Harapan Rainforest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Harapan Rainforest merupakan restorasi ekosistem pertama di Indonesia berlokasi di Jambi dan Sumatera Selatan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Lokasi Harapan Rainforest terletak di perbatasan dua propinsi yaitu Jambi dan Sumatera Selatan, dengan luas total 98,554 hektar. Hutan ini sebelumnya adalah bagian dari konsesi dua perusahaan pembalakan kayu pemegang izin Hak Pengusahaan Hutan (HPH). Keseluruhan kawasan telah mengalami pembalakan di masa lalu menghasilkan tiga habitat hutan secara umum: Hutan Sekunder Tinggi, Hutan Sekunder Sedang, dan Hutan Sekunder Rendah. Empat puluh persen kawasan merupakan Hutan Sekunder Tinggi, 25% adalah Hutan Sekunder Sedang dan 25% lainnya berupa Hutan Sekunder Rendah. Sisanya 10% merupakan kawasan terbuka dan semak belukar.[1]

Ini adalah kamp dan area perkantorannya.

Flora dan Fauna[sunting | sunting sumber]

Harapan Rainforest menjadi rumah bagi berbagai jenis mamalia, termasuk Harimau Sumatera, Gajah Asia, Beruang madu, Simpai, Tapir, Siamang, Macan dahan, Ungko, Kukang, dan Anjing hutan, yang saat ini kesemuanya terancam punah. Harapan Rainforest juga merupakan rumah bagi hampir 300 jenis burung dataran rendah, termasuk delapan jenis yang terancam punah secara global dan 69 jenis yang mendekati kepunahan. Meskipun telah mengalami kerusakan, sejumlah besar jenis keragaman hayati masih dapat ditemukan di habitat ini.

Sosial Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Harapan Rainforest juga merupakan rumah dari beberapa suku pedalaman yang dikenal dengan nama Bathin Sembilan. Banyak dari mereka yang masih menganut gaya hidup nomaden, dan mengkonsumsi hanya dari hasil hutan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]