Hari Kemenangan atas Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perwakilan Jepang di atas USS Missouri dalam upacara resmi kapitulasi Jepang tanggal 2 September 1945.

Hari Kemenangan atas Jepang atau V-J Day (singkatan untuk Victory over Japan Day) adalah sebutan untuk hari kapitulasi Jepang yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II. Istilah Hari Kemenangan atas Jepang dapat mengacu pada tanggal 15 Agustus (14 Agustus di benua Amerika) yang merupakan hari pertama kali diumumkannya penyerahan Jepang, atau tanggal 2 September 1945 (upacara resmi kapitulasi Jepang di atas kapal tempur USS Missouri).

Australia dan negara-negara Sekutu lainnya menggunakan istilah Hari Kemenangan di Pasifik (Victory in the Pacific Day, disingkat V-P Day).

Di Jepang, 15 Agustus diperingati sebagai Hari Peringatan Perang Berakhir (Shuusen-kinenbi).[1] Nama resmi yang ditetapkan pemerintah Jepang pada tahun 1982[2] adalah Hari Berduka untuk Korban Perang yang Tewas dan Berdoa untuk Perdamaian.[3] Di Korea, hari yang sama diperingati sebagai Gwangbokjeol (Hari Pembebasan).

Penyerahan Jepang[sunting | sunting sumber]

Tentara Sekutu di Paris merayakan penyerahan Jepang.
Karyawan dan penduduk Oak Ridge, TN yang membantu Proyek Manhattan merayakan berakhirnya Perang Dunia II.

Setelah lepas tengah hari 15 Agustus 1945 Waktu Standar Jepang, Kaisar Hirohito dalam pidato yang disebut gyokuon-hoso (Siaran Suara Kaisar) mengumumkan penerimaan Jepang atas syarat-syarat kapitulasi sesuai Deklarasi Potsdam. Sebelumnya, pada hari yang sama, melalui Radio Tokyo, pemerintah Jepang telah mengumumkan bahwa "Jepang segera [akan] menerima Deklarasi Potsdam" dan telah mengirimkan berita keinginan Jepang untuk menyerah lewat kabel yang dikirim ke Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman lewat misi diplomatik Swiss di Washington, D.C.[4]

Setelah Blok Poros di Eropa menyerah tiga bulan sebelumnya (disebut V-E Day), Hari Kemenangan atas Jepang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II. Dalam pengumumannya tentang kapitulasi Jepang 14 Agustus 1945, Presiden Truman berkata bahwa "proklamasi V-J Day harus menunggu upacara resmi kapitulasi oleh Jepang."[5] Upacara resmi kapitulasi Jepang dilangsungkan di atas kapal tempur USS Missouri di Teluk Tokyo, 2 September 1945, dan hari itu ditetapkan secara resmi oleh Presiden Truman sebagai Hari Kemenangan atas Jepang.[6]

Garis waktu[sunting | sunting sumber]

  • 18 Maret-23 Juni 1945: Pertempuran Okinawa, korban tewas dan luka: Amerika Serikat lebih dari 85.000 prajurit, Jepang lebih dari 140.000 prajurit. Sekitar seperempat dari total penduduk sipil Jepang di Okinawa tewas akibat melawan invasi dan bunuh diri massal.
  • 26 Juli: Deklarasi Potsdam. Truman memberi ultimatum kepada Jepang, "menyerah atau menderita kehancuran total dan seketika."
  • 29 Juli: Jepang menolak Deklarasi Potsdam.
  • 2 Agustus: Konferensi Potsdam berakhir.
  • 6 Agustus: Bom atom, "Little Boy" dijatuhkan di Hiroshima.
  • 8 Agustus: Uni Soviet menyatakan perang terhadap Jepang, Operasi Badai Agustus.
  • 9 Agustus: Bom atom, "Fat Man" dijatuhkan di Nagasaki.
  • 15 Agustus: Jepang menyerah. Tanggal 15 Agustus diperingati sebagai V-J Day atau V-P Day seperti dinyatakan dalam surat kabar di Amerika Serikat, Kerajaan Bersatu, Australia, Selandia Baru, dan Kanada. Malam itu, Jenderal Frank Merrill mengumumkan, bahwa hari itu adalah "B Day," [7] hari perundingan perdamaian dimulai dan operasi pendudukan segera dilancarkan.[8]
  • 2 September: Upacara resmi kapitulasi Jepang; Presiden Truman secara resmi menyatakan 2 September sebagai "V-J Day".

Foto terkenal[sunting | sunting sumber]

Foto terkenal majalah Life karya Alfred Eisenstaedt.

V–J day in Times Square adalah salah satu dari foto paling terkenal yang pernah diterbitkan majalah Life. Foto ini diambil di Times Square pada 14 Agustus 1945. Alfred Eisenstaedt sedang ada di Times Square dengan terang-terangan jepret sana jepret sini ketika ia melihat seorang pelaut "berlari di sepanjang jalan, merangkul semua dan setiap perempuan yang kelihatan... Lalu tiba-tiba, dalam sekejap mata, aku melihat ada putih-putih sedang dirangkul. Aku membalikkan badan dan menjepret sebuah momentum, pelaut itu mencium seorang perawat." Eisenstadt yang sangat puas dan senang dengan foto abadi tersebut berkata: "Orang memberi tahu aku kalau aku sudah pulang ke surga mereka akan masih mengingat foto itu." Nama pelaut dan perawat dalam foto tidak pernah diketahui Eisenstaedt. Namun dalam suratnya yang dikirimkan ke Eisenstaedt 35 tahun kemudian, perawat bernama Edith Cullen Shain mengaku sebagai perawat dalam foto, dan pengakuannya diterima oleh majalah Life. Hingga kini tidak ada yang secara positif diidentifikasi sebagai pelaut dalam foto walaupun sudah ada 20 pelaut yang mengaku.

Satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang menetapkan V-J Day sebagai hari libur adalah Rhode Island. Nama resmi hari libur ini adalah Hari Kemenangan,[9] dan jatuh pada Senin kedua bulan Agustus. Pada tahun 1980-an dan 1990-an, hari libur ini sudah berkali-kali berusaha dibatalkan atau diganti dengan nama lain. Walaupun usaha-usaha tersebut gagal, pada tahun 1990-an, dewan perwakilan negara bagian pada tahun 1990 mengeluarkan resolusi yang "menyatakan Hari Kemenangan bukan hari untuk menyatakan kepuasan atas penghancuran dan kematian yang disebabkan bom nuklir di Hiroshima dan Nagasaki."[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 終戦記念日
  2. ^ "厚生労働省:全国戦没者追悼式について" (dalam bahasa Japanese). Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan. 2007-08-08. Diakses 2008-02-16. 
  3. ^ Senbotsusha o tsuitōshi heiwa o kinen suru hi (戦歿者を追悼し平和を祈念する日?)
  4. ^ Hakim, Joy (1995). A History of Us: War, Peace and all that Jazz. New York: Oxford University Press. ISBN 0-19-509514-6. 
  5. ^ http://www.ibiblio.org/pha/policy/1945/450814a.html | Japanese acceptance of Potsdam Declaration announced by President Truman
  6. ^ Truman Library - Public Papers
  7. ^ HUSAFIK (History of United States Forces in Korea), Part I, Chapter I, p.11
  8. ^ Parameters by Donald W. Boose, Jr., Winter 1995, pp. 112-129
  9. ^ "Know Rhode Island: History And Facts About The Ocean State". Rhode Island Office of the Secretary of State. 
  10. ^ "R.I. Last State Still Marking V-J Day". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]