Hôtel des Mille Collines

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bagian depan hotel

Hôtel des Mille Collines merupakan sebuah hotel besar di Kigali, ibu kota Rwanda. Terkenal karena pernah menampung lebih dari seribu orang yang mengungsi selama Genosida Rwanda tahun 1994. Cerita hotel dan manajernya, Paul Rusesabagina, digunakan sebagai dasar film Hotel Rwanda. Kata Perancis des Mille Collines ('seribu bukit') adalah nama lain bagi Rwanda. Hotel aslinya tidak muncul dalam film karena dibuat di Afrika Selatan. Hotel ini muncul pada film HBO 2005 Sometimes in April yang dibuat di Rwanda.

Maskapai Belgia Sabena memiliki hotel itu ketika genosida terjadi. Manajer Eropa dievakuasi dan Rusesabagina, manajer Hôtel des Diplomates pada waktu itu, dijadikan manajer hotel ini. Dengan bantuan istrinya ia menyuap pemberontak Interahamwe Hutu dengan uang dan alkohol agar mereka tidak membunuh pengungsi di hotel. Ia juga menyediakan makanan dan air bagi para pengungsi.

Hotel berbintang empat ini terus beroperasi. Memiliki 112 kamar, bar/café, tiga ruang konferensi, restoran, dan kolam renang.

Menurut situs web resminya tanggal 15 September 2005, Hôtel des Mille Collines dipindahkan kepemilikannya dari Sabena Hotels Belgium [pemiliknya selama Genosida] kepada Mikcor Hotels Holding Rwanda.

Secara kasar letaknya di -1.94688° bujur, 30.0619° lintang atau 1°56'48.78"S, 30° 3'42.90"E.

Kepemilikan[sunting | sunting sumber]

MIKCOR Hotel Holding mengambil alih Hotel des Mille Collines dari SABENA Hotels senilai US$3.2 juta (sekitar Frw1.8 miliar), sesuai kontrak yang ditandatangani pada 10 Agustus 2005.

Miko Rwayitare, Direktur Pengelola MIKCOR, mengatakan selama pemindahan kepemilikan hari Kamis 16 Agustus, perusahaannya telah memegang 89% saham hotel dengan 8.5 persen dan 2.5 persen dipegang oleh Bank Pembangunan Rwanda (BRD) dan pemerintah Rwanda. Rwayitare juga Pimpinan Eksekutif Telecel International, sebuah perusahaan komunikasi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]