Gwangyang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stasiun Okgok, Gwangyang

Gwangyang adalah kota industri di Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan.[1] Berjarak 90,1 km di tenggara kota Gwangju, 53 km dari kota Yeosu (Jeolla Selatan). Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Hadong dipisahkan oleh Sungai Seomjin. Di sebelah barat dibatasi dengan kota Suncheon dan sebelah selatannya terdapat Laut Selatan. Luas kota 441,97 km², dengan jumlah penduduk 150.000 orang.

Gwangyang adalah kota industri yang memproduksi besi, perlengkapan pelabuhan, baja, penggiling baja, dan kontainer dermaga. Perusahaan besar yang bermarkas di kota ini antara lain Gwangyang Steelworks yang memproduksi baja. Pabrik Baja Gwangyang dikenal sebagai pabrik baja terbesar di dunia dengan kapasitas produksi mencapai 15,8 juta ton per tahun. Baja dari Gwangyang dimanfaatkan untuk membuat jembatan, kontainer, mobil serta alat-alat rumah tangga. Di kota ini terdapat terminal kontainer yang dihubungkan dengan jalan tol untuk memudahkan akses ke berbagai wilayah di Korea Selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sŏ, Chŏng-su; Bernard Rowan, Yoon-jung Cho (2004). Encyclopedia of Korean culture. Seoul: Hansebon. ISBN 8-9747-6148-3.