Hari Reformasi Gereja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hari Reformasi Gereja adalah hari keagamaan yang dirayakan pada tanggal 31 Oktober untuk mengenang Reformasi Gereja, khususnya oleh gereja Lutheran dan beberapa komunitas gereja Reformed.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1516-1517, Johann Tetzel, seorang biarawan Dominikan dan komisaris kepausan untuk indulgensi, dikirim ke Jerman oleh Gereja Katolik Roma untuk mengumpulkan uang guna membangun kembali Basilika Santo Petrus di Roma.[1] Teologi Roma Katolik menyatakan bahwa iman saja, apakah fidusia atau dogmatis, tidak dapat membenarkan manusia;[2] dan bahwa hanya iman yang aktif dalam amal dan perbuatan baik (fides caritate formata) yang dapat membenarkan manusia.[3] Manfaat dari perbuatan baik dapat diperoleh dengan memberikan sumbangan kepada gereja.

Pada 31 Oktober 1517, Martin Luther menulis kepada Albrecht, Uskup Agung Mainz dan Magdeburg, memprotes penjualan indulgensi. Dalam suratnya, ia melampirkan sebuah salinan dari "Perdebatan Martin Luther pada Kekuatan dan Keberhasilan Indulgensi," yang kemudian dikenal sebagai 95 dalil.

Ke-95 dalil ini segera diterjemahkan dari bahasa Latin ke dalam bahasa Jerman, dicetak dan diperbanyak menggunakan mesin cetak.[4] Hanya dalam waktu dua minggu, salinan tesis telah menyebar ke seluruh Jerman, dan dalam waktu dua bulan berhasil disebarkan ke seluruh Eropa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Johann Tetzel," Encyclopaedia Britanica, 2007
  2. ^ (Trent, l. c., can. xii: "Si quis dixerit, fidem justificantem nihil aliud esse quam fiduciam divinae misericordiae, peccata remittentis propter Christum, vel eam fiduciam solam esse, qua justificamur, a.s.")
  3. ^ (cf. Trent, Sess. VI, cap. iv, xiv)
  4. ^ Brecht, Martin. Martin Luther. tr. James L. Schaaf, Philadelphia: Fortress Press, 1985–93, 1:204–205.