Gunung Hor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gunung Hor (bahasa Ibrani: הֹר הָהָר, Hor Ha-Har) adalah nama yang diberikan dalam kitab perjanjian lama pada dua pegunungan yang berbeda. Satu, diberikan pada tanah Edom yang terletak pada bagian Timur dari pantai Laut Mati (saat ini merupakan bagian dari negara Yordania). Nama lainnya adalah pegunungan yang terletak di Laut Tengah di perbatasan Selatan dari tanah Tanah Israel.

Gunung Hor di Edom[sunting | sunting sumber]

Gunung Hor

Gunung ini terletak "di ujung dari tanah Edom" (Bilangan 33:37). Gunung ini ada dalam kisah kematian dari Harun. Sejak Yosefus gunung ini sudah dikenal dengan nama Gunung Nabi Harun ("Gunung dari Nabi Harun" dalam bahasa Arab), yaitu sebuah gunung dengan puncak kembarnya yang berketinggian 4,780 feet di atas permukaan laut (atau tepatnya 6,072 feet di atas permukaan dari Laut Mati) yang ada di bagian timur dari lembah Yordania-Arabah. Puncaknya terdapat tempat yang suci, Makam Nabi Harun.

Mt. Harun


Referensi[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih. Koordinat: 30°19′1″LU 35°24′25″BT / 30,31694°LU 35,40694°BT / 30.31694; 35.40694