Hari bebas kendaraan bermotor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta, dekat Bundaran Hotel Indonesia.
Bogotá Car Free Day, pada tanggal 1 Februari, 2007.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Lokasi hari bebas kendaraan bermotor di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia hari bebas kendaraan bermotor pertama kali diselenggarakan tahun 2000 di Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye peningkatan kualitas udara kota yang bernama "Segar Suroboyoku Rek"[1]

Surakarta[sunting | sunting sumber]

Solo di bawah pemerintahan Joko Widodo adalah walikota yang pertama yang menggagas hari bebas kendaraan bermotor, yaitu di sepanjang Jalan Slamet Riyadi pada setiap hari Minggu, mulai pukul 6 hingga 9 pagi, walaupun jalanan sudah mulai terlihat pejalan kaki dan pengendara sepeda motor sejak pukul 5 pagi.

Setelah Hari Bebas Kendaraan Bermotor sukses berjalan di Slamet Riyadi selama beberapa tahun, maka kemudian ditambah satu ruas jalan lagi, yaitu Jalan Juanda.

Jakarta[sunting | sunting sumber]

Di Jakarta Hari Bebas Kendaraan Bermotor pertama kali digelar pada 23 Mei 2002 [2]. kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan pemerintah.[1].

Hari Bebas Kendaraan Bermotor awalnya diselenggarakan pada hari minggu terakhir di setiap bulan di Jakarta[3]. Kegiatan ini berlangsung selama 8 jam dari 06:00 WIB sampai 14:00 WIB, namun karena banyak keluhan dari masyarakat, akhirnya pada hari Minggu, 26 April 2009 dipersingkat 2 jam[4]. Pada tahun 2011, pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor meningkat, yaitu menjadi dua kali dalam sebulan [5]. Lalu, pada 13 Mei 2012 Hari Bebas Kendaraan Bermotor dilaksanakan empat kali dalam sebulan dari pukul 06:00 sampai 11:00 [6].

Berikut ini daftar ruas jalan di Jakarta yang melayani HBKB (setiap hari Minggu dari pukul 06.00 sampai 11.00):

  1. Seluruh kota administratif (ward)/tingkat provinsi: Jalan Jend. Sudirman sampai dengan Jalan MH Thamrin (dari persimpangan Thamrin-Medan Merdeka Barat sampai dengan Bundaran Senayan)
  2. Jakarta Pusat: Jalan Letjen Suprapto (dari persimpangan Cempaka Mas sampai dengan persimpangan FO Galur)
  3. Jakarta Selatan: Jalan Sisingamangaraja (dari Bundaran Senayan sampai dengan persimpangan CSW), Jalan Warung Jati Barat (dari persimpangan Mangga Besar sampai dengan persimpangan Pejaten Village)
  4. Jakarta Barat: Kota Tua Jakarta
  5. Jakarta Timur: Jalan Pemuda (dari persimpangan Arion sampai dengan persimpangan Pemuda-Bekasi Raya)
  6. Jakarta Utara: Jalan Danau Sunter Selatan (dari persimpangan Danau Sunter Utara-Selatan sampai dengan persimpangan Danau Sunter Selatan-Barat)

Bandung[sunting | sunting sumber]

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Bandung dipusatkan di kawasan Jalan Dago dan Jalan Merdeka.[7]

Yogyakarta[sunting | sunting sumber]

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Yogyakarta dipusatkan di kawasan Jalan Jendral Sudirman sisi barat (penggal perempatan Gramedia - Gedung Hartono) dan diberi nama "Jogja Kreatif". Selain itu, hari bebas kendaraan bermotor juga diglar di kawasan Jalan Ahmad Yani.[8]

Semarang[sunting | sunting sumber]

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Semarang dipusatkan di kawasan Simpang Lima, Jalan Pahlawan dan Jalan Pemuda, sedangkan kegiatan HBKB di Kabupaten Semarang dipusatkan di Jalan Ahmad Yani, Ungaran.

Surabaya[sunting | sunting sumber]

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Surabaya dipusatkan di kawasan Jalan Raya Bungur dan Jalan Kertajaya. Setelah menetapkan Jalan Raya Darmo dan Jalan Kertajaya, mulai 5 Februari 2012, CFD juga akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan[9][10].

