Hari Kemerdekaan (Niger)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hari Kemerdekaan
Fête de l'Indépendance
Fête tournante du 3 août
Fête de l'Arbre
Dirayakan Niger
Jenis Nasional
Tanggal 3 Agustus
Perayaan Festival, Pidato politik, Parade, Penanaman pohon.

Hari Kemerdekaan di Republik Niger diperingati pada tanggal 3 Agustus, menandai kemerdekaan bangsa dari Perancis pada tahun 1960. Sejak tahun 1975, pada Hari Kemerdekaan juga dirayakan Hari Arbor, seperti menanam pohon-pohon di seluruh negeri untuk membantu memerangi penggurunan.

Tanggal penting[sunting | sunting sumber]

3 Agustus 1960 adalah tanggal resmi, Niger mendapat kemerdekaan penuh dari Perancis, sedangkan 18 Desember 1958 menandai berdirinya Republik dan penciptaan Kepresidenan Republik Niger, mengikuti perubahan konstitusional Republik Kelima Perancis, dan diadakannya pemilihan tanggal 4 Desember 1958 di kolonial Prancis. Rakyat Niger menganggap bahwa tanggal itu menjadi tanggal berdirinya lembaga nasional mereka. Antara 18 Desember 1958 dan 3 Agustus 1960, Niger tetap menjadi Republik semi-otonom dalam Komunitas Perancis. Pada awal tahun 1960 revisi dari Komunitas Perancis memperbolehkan keanggotaan negara merdeka, dan pada tanggal 28 Juli, Majelis Legislatif Niger menjadi Majelis Nasional Niger: Kemerdekaan dideklarasikan pada tanggal 3 Agustus 1960.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1960, tanggal 3 telah menjadi festival nasional. Pada tahun 1975, pemerintah mulai merayakan Hari Kemerdekaan, selain itu penanaman pohon massal juga dilakukan untuk melawan penggurunan.[1] Perayaan tersebut juga dikenal sebagai Fête de l'Arbre.[2][3]

Pada tanggal 3 ini dirayakan di Niger dengan festival resmi dan penampilan para pemimpin politik, siaran resmi oleh Presiden serta tradisi (sejak tahun 1975) bahwa setiap warga Niger menanam pohon. Hari Kemerdekaan ini juga merupakan hari libur, di mana kantor-kantor pemerintah dan banyak aktivitas bisnis tutup.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Editorial : le culte de l'exemple. Saidou Daoura, Editor, le Sahel (Niamey). 2011-08-01.
  2. ^ Le Niger célèbre mardi le 44ème anniversaire de son indépendance. Xinhua News. 4 August 2004.
  3. ^ Le Niger en lutte contre la désertification. Habibou Bangré, Afrik.com. 21 November 2005.
  4. ^ Participation de la chargée du bureau à la plantation d'arbre du 3 Août. Programme des Nations Unies pour le Développement Niger. 8/8/2007.