitu:

  1. soa Titaoni.
  2. soa Louhatu.
  3. soa Tanarisa.
  4. soa Lounusa.
  5. soa Pemua.
  6. soa Samalohy.

Putera daerah[sunting | sunting sumber]

Putera daerah Haria yang terkenal adalah:

  • Pattimura/Kapitan Thomas Matulessy, seorang pejuang pra-kemerdekaan Indonesia.