Malang[sunting | sunting sumber]

Setelah keberhasilan CFD di Jakarta yang diikuti antusiasme masyarakat, kegiatan hari tanpa kendaraan bermotor diselenggarakan juga di Kota Malang yang dipusatkan di Jalan Ijen. Car free day ini diluncurkan pada 18 Desember 2011 oleh Walikota Malang saat itu. Selain jalan-jalan dan naik sepeda, masyarakat juga disuguhkan dengan Pasar Minggu yang menyediakan jajanan khas di pagi hari [11].

Sragen[sunting | sunting sumber]

Car Free day Sragen dari pukul 05.30 - 08.30 WIB. Berawal sekitar tahun 2000-an. Masyarakat Sragen dan didukung pemerintah daerah sudah melaksanakan kegiatan Car Free Day di sekitar alun-alun Sragen. Jalan Sukowati sebagai jalan utama Sragen, antara depan perempatan Polres sampai di depan pertigaan Garuda pada waktu ditutup setiap ada car free day. Memang istilah Car Free Day baru terkenal waktu itu di Jakarta. Ketika jalan utama Jakarta ditutup untuk aktivitas warga.

Bagi warga Sragen dulu, aktivitas Car Free Day hanya diisi kegiatan joging pagi, sepakbola di Alun-alun, Badminton dan kegiatan olahraga kecil lainnya. Namun ketika sudah mendekati jam enam pagi, ada kegiatan senam kesehatan jasmani lengkap dengan instruktur dan panggung buat senam. Setelah selesai senam, aktivitas bagi yang olahraga ditutup dengan dibagikannya bubur kacang ijo gratis bagi warga baik yang tidak ikut senam maupun yang ikut.

Kegiatan Car Free Day Sragen sempat berhenti sekitar tahun 2006 ke atas. Kemudian pada tahun 2012, kegiatan Car Free Day Sragen kembali digalakkan. Dengan dukungan pemerintah daerah dan antusias para penggiat komunitas, acara Car Free day ini bisa dilaksanakan. Jadwalnya masih tetap. Setiap hari minggu pagi. Intinya masih sama. Masyarakat berolahraga di jalan utama Sragen tersebut. Namun setiap minggu di Car Free Day sekarang diisi dengan aktivitas yang lebih menyenangkan. Misal tempat berkumpulnya komunitas sepeda Sragen. Baik itu sepeda tua maupun sepeda yang sering dipakai. Selain itu ada parade musik, Marching band dari tk dan SD, dan kegiatan olahraga lainnya yang dilakukan orang tua, maupun kaula muda Sragen.

Banda Aceh[sunting | sunting sumber]

Hari bebas kendaraan bermotor juga dilakukan di Banda Aceh.[1]

Jombang[sunting | sunting sumber]

Hari bebas kendaraan bermotor di Jombang setiap hari Minggu pukul 5.30 hingga 7.30 di sepanjang Jl. KH. Wahid Hasyim.

Bogor[sunting | sunting sumber]

Hari bebas kendaraan bermotor dimulai sejak 6 Desember 2009 mulai pukul 06.00-09.00 [12]. Kegiatan ini diberlakukan di Jalan Jalak Harupat, Taman Kencana dan Lapangan Sempur [13].

Lokasi lain di dunia[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Sejarah Terbentuknya Gerakan Car Free Day
  2. ^ Car Free Day Ampuh Kurangi Pencemaran Udara Jakarta
  3. ^ Car Free Day di Sudirman-Thamrin
  4. ^ Diprotes Warga, Car Free Day Dipangkas 2 Jam
  5. ^ Hari Bebas Kendaraan Bermotor
  6. ^ Jakarta Bakal Car Free Day Tiap Minggu
  7. ^ Car Free Day Bandung – Hiburan & Pengetahuan Menjadi Satu
  8. ^ [1]
  9. ^ Pemkot Surabaya Tambah Jalur "Car Free Day"
  10. ^ Surabaya Car Free Day
  11. ^ Malang Car Free Day
  12. ^ Car Free Day Diberlakukan Minggu di Kawasan Sempur Kota Bogor, diakses 3 April 2014
  13. ^ Bogor Berlakukan Car Free Day 6 Desember, diakses 3 April 2014

Pranala luar[sunting | sunting sumber]