Gua Tempurung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gua Tempurung adalah sebuah gua batu kapur (karst) yang terletak di Gopeng, Perak, Malaysia. Namanya diambil dari bentuknya yang seperti tempurung kelapa. Panjang gua ini mencapai 1,3 km dan dipercayai telah ada sejak 8000 SM.

Gua Tempurung terdiri dari lima kubah besar yang silingnya menyerupai tempurung kelapa, dengan setiap kubah mempunyai bentuk stalagmit dan stalaktit yang berbeda. Selain itu, setiap kubah berbeda dari segi suhu, permukaan air, dan kandungan batu kapur dan marmer.

Di pertengahan gua ini terdapat satu stalagmit yang berbentuk seperti gergaji.

Karena gua ini banyak dikunjungi pelancong, pemerintah negeri Perak telah memelihara kawasan gua ini supaya lebih menarik wisatawan. Gua ini kini dilengkapi lampu dan jembatan kayu serta kemudahan lainnya turut disediakan. Bagi mereka yang suka kegiatan tahan lama, acara menyeberangi sungai dalam gua turut diadakan.

Selain menyimpan khazanah alam, gua ini turut tertulis dalam sejarah Malaysia. Gua ini menjadi tempat persembunyian komunis pada masa dahulu dari 1950 hingga 1960. Saat semenjak tahun 1970, Gua Tempurung telah dijadikan tambang timah.

Pemandangan di dalam gua tempurung, Perak

Panduan arah[sunting | sunting sumber]

Gua Tempurung, boleh dikunjungi menggunakan lebuh raya Utara-Selatan ataupun Lebuh raya Persekutuan. Jika anda menggunakan PLUS, masuk ke pinggir keluar Gopeng, belok ke kiri dan teruskan memandu sejauh 2 km sampai menemui jalur ke Gua Tempurung di sebelah kiri. Jalur khusus ini dibangun supaya kendaraan yang lebih besar seperti bus bisa sampai ke gua tersebut.

Paranala luar[sunting | sunting sumber]