Gunung Payung, Ketahun, Bengkulu Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gunung Payung
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Bengkulu
Kabupaten Bengkulu Utara
Kecamatan Ketahun
Luas 27 km²
Jumlah penduduk 361 jiwa (2011)
Kepadatan ... jiwa/km²

Gunung Payung adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Gunung Payung adalah desa kecil yang ada di Kecamatan Ketahun dengan jumlah penduduk sekitar 361 jiwa dengan mata pencarian petani sawah, petani sawit. saat ini Gunung Payung dipimpin oleh seorang Kepala Desa M.SITUMORANG, walaupun desa kecil tetapi mempunyai kekayaan alam yang cukup seperti galian C koral, Tambang Batu Bara yang dikelola oleh PT Injatama.

Keberadaan perusahaan tambang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya masyarakat desa gunung payung sendiri, tetapi hingga saat ini dengan keberadaan perusahaan tambang belumlah dapat dirasakan karena baru merasakan materiilnya saja dengan adanya gantirugi, dan tanah-tanah masyarakat yang dibeli oleh pihak perusahaan, secara immateriil belum dapat dirasakan karena masih banyaknya permasalahan yang timbul dan perlu penanganan secara intensif. Berbagai upaya untuk kesejahteraan warga yang dilakukan oleh kepala desa, pendekatan dengan berbagai dinas instansi demi kemajuan deesa Gunung Payung, contoh nyata yang sudah terealisasi seperti PLN yang sudah tersambung hingga desa Gunung Payung, sertifikasi lahan yang selama bertahun-tahun tidak menyentuh ke warga gunung payung dan banyak usaha-usaha lain yang telah dilakukan.

Tidak berhenti dan puas dengan basis pendidikan yang dimiliki, M.SITUMORANG berusaha menimba ilmu bersama rekan-rekan kepala desa, sekdes dan staf kecamatan ketahun di Universitas Ratu Samban dan diharapkan beberapa tahun kedepan dapat menyelesaikan Strata 1 sehingga diharapkan untuk Kecamatan Ketahun kepala Desa dengan pendidikan S1.