Gullfoss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gullfoss
Gullfoss

Gullfoss ialah air terjun yang terletak di Sungai Putih (Hvítá) di Islandia selatan-tengah. Namanya berarti Air Terjun Emas. Aliran sungai dari hujan berkala dan luncuran gletser-khususnya di musim panas-membuat Gullfoss air terjun bervolume terbesar di Eropa.

Gullfoss ialah salah satu pemandangan spektakuler di bumi. Merupakan salah satu keajaiban dunia alami di dunia. Sungai Putih (Hvita) yang luas mengalir ke selatan. Sekitar 1 km di atas air terjun sungai itu membelok curam ke kiri dan mengalir turun 3 kali dengan belokan lebar dan kemudian mendadak turun pada setinggi 35 m (105 kaki). Luas retakan di mana aliran ini turun sekitar 20 m (60 kaki), dan panjang 2,5 km. Berada di sudut kanan ke aliran sungai. Rata-rata air yang menuruni air terjun ini sekitar – 180 m³/s di musim panas dan 50 – 110 m³/s di musim dingin. Aliran tertinggi yang terukur 2000 m³/s.

Selama paruh pertama abad ke-20 dan beberapa tahun pada abad ke-20, banyak spekulasi dan percobaan memanfaatkan Gullfoss membangkitkan listrik. Selama masa ini, air terjun itu disewa secara langsung oleh pemiliknya Tómas Tómasson dan Halldór Halldórsson, kepada para investor asing yang ingin memanfaatkan air terjun itu; namun, percobaan para investor itu gagal, salah satu sebabnya kekurangan uang. Akhirnya air terjun itu dijual ke negara Islandia. Namun saat dijual, ada spekulasi dan rencana memanfaatkan Hvítá, yang mengubah air terjun itu selamanya. Ini tak dilakukan, dan air terjun itu dilindungi.

Sigríður Tómasdóttir, puteri Tomas Tomasson diputuskan menyelamatkan air terjun itu dari pemanfaatan dan malah mengancam untuk menjatuhkan diri ke air terjun itu. Kisah yang terkenal menyebut bahwa Sigríður benar-benar menyelamatkan air terjun itu agar tak dimanfaatkan, namun itu tidak benar. Percobaannya tidak menyelamatkan air terjun; ada alasan lain agar tak dimanfaatkan.

Sebuah batu peringatan buat Sigriður, terletak di atas air terjun, mencantumkan profilnya.

Bersama dengan Thingvellir dan geyser Haukadalur air terjun ini menjadi bagian pemandangan terkenal di Islandia, Lingkaran Emas.

Video[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]