Guillaume François Antoine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Guillaume de l'Hôpital
LahirGuillaume François Antoine de l'Hôpital
1661
Paris, Prancis
Meninggal2 Februari 1704(1704-02-02) (umur 42–43)
Paris, Prancis
KebangsaanPrancis
Karier ilmiah
BidangMatematikawan
InstitusiAkademi Sains Prancis
Pembimbing akademikJohann Bernoulli

Guillaume François Antoine, Marquis de l'Hôpital[1] (1661 - 2 Februari 1704) (bahasa Prancis: [ɡijom fʁɑ̃swa ɑ̃twan maʁki lopital]; kadang dieja L'Hospital juga dikenal sebagai Guillaume-François-Antoine Marquis de l'Hôpital, Marquis de Sainte-Mesme, Comte d'Entremont, dan Seigneur d'Ouques-la-Chaise,[2] adalah seorang matematikawan Prancis. Namanya terkait erat dengan aturan l'Hôpital untuk menghitung limit yang melibatkan bentuk tak tentu 0/0 dan ∞/∞. Mesikipun aturan tersebut tidak berasal dari l'Hôpital, aturan tersebut muncul di media cetak untuk pertama kalinya dalam risalahnya pada 1696 tentang Kalkulus Infinitesimal, berjudul Analyse des Infiniment Petits pour l'Intelligence des Lignes Courbes.[3] Buku ini adalah eksposisi sistematis pertama Kalkulus diferensial. Beberapa edisi dan terjemahan ke bahasa lain diterbitkan dan menjadi model untuk perawatan kalkulus selanjutnya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

L'Hôpital lahir dalam keluarga militer. Ayahandanya adalah Anne-Alexandre de l'Hôpital, seorang Letnan Jenderal pasukan Raja, Comte de Saint-Mesme dan pengawal Gaston d'Orléans. Ibundanya adalah Elisabeth Gobelin, putri Claude Gobelin, intendan pasukan raja dan penasihat negara. L'Hôpital meninggalkan karier militer karena penglihatan yang buruk dan mengejar minatnya dalam matematika[4], yang terlihat sejak kecil. Untuk sementara, dia adalah anggota komunitas Nicolas Malebranche di Paris dan di sana lah dia bertemu dengan Johann Bernoulli muda pada 1691, yang sedang mengunjungi Prancis dan setuju untuk melengkapi pembicaraannya di Paris tentang kalkulus infinitesimal dengan kuliah pribadi ke l'Hôpital di rumahnya di Oucques. Pada 1693, l'Hôpital terpilih menjadi anggota Akademi Sains Prancis dan bahkan menjabat dua kali sebagai wakil presidennya.[5] Di antara prestasinya adalah penentuan panjang busur grafik logaritma[6], salah satu solusi untuk masalah kurva brakistokron, dan penemuan teori singularitas pada involute kurva bidang dekat titik belok.[7]

L'Hôpital bertukar pikiran dengan Pierre Varignon dan berkorespondensi dengan Gottfried Leibniz, Christiaan Huygens, Jacob dan Johann Bernoulli. Karyanya "Traité analytique des sections coniques et de leur usage pour la résolution des équations dans les problêmes tant déterminés qu'indéterminés" ("Risalah analitik pada irisan kerucut") diterbitkan setelah kematiannya di Paris pada 1707.

Galeria[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pada abad ke-XVII dan ke-XVIII, nama itu biasa dieja "l'Hospital", dan dia sendiri mengeja namanya seperti itu. Tetapi, ejaan bahasa Prancis telah diubah: 's' telah dihilangkan dan diganti dengan sirkumfleks di atas vokal sebelumnya. Ejaan sebelumnya masih digunakan dalam bahasa Inggris di mana tidak ada sirkumfleks.
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-28. Diakses tanggal 2021-12-08. 
  3. ^ Menjawab pertanyaan l'Hôpital, dalam suratnya tertanggal 22 Juli 1694 Johann Bernoulli menjelaskan aturan menghitung limit suatu pecahan yang pembilang dan penyebutnya cenderung 0 dengan cara membedakan pembilang dan penyebutnya. Pernyataan yang umum dibuat bahwa l'Hôpital berusaha mendapatkan pujian karena menemukan aturan l'Hôpital tidak akurat, sejak di kata pengantar buku teksnya, l'Hôpital umumnya mengakui Leibniz, Jakob Bernoulli dan Johann Bernoulli sebagai sumber hasil di dalamnya.
  4. ^ Solutio problematis physico mathematici. Acta Eruditorum. Leipzig. 1695. hlm. 56. Diakses tanggal 18 July 2018. 
  5. ^ Yushkevich, p. 270.
  6. ^ Unbeknownst to him, a solution had already been obtained by James Gregory in letters to Collins (1670–1671), ibid.
  7. ^ This singularity is a cusp of the second kind, in which both branches are concave from the same side. It was described in l'Hôpital's letter to Johann Bernoulli from May 1694, Yushkevich, p. 275.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • G. L'Hôpital, E. Stone, The Method of Fluxions, both direct and inverse; the former being a translation from de l'Hospital's "Analyse des infinements petits," and the latter, supplied by the translator, Edmund Stone, London, 1730
  • G. L'Hôpital, Analyse des Infiniment Petits pour l'Intelligence des Lignes Courbes, Paris, 1696
  • G. L'Hôpital, Analyse des infinement petits, Paris 1715
  • William Fox, Guillaume-François-Antoine de L'Hôpital Diarsipkan 2020-09-27 di Wayback Machine., Catholic Encyclopedia, vol 7, New York, Robert Appleton Company, 1910
  • C. Truesdell The New Bernoulli Edition Diarsipkan 2023-06-03 di Wayback Machine. Isis, Vol. 49, No. 1. (Mar., 1958), pp. 54–62, discusses the strange agreement between Bernoulli and de l'Hôpital on pages 59–62.
  • A.P. Yushkevich (ed), History of mathematics from the most ancient times to the beginning of the 19th century, vol 2, Mathematics of the 17th century (in Russian). Moscow, Nauka, 1970 Zbl 0263.01002

Pranala luar[sunting | sunting sumber]