Gyokuon-hōsō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gyokuon-hōsō
Record Gyokuon-hōsō di dalam Museum Penyiaran NHK.
Durasi4 menit, 36 detik
BahasaJepang Klasik
Stasiun utamaNHK
Dinarasikan olehKaisar Jepang Hirohito (Kaisar Shōwa (昭和天皇, Shōwa-tennō))
Studio rekaman
Tanggal mengudara
  • 15 Agustus 1945 (1945-08-15)
  • 12:00 siang
sampai 12:04 siang

Gyokuon-hōsō (玉音放送), yang artinya "Siaran Suara Kaisar", merupakan siaran radio yang menyiarkan Kaisar Showa Jepang membacakan Reskrip Kekaisaran tentang Pengakhiran Perang (大東亜戦争終結ノ詔書, Daitōa-sensō-shūketsu-no-shōsho) kepada rakyat Jepang bahwa Kekaisaran Jepang telah menerima Konferensi Potsdam yang menuntut penyerahan tanpa syarat oleh tentara Jepang pada akhir Perang Dunia II. Pidato ini disiarkan pada tengah hari Waktu Standar Jepang pada 15 Agustus 1945 setelah Pertempuran Okinawa, pengeboman atom Hiroshima dan Nagasaki dan pernyataan perang terhadap Jepang oleh Uni Soviet.

Teks[sunting | sunting sumber]

Teks asli[sunting | sunting sumber]

朕深ク世界ノ大勢ト帝國ノ現狀トニ鑑ミ非常ノ措置ヲ以テ時局ヲ收拾セムト欲シ茲ニ忠良ナル爾臣民ニ告ク

朕ハ帝國政府ヲシテ米英支蘇四國ニ對シ其ノ共同宣言ヲ受諾スル旨通告セシメタリ

抑ゝ帝國臣民ノ康寧ヲ圖リ萬邦共榮ノ樂ヲ偕ニスルハ皇祖皇宗ノ遺範ニシテ朕ノ拳々措カサル所
曩ニ米英二國ニ宣戰セル所以モ亦實ニ帝國ノ自存ト東亞ノ安定トヲ庻幾スルニ出テ他國ノ主權ヲ排シ領土ヲ侵スカ如キハ固ヨリ朕カ志ニアラス
然ルニ交戰已ニ四歳ヲ閲シ朕カ陸海將兵ノ勇戰朕カ百僚有司ノ勵精朕カ一億衆庻ノ奉公各ゝ最善ヲ盡セルニ拘ラス戰局必スシモ好轉セス
世界ノ大勢亦我ニ利アラス
加之敵ハ新ニ殘虐ナル爆彈ヲ使用シテ頻ニ無辜ヲ殺傷シ慘害ノ及フ所眞ニ測ルヘカラサルニ至ル
而モ尚交戰ヲ繼續セムカ終ニ我カ民族ノ滅亡ヲ招來スルノミナラス延テ人類ノ文明ヲモ破却スヘシ
斯ノ如クムハ朕何ヲ以テカ億兆ノ赤子ヲ保シ皇祖皇宗ノ神靈ニ謝セムヤ
是レ朕カ帝國政府ヲシテ共同宣言ニ應セシムルニ至レル所以ナリ
朕ハ帝國ト共ニ終始東亞ノ解放ニ協力セル諸盟邦ニ對シ遺憾ノ意ヲ表セサルヲ得ス
帝國臣民ニシテ戰陣ニ死シ職域ニ殉シ非命ニ斃レタル者及其ノ遺族ニ想ヲ致セハ五内爲ニ裂ク
且戰傷ヲ負ヒ災禍ヲ蒙リ家業ヲ失ヒタル者ノ厚生ニ至リテハ朕ノ深ク軫念スル所ナリ
惟フニ今後帝國ノ受クヘキ苦難ハ固ヨリ尋常ニアラス
爾臣民ノ衷情モ朕善ク之ヲ知ル
然レトモ朕ハ時運ノ趨ク所堪ヘ難キヲ堪ヘ忍ヒ難キヲ忍ヒ以テ萬世ノ爲ニ太平ヲ開カムト欲ス
朕ハ茲ニ國體ヲ護持シ得テ忠良ナル爾臣民ノ赤誠ニ信倚シ常ニ爾臣民ト共ニ在リ
若シ夫レ情ノ激スル所濫ニ事端ヲ滋クシ或ハ同胞排擠互ニ時局ヲ亂リ爲ニ大道ヲ誤リ信義ヲ世界ニ失フカ如キハ朕最モ之ヲ戒ム
宜シク擧國一家子孫相傳ヘ確ク神州ノ不滅ヲ信シ任重クシテ道遠キヲ念ヒ總力ヲ將來ノ建設ニ傾ケ道義ヲ篤クシ志操ヲ鞏クシ誓テ國體ノ精華ヲ發揚シ世界ノ進運ニ後レサラムコトヲ期スヘシ
爾臣民其レ克ク朕カ意ヲ體セヨ

御名御璽

昭和二十年八月十四日

内閣総理大臣鈴木貫太郎

Arti[sunting | sunting sumber]

KEPADA SUBJEK KITA YANG BAIK DAN SETIA,

Setelah merenungkan secara mendalam tren umum dunia dan kondisi aktual yang terjadi di kekaisaran kita saat ini, kami[a] telah memutuskan untuk melakukan penyelesaian situasi saat ini dengan menggunakan tindakan luar biasa.

