Halida Hatta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halida Hatta
Berkas:Halida Hatta.jpg
LahirHalida Nuriah Hatta
25 Januari 1956 (umur 68)
KebangsaanIndonesia
AlmamaterUniversitas Indonesia
Universitas Internasional Jepang
Partai politikGerindra (2008–2012)
Suami/istriGary Rachman Jusuf (k. 1985-c. ?)
AnakGustika Fardani Jusuf
Orang tuaMohammad Hatta
Siti Rahmiati Hatta
KerabatMeutia Hatta (kakak)
Gemala Hatta (kakak)

Dra. Halida Nuriah Hatta, M.A. (lahir 25 Januari 1956) adalah bungsu dari tiga putri Proklamator Kemerdekaan RI dan Wakil Presiden Indonesia pertama, Mohammad Hatta dan istrinya Rahmi Hatta. Perjalanan karier Halida dimulai sebagai asisten dosen Studi Ilmu Politik pimpinan Prof. Miriam Budiardjo di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Melangkah sebagai profesional di perusahaan swasta, Halida bekerja di PT Caltex Pacific Indonesia (1984-1986; 1991-1995) sebagai analyst sosial-politik dan sosial-ekonomi di bawah Government and Public Relations Dept,; yang kemudian disebut Government Affairs. Pada tahun 2002, beberapa tahun setelah ia bermukim di New York (1995-1997) dan Kolombia (1998-2000), Halida bekerja paruh waktu dan kemudian bekerja penuh di PT Televisi Transformasi Indonesia hingga awal 2012; yaitu bermula sebagai consultant bidang corporate communication and kemudian sebagai Unit Head of Corporate Secretary. Kembali kepada dunia industri hulu migas sejak Februari 2012, Halida saat ini tercatat sebagai expertise di dept. Communication & Relations dari INPEX Corporation, sebuah perusahaan global eksplorasi & produksi migas, pada kantor Jakarta.

Studi S-1 ditempuhnya di Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu-Sosial dan Ilmu Politik dengan konsentrasi studi Politik dan Pemerintahan Indonesia. Program Pascasarjana Hubungan Internasional ditempuhnya di International University of Japan atau Kokusai Daigaku (1989-1991), yaitu ketika ia sedang bermukim di negeri sakura (1986-1991).

Pengalaman dalam kegiatan Politik:

Pada tahun 2008 Halida dipilih menjadi kader Gerindra, sebuah partai politik yang lahir pada tanggal 6 Februari 2008. Ia menjabat sebagai wakil ketua umum III bidang kesejahteraan hingga 2012. Karena pilihan bekerja di industri hulu migas, ia mengundurkan diri dari aktivitas politik dan keluar dari partai (2012),

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Universitas Indonesia (S1 Ilmu Pemerintahan dan Politik)
  • International University of Japan, Jepang (Master of Arts International Relations)

Karier[sunting | sunting sumber]

  • C&R Inpex Corporation
  • Unit Head Corporate Secretary, Trans TV

Referensi[sunting | sunting sumber]