Guilla dari Provence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Guilla dari Provence atau dari Burgundia (wafat sebelum tahun 924) merupakan ratu Franka di Rhone valley pada awal abad pertengahan.

Dapat dipastikan baha ia pertama-tama adalah permaisuri Raja Rudolf I dari Burgundia Atas (yang diumumkan sebagai raja pada tahun 888 dan wafat pada tanggal 25 Oktober 911) dan kemudian sejak tahun 912 adalah permaisuri Hugh dari Italia, Pangeran perbatasan Provence, yang pada tahun 926 menjadi raja Italia Utara.

Yang lain mengenai silsilah keluarganya tidak diketahui dengan jelas. Ia diduga adalah putri Raja Boso dari Burgundia Bawah (Provence), dan ia dianggap adalah ibu Raja Rudolf II dari Burgundia Atas dan Italia. Kekerabatan pertama yang disinggung akan membuatnya saudari, atau setidaknya saudari tiri Raja Louis III dari Italia. Yang kedua akan berarti ia adalah leluhur dari istana kerajaan Burgundia independen yang terakhir, dan melalui itu adalah leluhur dari kaisar-kaisar Ottonian, raja Carolingia yang terakhir di Perancis, berbagai adipati Swabia, dinasti Guelph kemudian, dan Istana Kerajaan Salian, juga seluruh keluarga kerajaan Eropa sejak Abad Pertengahan.

Selain itu, silsilah yang dianggap sebagai impian dari para peneliti, telah selama berabad-abad mengemukakan bahwa :

  • Ibu Guilla adalah Ermengarde dari Italia, satu dari pewaris Carolingia yang terakhir, yang adalah putri Kaisar Louis II, raja Italia, dan menjadi istri terakhir Raja Boso dari Burgundia Bawah. Namun hal ini sangat tidak mungkin, karena pernikahan Ermengarde dengan Raja Boso dilangsungkan pada tahun 978, tanggal dimana Guilla telah lahir.
  • Guilla adalah satu-satunya istri Raja Rudolf I dari Burgundia Bawah. Hal ini tidak pasti, karen kemungkinan ia belum cukup umur untuk memiliki seorang keturunan ketika ia menikah pada tahun 912 dengan Pangeran Hugh, calon raja Italia; suami pertamanya, Raja Rudolf I, disebutkan telah memiliki beberapa anak pada tahun 888 (yang kemudian bisa saja lahir sebelumnya, tidak diketahui, sebagai istri Rudolf).

Ratu Guilla wafat setelah tahun 912 namun sebelum tahun 924, kedua tahun tersebut disinggung di dalam sebuah piagam (menandakan bahwa ia telah tiada pada saat itu) yang bertanggal pada tahun kemudian. Setelah kematiannya pada tahun 926, dudanya, Pangeran Hugh, mengambil alih kerajaan Italia dari Rudolf II dari Burgundia (yang baik adalah anak tiri atau putra kandung Guilla).