Hancock (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hancock
Hancockposter.jpg
Sutradara Peter Berg
Produser Akiva Goldsman
James Lassiter
Michael Mann
Will Smith
Penulis Vince Gilligan
Vincent Ngo
Pemeran Will Smith
Charlize Theron
Jason Bateman
Musik John Powell
Sinematografi Tobias A. Schliessler
Penyunting Paul Rubell
Colby Parker Jr.
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis 2 Juli 2008
Durasi 93 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $150 juta
Pendapatan kotor $380,585,933

Hancock merupakan sebuah film aksi-komedi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2008. Film yang disutradarai oleh Peter Berg ini pemainnya antara lain ialah Charlize Theron, Jason Bateman, Eddie Marsan, dan Will Smith. Tanggal rilisnya pada 2 Juli 2008.

Plot[sunting | sunting sumber]

John Hancock (Will Smith) adalah seorang pemabuk jalanan yang sering disebut warga brengsek ashole dan memiliki kekuatan layaknya seorang superman. Dengan kekuatan itu, ia menolong orang banyak. Namun, respon masyarakat atas berbagai pertolongan Hancock adalah tidak seperti respon masyarakat terhadap superhero biasanya; seluruh masyarakat mengecam tindakan Hancock yang lebih banyak menyebabkan kerugian daripada keuntungan saat ia melakukan pertolongan, karena pertolongan yang ia lakukan selalu "tidak biasa".

Pada saat menyelamatkan seorang humas (hubungan masyarakat -public relations-), Ray Embrey (Jason Bateman) dari kecelakaan lalu lintas, Hancock ditawarkan makan malam di rumah Ray. Pada saat mereka makan malam di rumah Ray, istri Ray, Mary (Charlize Theron) terkejut dan heran akan kedatangan Hancock, dan langsung menyatakan sikap tidak suka padanya. Setelah selesai makan malam, Ray memberi Hancock kartu namanya, dengan tujuan Hancock dapat bekerjasama untuk mempromosikan berbagai produk perusahaan Ray yang bermerk "All-Hearts".

Pada saat memikirkan proses bekerjasama tersebut, Hancock akhirnya setuju dan keesokan harinya Hancock mendatangi rumah Ray. ray mengatakan kalau masalah utama Hancock adalah sifatnya. Untuk mengubah imej Hancock di masyarakat, Ray mengusulkan rencana agar Hancock pura-pura berperilaku sopan dan mau menurut tuntutan polisi terhadap berbagai perusakan, dan masuk ke penjara selama dua minggu. Hancock setuju dan rencana itu berjalan cukup baik.

Setelah dua minggu, Ray mengunjungi Hancock di penjara dan memberikan seragamnya sebagai seorang superhero agar imej pahlawan pemabuknya hilang; dan beberapa hari setelah itu, panggilan tugas datang untuk Hancock untuk mengatasi perampokan bank. Hancock berhasil mengatasi masalah tersebut dan berhasil membuat imejnya berubah, juga dia mulai belajar untuk menghargai orang lain dengan mengucapkan kata "kerja bagus" pada setiap petugas polisi yang ia jumpai.

Keberhasilan mengubah imej membuat Ray bangga dan mengajak Hancock beserta istrinya makan malam di restoran, di sana Hancock menjelaskan bahwa dirinya tidak dapat menua dan tidak ingat masa lalunya, setelah ia dirawat di rumah sakit karena amnesia parah 80 tahun yang lalu. Setelah menggendong Ray yang mabuk ke tempat tidur ketika sampai di rumah, Hancock di beritahu Mary bahwa ia juga seorang manusia super, setelah ia dilempar Mary sampai keluar rumah. Rasa penasaran membuat Hancock kembali ke rumah Ray esok paginya, dan mengancam akan memberitahukan identitas aslinya kepada Ray bila Mary tidak mau menemui dan berbicara dengannya.

Di trailer milik Hancock, Mary mengatakan kepadanya bahwa mereka telah hidup selama 3.000 tahun dengan kekuatan mereka, yang disebut dewa dan malaikat dalam waktu mereka. Dia juga menjelaskan bahwa mereka adalah individu terakhir dan dimaksudkan untuk dipasangkan. Mengetahui Mary tidak menceritakan seluruh kebenarannya, Hancock terbang dan akan memberitahukan Ray. Mary ikut terbang dan keduanya bertarung hebat di jalanan Los Angeles. Ray yang sedang rapat melihat keduanya dan mengenali Mary yang menggunakan kekuatan seperti Hancock. Di rumah Ray, Mary menjelaskan semuanya; ia secara teknis merupakan istri Hancock, keduanya diciptakan untuk selalu bersama.

Malamnya Hancock menghadapi perampokan toko ketika ia sedang membeli bir. Ia mengalahkan perampok tersebut, namun terkena tembakan dari pistolnya. Di rumah sakit, Hancock diberitahu Mary bahwa ia perlahan mulai menjadi orang biasa lagi. Keduanya kehilangan kekuatan bila keduanya saling mendekat dan mengenal, agar mereka bisa hidup seperti manusia biasa. Mary juga menceritakan kisah 80 tahun yang lalu, di saat keduanya berjalan-jalan dan hendak menonton bioskop, mereka diserang dan Hancock dipukul keras sampai mengalami amnesia parah.

Sementara itu, perampok bank yang dulu Hancock putuskan tangannya, kabur dari penjara dan hendak membalas dendam. Ia dan komplotannya akan menembak Hancock, namun Mary menghalanginya sehingga ia mengalami pendarahan. Hancock yang marah melawan mereka dan berhasil mengalahkan komplotannya. Namun, karena berangsur-angsur Hancock sudah menjadi manusia biasa, ia akhirnya kalah. Ray yang melihat Hancock akan ditembak kepalanya menyelamatkan Hancock dengan cara menyerang sang perampok dengan kapak. Mary dinyatakan tewas, dan Hancock diperkirakan akan menyusulnya. Dalam kesadarannya yang semakin menipis, Hancock melompat dari lantai atas rumah sakit, agar ia menjauh dari Mary sehingga ia bisa hidup kembali. Dalam beberapa lompatan, ia berhasil pulih dan terbang menjauh.

Satu bulan kemudian, Mary sembuh. Semuanya berjalan kembali seperti sediakala. Hancock yang berada di New York menelpon Ray yang sedang berjalan-jalan dan menyuruhnya melihat ke atas. Ia, Mary, dan anaknya pun melihat ke atas, yang terdapat bulan yang sudah Hancock gambar logo "All-Hearts", sebagai tanda terima-kasihnya terhadap Ray, agar Ray bisa "mengubah dunia".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]