Grobari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Grobari
Grobarijug.jpg
Grobari Jug - Gravediggers South
Nickname Partizanovci
Singkatan G70
Berdiri 1970
Jenis Suporter sepak bola
Tribun Selatan
Motto Yang lain disoraki, tetapi Partizan dicintai!
Kantor pusat Belgrade, Bendera Serbia Serbia
Koordinat 44°47′19,48″LU 20°27′32,75″BT / 44,78333°LU 20,45°BT / 44.78333; 20.45000
Tim Partizan Belgrade
Arena
Situs resmi

Grobari (Sirilik: Гробари, Indonesia: Penggali Kubur) adalah organisasi suporter klub sepak bola Serbia, Partizan Belgrade. Mereka adalah salah satu dari dua kelompok penggemar sepak bola utama di Serbia dan salah satu yang terbesar di Eropa Tenggara. Mereka umumnya mendukung semua klub dalam FK Partizan, dan memakai simbol hitam dan putih, yang merupakan warna klub.

Hari ini, Grobari terdiri dari tiga kelompok utama: Juzni Front, Grobari 1970 dan Zabranjeni, dengan berbagai sub-kelompok. Secara tradisional, kelompok ini mempunyai hubungan baik dengan pendukung PAOK, Gate 4, serta dengan suporter Sporting Clube de Portugal di Portugal, PFC CSKA Sofia di Bulgaria, CSKA Moskwa di Rusia dan Santos FC di Brasil.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Grobari merayakan gelar juara liga ke-19 Partizan pada 2005

Kelompok pertama fan Partizanmulai mengunjungi JNA Stadium di akhir 1950-an. Mereka adalah pemuda dari Belgrade, dan mereka menguasai tribun selata. Pada waktu itu, dukungan ditunjukkan dengan bernyanyi keras serta memaki wasit dan pemain tim lawan.

Partisipasi Partizan di final Piala Eropa pada tahun 1966 menarik lebih banyak penggemar ke stadion, dan dianggap menjadi momen penting dari suporter terorganisir pindah ke tribun selatan stadion di mana mereka berkumpul sampai hari ini. Grobari dibentuk pada tahun 1970. dan selama dekade berikutnya, serta seluruh Eropa, Grobari mulai membawa peralatan kipas ke stadion seperti suar, syal, dan bendera (di 70-an), yang memberikan nafas baru untuk cara mendukung klub sepak bola.

Pada 1980-an, Grobari adalah salah satu kelompok penggemar terbesar dan paling terorganisir di Yugoslavia dan mulai mengiringi Partizan ke laga-laga tandang di seluruh negeri dan Eropa. Karena hooliganisme yang mereka tunjukkan pada pendukung klub lain di masa itu, fan yang mengiringi laga tandang Partizan bersama Grobari sering disebut sebagai "ekspedisi penghukuman".

Južni Front[sunting | sunting sumber]

Logo Južni Front

Pada tahun 1999, ada perpecahan besar ketika kelompok suporter yang baru terbentuk bernama Južni Front (Front Selatan) menuduh anggota senior Grobari 1970, menyalahgunakan hak istimewa mereka. Grobari 1970 dituduh memanipulasi uang yang diberikan oleh klub untuk mengorganisir dukungan fan. Beberapa ratus anggota Frony meninggalkan tribun selatan tradisional dan menduduki tribun utara dari stadion. Perpecahan berlangsung selama beberapa tahun sampai tahun 2005, ketika mereka akhirnya bersatu.

Pada 1990-an, maskot, unik namun tidak resmi dari sebagian besar kelompok penggemar Grobari adalah bulldog yang marah, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah berdiri penggali kubur, berdiri bertumpu di sebuah sekop.

Boikot (2005-07)[sunting | sunting sumber]

Ratusan Grobari berarak di jalanan Belgrade selama boikot

Memberontak karena tersingkirnya Partizan dari kualifikasi Liga Champions, diikuti dengan eliminasi dari putaran pertama Piala UEFA dan dari kompetisi piala nasional oleh tim divisi tiga, serta hasil buruk di liga domestik (semua pada awal musim 2005/06), Grobari mengumumkan boikot dari semua pertandingan klub Partizan. Beberapa ribu pendukung berkumpul pada bulan September 2005 di depan stadion klub dan publik menuduh direktur olahraga Nenad Bjeković dan sekretaris jenderal Žarko Zečević merusak anggaran operasional klub dan kebijakan transfer dalam rangka memenuhi kantong-kantong mereka sendiri. Pada kesempatan ini, mereka juga mengingatkan masyarakat dari intrik beberapa pejabat klub sebelumnya.

Mereka menuntut pengunduran diri manajemen klub sebagai syarat untuk kembali ke stadion. Grobari mengulangi pertemuan besar dan mengulangi tuntutan mereka pada bulan Oktober 2005 di depan teater nasional di pusat kota Belgrade di mana para pejabat Partizan merayakan ulang tahun ke-60 klub. Derby Belgrade antara Red Star Belgrade dan Partizan di musim 2005/06 dimainkan tanpa dukungan tradisional fan Partizan dari tribun selatan. Meskipun pertandingan digunakan untuk mengumpulkan kembali puluhan ribu penggemar, sejarah tercatat musim itu ketika ada hanya beberapa ribu penonton di Stadion Partizan, karena suporter Red Star juga sepakat untuk memboikot derby (tapi untuk alasan lain).

Setelah perubahan dalam dewan direksi, Grobari memutuskan untuk berhenti memboikot Partizan. Pada tanggal 26 Mei 2007 mereka kembali ke stadion untuk pertandingan Superliga Serbia melawan Apatin Mladost dimana Partizan menang 7-1, namun mereka terus menyanyikan lagu-lagu menghina direktur olahraga dan sekretaris jenderal klub.

Pada akhir tahun, Bjeković dan Zečević mengundurkan diri dari jabatan mereka.

Larangan dari Eropa, 2007-08[sunting | sunting sumber]

Pada Piala UEFA 2007-08, Partizan Belgrade didiskualifikasi dari kompetisi lebih lanjut karena hooliganisme sepak bola melawan Zrinjski Mostar. Grobari bepergian ke Mostar di mana mereka melawan polisi dan juga suporter mereka. Partizan memenangkan laga 11-1 dalam agregat.

Perpecahan, 2011[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Agustus 2011, perpecahan di kalangan Grobari kembali terjadi. Sebuah faksi fans menyebut diri mereka Zabranjeni (Yang Terlanag) menuduh dewan klub melarang mereka masuk ke stadion.[1] Mereka juga dalam perselisihan dengan beberapa subkelompok Grobari lainnya, terutama Alcatraz. Mereka menghadiri permainan dari tim-tim lain dari Partizan, seperti hoki es atau tim basket perempuan. Pada bulan November, sekelompok kecil mereka muncul pada pertandingan melawan Borac Čačak. Pada tahun 2012 mereka mulai menghadiri menghadiri pertandingan Partizan di tribun timur.

Suporter terkenal[sunting | sunting sumber]

Rade Šerbedžija, seorang Grobari

Fan terkenal termasuk:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]