Hari Bendera Angkatan Bersenjata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bendera India

Hari Bendera Angkatan Bersenjata atau Hari Bendera India adalah sebuah hari yang didedikasikan untuk mengumpulkan sumbangan dari rakyat India untuk kesejahteraan personel Angkatan Bersenjata India. Hari ini dirayakan setiap tahunnya di India pada tanggal 7 Desember sejak tahun 1949. Dari tahun ke tahun, telah menjadi sebuah tradisi untuk meperingati hari ini sebagai penghormatan kepada tentara angkatan darat, angkatan laut dan angkatan laut India.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Segera setelah India memperoleh kemerdekaan, timbullah keperluan pemerintah untuk mengurusi kesejahteraan personel pertahanannya. Pada tanggal 28 Agustus 1949, sebuah komite yang didirikan dibawah Kementrian Pertahanan memutuskan untuk merayakan sebuah Hari Bendera setiap tahunnya pada tanggal 7 Desember. Gagasan dibalik dirayakannya Hari Bendera ini adalah untuk menyebarkan bendera kecil ke masyarakat umum, dan sebagai imbalannya masyarakat memberikan sumbangan. Hari Bendera memperoleh makna yang lebih penting karena dianggap bahwa hari itu adalah tanggung jawab dari rakyat India untuk mengurus keluarga dan tanggungan pasukan personel bersenjata yang berjuang demi negara.

Jawaharlal Nehru, mantan Perdana Menteri India, pada tanggal 7 Desember 1954, berkata:[1]

Beberapa minggu yang lalu, saya mengunjungi Indochina dan melihat petugas dan prajurit kita terikat kepada Komisi Internasional disana. Hal ini membuat getar hati saya, melihat sikap cerdas dan pekerjaan baik mereka yang mereka sedang lakukan di tanah yang jauh. Hal yang membuat saya lebih senang adalah kepopuleran mereka di antara penduduk disana. Dengan efisiensi serta keramahan mereka, mereka meninggikan reputasi India. Mereka berasal dari seluruh penjuru India. Mereka tidak menunjukkan perbedaan provinsi atau lainnya di antara mereka sendiri. Saya yakin rakyat saya akan senang untuk belajar dari mereka dan mau menunjukkan penghargaan mereka untuk anak-anak muda ini yang mengabdi kepada negara kita, baik disini maupun dimanapun juga. Sebuah cara untuk menunjukkan penghargaan tersebut adalah menyumbang kepada Dana Hari Bendera.

Makna dan tujuan[sunting | sunting sumber]

Hari Bendera dirayakan berdasarkan 3 dasar tujuan utama:

  • Rehabilitasi korban pertempuran
  • Menyejahterakan personel yang sedang mengabdi dan keluarga mereka
  • Transmigrasi dan menyejahterakan mantan pengabdi dan keluarga mereka

Peringatan Hari Bendera Angkatan Bersenjata dan pengumpulan sumbangan melalui penyebaran bendera-bendera. Hari ini adalah waktu untuk orang India mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada personel militer dan veteran India, serta untuk mengenang orang-orang yang meninggal pada saat mengabdi pada negara.

Pada Hari Bendera, seluruh cabang dari Angkatan Bersenjata India, Angkatan Darat India, Angkatan Udara India dan Angkatan Laut India, menyusun berbagai acara, karnaval, drama dan program hiburan lainnya untuk ditampilkan kepada publik usaha personel mereka untuk menjaga keamanan nasional.[2] Throughout the country small flags and car flags in red, deep blue and light blue colours representing the three Services are distributed in return for donations.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Hindu, This Day That Age published December 7, 2004, accessed November 1, 2006.
  2. ^ Sainik Samachar Website accessed November 1, 2006
  3. ^ Indian Navy Information Resource and Facilitation Centre Website accessed November 1, 2006.