Halaman Utama/Usulan 27 Oktober 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Selamat datang di Wikipedia bahasa Indonesia
ensiklopedia bebas yang dibangun oleh komunitas.
Saat ini terdapat 350.805 artikel dalam bahasa Indonesia

Memulai · Menjelajahi · Menyunting · Mendaftar · Komunitas · Warung kopi · Bantuan

You don't speak Indonesian?
Ilustrasi Turk oleh Karl Gottlieb von Windisch, dalam buku Inanimate Reason tahun 1784

Turk merupakan mesin catur palsu yang dibuat pada akhir abad ke-18. Dari tahun 1770 hingga kemusnahannya dalam kebakaran pada tahun 1854, mesin ini dipamerkan sebagai suatu automaton asli oleh beberapa pemiliknya yang berbeda, sampai akhirnya dibeberkan sebagai automaton palsu pada awal 1820-an. Turk dibuat dan ditampilkan perdana pada tahun 1770 oleh Wolfgang von Kempelen (1734–1804) demi mengesankan Ratu Maria Theresa dari Austria. Mesin tersebut tampak mampu bermain dengan cakap saat melawan manusia, dan juga mampu melakukan perjalanan kuda, yaitu suatu teka-teki catur yang mensyaratkan pemain agar mengerakkan kuda untuk menyentuh seluruh petak papan catur, tetapi tiap petak hanya boleh disentuh sekali. Turk sebenarnya adalah mesin sulap yang memungkinkan seorang master catur bersembunyi di dalamnya untuk mengendalikannya. Dengan pengendali yang mahir, Turk telah memenangkan banyak pertandingan catur yang diselenggarakan pada saat pameran keliling Eropa dan Amerika selama hampir 84 tahun, serta pernah bermain dan mengalahkan para tokoh besar seperti Napoleon Bonaparte dan Benjamin Franklin. Pengendali [Turk] saat pertunjukan yang dilakukan oleh Kempelen masih belum diketahui. Ketika mesin tersebut dibeli pada tahun 1804 dan dipamerkan oleh Johann Nepomuk Mälzel, master catur yang mengendalikannya secara rahasia antara lain adalah Johann Baptist Allgaier, Boncourt, Aaron Alexandre, William Lewis, Jacques François Mouret, dan William Schlumberger. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Efek JokowiAndroid (sistem operasi)Roekiah

Klaus Iohannis

Sedang berlangsung: Wabah Ebola Negara Islam Irak dan Syam
Kematian terkini: Alexander Grothendieck


suntingNuvola apps kpdf.png Tahukah Anda
{{{title}}}
Batang kenaf kering
  • "... bahwa kenaf memiliki kandungan lignin yang rendah, sehingga energi yang digunakan untuk mengolah kenaf menjadi pulp juga lebih rendah dibandingkan dengan pembuatan pulp dari kayu biasa?"
  • "... bahwa pareidolia adalah fenomena psikologis ketika seseorang menganggap stimulus yang acak sebagai sesuatu yang penting? Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan."
  • "... bahwa Jagatara Oharu, tokoh Jepang yang menetap di Batavia, pernah menulis Jagatara-bumi (じゃがたら文) atau Surat-Surat Jakarta kepada kawannya di Nagasaki, pertama kali diperkenalkan kepada orang Jepang pada tahun 1720 oleh Nishikawa Joken dalam jilid pertama buku Nagasaki Yobanashigusa (長崎夜話草) atau Kumpulan Cerita Pengantar Tidur Nagasaki?"
  • "... bahwa setelah menjadi landmark nasional pada tahun 1976, Louis Armstrong House menjadi landmark kota New York pada tahun 1988?"
suntingNuvola apps date.png 23 November dalam sejarah

23 November: Hari Santo George di Georgia; Hari Thanksgiving Buruh di Jepang; Hari Peringatan Holodomor di Ukraina (2013)

{{{title}}}
Putri Wilhelmina dan ibunya

Tanggal lain: 22 November 23 November 24 November

Hari ini tanggal 23 November 2014 (UTC) – Muat ulang
suntingNuvola apps kcoloredit.png Gambar pilihan
Soyuz TMA-16 sedang mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional.
Soyuz TMA-16 sedang mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional.
(ukuran asli 4.288 × 2.848 piksel, 1,87 MB)

Arsip Gambar Pilihan
« Monumen Pers Nasional di Surakarta

Oleh: NASA, diunggah oleh Tonchino
Lisensi: Domain umum

Wikimedia-logo.png Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lainnya:

Wikipedia-logo.png Wikipedia dalam bahasa lain

Wikipedia bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003 dan saat ini telah memiliki 350.805 artikel. Wikipedia juga tersedia dalam berbagai bahasa di dunia, beberapa yang terbesar adalah sebagai berikut:

  • Lebih dari 3.000.000 artikel:

English ·

  • Lebih dari 200.000 artikel:

Deutsch · français · polski · 日本語 · italiano · Nederlands · español · português · русский · svenska · 中文 · norsk bokmål · suomi ·

  • Lebih dari 100.000 artikel:

català · українська · Türkçe · čeština · magyar · română · Volapük · Esperanto · dansk · slovenčina · 한국어 · العربية ·

  • Lebih dari 50.000 artikel:

עברית · Tiếng Việt · lietuvių · slovenščina · српски / srpski · български · eesti · فارسی · hrvatski · नेपाल भाषा · Simple English · Kreyòl ayisyen · norsk nynorsk · galego ·

  • Lebih dari 25.000 artikel:

ไทย · తెలుగు · Ελληνικά · Bahasa Melayu · euskara · Cebuano · हिन्दी · македонски · ქართული · Latina · Lëtzebuergesch · bosanski · brezhoneg · íslenska ·