Grand dictionnaire universel du XIXe siècle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Grand dictionnaire universel du XIXe siècle (Kamus Besar universal dari abad ke-19), sering disebut Grand Larousse du dix-neuvième, adalah sebuah kamus ensiklopedis, sebuah karya Pierre Larousse. Diterbitkan dalam 17 volume dan 1500 halaman. Masing-masing dikerjakan antara 1866-1878.

Grand dictionnaire universel du XIXe siècle berjejer di rak buku

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Volume 1-15, meliputi AZ, diterbitkan 1866-1876. Volume 16-17 (yaitu dua suplemen) diterbitkan pada tahun 1877 dan 1878. Larousse juga diterbitkan suplemen lebih lanjut dalam bentuk majalah yang disebut Revue encyclopédique (1891-1900) kemudian Revue universelle (1900-1905).

Tidak seperti kamus kontemporer Émile Littre, Grand Larousse dasarnya seperti ensiklopedia. Ini adalah dogmatis dan memiliki gaya yang khas dan pribadi.

Salah satu contoh semacam subjektivitas muncul mengenai Kaisar Napoleon Bonaparte. Untuk Pierre Larousse, apa yang umum Republik telah dilakukan sampai kudeta 18 Brumaire adalah berbudi luhur dan mulia, tetapi kudeta dan aturan berikutnya konsul dan kaisar adalah perbuatan tiran itu. Oleh karena itu, Grand Larousse du dix-neuvième memiliki dua entri: satu untuk Bonaparte, Napoleon, yang, menurut artikel, meninggal pada 18 Brumaire (9 November 1799), dan satu untuk mengacu pada Napoleon konsul dan kaisar. Meskipun benar bahwa Napoleon Bonaparte "berubah" namanya untuk Napoleon I, ia hanya melakukannya di penobatan nya sebagai kaisar, bukan setelah kudeta Brumaire 18.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]