Hari Kemenangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hari Kemenangan adalah nama umum dari banyak hari libur yang berbeda di berbagai negara untuk memperingati kemenangan dalam pertempuran penting atau perang dalam sejarah negara tersebut.

Kamboja[sunting | sunting sumber]

Hari libur nasional ini digelar setiap tanggal 7 Januari untuk memperingati berakhirnya rezim Khmer Merah pada tahun 1979.

Vietnam[sunting | sunting sumber]

30 April adalah hari libur tahunan di Vietnam untuk memperingati jatuhnya Saigon pada tahun 1975 pada akhir Perang Vietnam. Hal ini umumnya dikenal sebagai y Day (Ngày Chiến thắng), Hari Reunifikasi (Ngày Thống nhất), atau Hari Pembebasan (Ngày Giải phóng).

Di Vietnam, 7 Mei 1954 menandai kemenangan Vietnam atas pasukan Perancis pada pertempuran Dien Bien Phu. Kemenangan ini mengakhiri 80 tahun penjajahan Perancis dan dimulainya kemerdekaan Vietnam.

Eropa[sunting | sunting sumber]

Hari Kemenangan menandai berakhirnya Perang Dunia II di Eropa, khususnya kapitulasi pasukan Nazi kepada Sekutu (Inggris, Kanada, Uni Soviet, Perancis, Amerika Serikat dan negara-negara Sekutu utama lainnya) pada tanggal 8 Mei 1945. Kepulauan Channel tidak dibebaskan dari pendudukan Jerman sampai 9 Mei (Jersey dan Guernsey), 10 Mei (Sark), dan 16 Mei (Alderney).

Uni Soviet[sunting | sunting sumber]

Di Rusia, Kazakhstan, Ukraina, Belarus dan negara-negara lain bekas Uni Soviet, hari Kemenangan atas Nazi Jerman dirayakan pada tanggal 9 Mei. Beberapa negara-negara bekas Uni Soviet, terutama Rusia, telah melanjutkan tradisi ini. Serbia merayakan 9 Mei sebagai hari libur nasional. Meskipun bukan anggota Pakta Warsawa, namun Serbia bersekutu dengan Uni Soviet sebagai anggota dari Federasi Yugoslavia, dan diduduki juga oleh pasukan Jerman pada 1941 hingga 1944. Di banyak kota orang berkumpul di alun-alun dengan tentara Serbia untuk merayakannya bersama veteran perang.

Sri Lanka[sunting | sunting sumber]

Hari Kemenangan menandai berakhirnya aksi separatis Macan Tamil di Sri Lanka, khususnya setelah kapitulasi pasukan Macan Tamil dengan Angkatan Bersenjata Sri Lanka pada tanggal 18 Mei 2009.

Estonia[sunting | sunting sumber]

Võidupüha atau Hari Kemenangan adalah hari libur umum di Estonia, yang dirayakan pada tanggal 23 Juni setiap tahunnya sejak 1934. Tanggal tersebut memperingati kemenangan pada Pertempuran Võnnu tahun 1919 (dekat Cēsis, Latvia) antara pasukan militer Estonia (dan brigade Latvia Utara) dan sekutu mereka atas pasukan Jerman (Baltische Landeswehr) yang berusaha untuk kembali menegaskan kontrol Baltik-Jerman atas daerah tersebut. Pertempuran itu adalah bagian dari Perang Kemerdekaan Estonia 1918-1920, di mana musuh utama dari Estonia yang baru merdeka adalah Komunis Rusia. Hari ini, Võidupüha juga menandai kontribusi dari semua rakyat Estonia dalam perjuangan mereka untuk mendapatkan kembali dan mempertahankan kemerdekaan mereka.

Perayaan ini digelar setiap tanggal 23 Juni dan diikuti oleh perayaan Hari Midsummer pada 24 Juni. Menurut hukum Estonia, bendera negara tidak diturunkan pada malam di antara hari-hari tersebut.

Korea Utara[sunting | sunting sumber]

Korea Utara merayakan Hari Kemenangan pada Perang Pembebasan Bapak Bangsa yang Agung karena diyakini bahwa mereka yang memenangkan Perang Korea.[1] Diperingati setiap tanggal 27 Juli.

Kroasia[sunting | sunting sumber]

Kroasia merayakan Hari Kemenangan dan Pengucapan Syukur Tanah Air dan Hari Pembela Kroasia pada 5 Agustus, memperingati Perang Kemerdekaan Kroasia, khususnya pembebasan Knin pada tanggal 5 Agustus 1995.

Turki[sunting | sunting sumber]

Hari Kemenangan (nama lokal: Zafer Bayramı) pada 30 Agustus adalah hari libur nasional di Turki untuk memperingati kemenangan dalam Pertempuran Dumlupınar, salah satu pertempuran akhir dan yang paling menentukan dalam Perang Kemerdekaan Turki pada tahun 1922.

Mozambik[sunting | sunting sumber]

Hari Kemenangan pada tanggal 7 September adalah hari libur nasional di Mozambik untuk memperingati penandatanganan kesepakatan untuk mengakhiri Perang Kemerdekaan Mozambik. Perjanjian ini ditandatangani antara Portugal dan Mozambik pada tahun 1974, dengan kemerdekaan yang diberikan pada tahun 1975.

Dalam bahasa Portugis, bahasa resmi Mozambik, liburan dikenal sebagai Dia da Vitória.

Malta[sunting | sunting sumber]

Hari Kemenangan pada 8 September adalah hari libur nasional di Malta untuk memperingati kemenangan Knights Hospitaller atas Turki Ottoman dalam Pengepungan Besar 1565, serta kapitulasi Italia pada tahun 1943, berbalik melawan mantan sekutu Jerman Nazi selama Perang Dunia II dan mengakhiri pengepungan kedua Malta.

8 September juga merupakan hari raya kelahiran Maria, ibu Yesus, yang populer dirayakan di [[[Xagħra]], Naxxar, Senglea, dan Mellieħa pada hari yang sama. Lomba layar tradisional menampilkan lomba perahu di Grand Harbour juga diadakan pada hari tersebut.

Pakistan[sunting | sunting sumber]

Pakistan merayakan Hari Kemenangan bagi Angkatan Laut Pakistan pada tanggal 8 September pada kesempatan keberhasilan Operasi Dwarka selama perang India-Pakistan 1965.

Bangladesh[sunting | sunting sumber]

Hari Kemenangan pada 16 Desember adalah hari libur nasional di Bangladesh untuk memperingati penyerahan pasukan Pakistan ke India dan sekutu pasukan Bangladesh dalam Perang Kemerdekaan Bangladesh pada tahun 1971. Hari libur ini dikenal sebagai Bijoy Dibosh (বিজয় দিবস) di Bangladesh.

India[sunting | sunting sumber]

Vijay Diwas (Hari Kemenangan) juga diperingati setiap 16 Desember di India karena menandai kemenangan militer India atas Pakistan pada tahun 1971 selama Perang India-Pakistan 1971, yang bersekutu dengan pasukan Bangladesh, Mukti Bahini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]