Kami telah memerintahkan pemerintah kami untuk menyampaikan kepada pemerintah Amerika Serikat, Inggris Raya, China, dan Uni Soviet bahwa kerajaan kami menerima ketentuan deklarasi bersama mereka.[1]

Berjuang untuk kemakmuran dan kebahagiaan bersama semua bangsa serta keamanan dan kesejahteraan rakyat kita adalah kewajiban serius yang telah diwariskan oleh leluhur kekaisaran kita dan yang terletak dekat di hati kita.

Memang, kami menyatakan perang terhadap Amerika dan Inggris karena keinginan tulus kami untuk memastikan pertahanan diri Jepang dan stabilisasi Asia Timur, jauh dari pemikiran kami untuk melanggar kedaulatan negara lain atau untuk memulai pembesaran teritorial.

Tapi sekarang perang telah berlangsung selama hampir empat tahun. Terlepas dari yang terbaik yang telah dilakukan oleh semua orang– pertempuran gagah berani dari angkatan bersenjata dan angkatan laut, ketekunan dan ketekunan para pelayan negara kita, dan pengabdian setia dari seratus juta orang kita – situasi perang telah berkembang tidak tentu untuk keuntungan Jepang, sementara tren umum dunia semuanya berbalik melawan minatnya.

Selain itu, musuh telah mulai menggunakan bom baru dan paling kejam, yang kekuatannya untuk menimbulkan kerusakan, memang, tak terhitung, memakan korban banyak nyawa tak berdosa. Jika kita terus berperang, tidak hanya akan mengakibatkan kehancuran total dan pemusnahan bangsa Jepang, tetapi juga akan menyebabkan kepunahan total peradaban manusia.

Karena itu, bagaimana kita menyelamatkan jutaan rakyat kita, atau menebus diri kita sendiri di hadapan roh suci leluhur kekaisaran kita? Ini adalah alasan mengapa kami telah memerintahkan penerimaan ketentuan deklarasi bersama kekuasaan.

Kami tidak bisa tidak mengungkapkan rasa penyesalan yang paling dalam kepada negara-negara sekutu kami di Asia Timur, yang secara konsisten bekerja sama dengan Kekaisaran menuju emansipasi Asia Timur.

Memikirkan para perwira dan orang-orang itu serta orang-orang lain yang gugur di medan pertempuran, mereka yang tewas dalam tugas mereka, atau mereka yang menemui ajal sebelum waktunya dan semua keluarga mereka yang berduka, menyakitkan hati kami siang dan malam.

Kesejahteraan korban luka dan korban perang, dan mereka yang kehilangan rumah dan mata pencaharian, adalah sasaran perhatian kami yang mendalam.

Kesulitan dan penderitaan yang akan menimpa bangsa kita di akhirat pasti akan sangat besar. Kami sangat menyadari perasaan terdalam dari Anda semua, subjek kami. Namun, sesuai dengan ketentuan waktu dan takdir, Kami telah memutuskan untuk membuka jalan bagi perdamaian besar bagi semua generasi yang akan datang dengan menanggung apa yang tak tertahankan dan menderita apa yang tak tertahankan.

Setelah mampu menjaga dan memelihara Kokutai, Kami selalu bersama Anda, subjek kami yang baik dan setia, mengandalkan ketulusan dan integritas Anda.

Waspadalah dengan sangat ketat terhadap ledakan emosi apa pun yang dapat menimbulkan komplikasi yang tidak perlu, atau pertikaian dan perselisihan persaudaraan yang dapat menimbulkan kebingungan, menyesatkan Anda dan menyebabkan Anda kehilangan kepercayaan dunia.

Biarlah seluruh bangsa terus sebagai satu keluarga dari generasi ke generasi, selalu teguh dalam keyakinannya pada kekekalan tanah sucinya, dan sadar akan beban tanggung jawabnya yang berat, dan jalan panjang yang harus dilaluinya.

Satukan seluruh kekuatanmu, untuk dibaktikan pada konstruksi demi masa depan. Kembangkan cara-cara kejujuran, kembangkan jiwa bangsawan, dan bekerja dengan tekad – sehingga Anda dapat meningkatkan kemuliaan bawaan negara kekaisaran dan mengimbangi kemajuan dunia.

Hirohito (Segel Pribadi)

Tokyo, 14 Agustus 1945 (Shōwa 20)


Naskah asli dari Reskrip Kekaisaran tentang Penghentian Perang, ditulis secara vertikal dalam kolom dari atas ke bawah dan diurutkan dari kanan ke kiri, dengan Privy Seal dicantumkan

.

Cetakan satu halaman dari reskrip, sekali lagi dengan Privy Seal

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ketentuan Penetapan Proklamasi Penyerahan Jepang". 1945. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-22. Diakses tanggal 2023-01-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan