Grand Theft Auto: Vice City

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Theft Auto: Vice City
Publikasi29 Oktober 2002
GenreAksi
KarakterKen Rosenberg (en), Lance Vance (en), Mr. Black (en), Ricardo Diaz (en), Tommy Vercetti (en), Victor Vance (en), Sonny Forelli (en), Avery Carrington (en), Kent Paul (en), Pierre La Ponce (en) dan Phil Cassidy (en)
Latar tempatGrand Theft Auto 3D universe (en)
Bahasa
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformAndroid, Xbox, PlayStation 2, Windows, macOS, iOS, PlayStation 3 dan PlayStation 4
MesinRenderWare (en)
ModePermainan video pemain tunggal
Formatcakram digital, distribusi digital dan unduhan digital
Metode inputpapan tombol komputer, tetikus, gamepad dan layar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangRockstar North
PenyuntingRockstar Games
ProdusenLeslie Benzies
PenerbitRockstar Games
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915517
USK
enllaç=d:Q14920393
CERO
enllaç=d:Q14870299
Informasi tambahan
Situs webrockstargames.com… (Inggris)
MobyGamesgrand-theft-auto-vice-city
Steam12110
IMDB: tt0314123
Bagian dari Grand Theft Auto
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Grand Theft Auto: Vice City (GTA:VC) adalah permainan video keempat dari franchise Grand Theft Auto. Didesain di Britania Raya oleh Rockstar North (sebelumnya DMA Design) dan diterbitkan oleh Rockstar Games.

Permainan ini diluncurkan pertama kali di Amerika Utara pada tanggal 29 Oktober 2002 untuk PlayStation 2 dan dengan cepat menjadi permainan video dengan penjualan terbaik tahun itu. Pada bulan Juli 2006, Vice City menjadi permainan PlayStation 2 dengan penjualan terbaik sepanjang masa, yang penjualannya hanya mampu dilampaui oleh Grand Theft Auto: San Andreas, seri kelima permainan Grand Theft Auto.[butuh rujukan] Vice City juga termasuk ke dalam "100 permainan video favorit pembaca" menurut majalah Jepang Famitsu.[1] Mengikuti sukses ini, Vice City diterbitkan di Eropa, Australia, dan Jepang, dan dibuatkan juga versi PC-nya. Rockstar Vienna juga menjual paket permainan ini dengan permainan sebelumnya, Grand Theft Auto III, dan memberinya nama Grand Theft Auto: Double Pack untuk Xbox.

Alur[sunting | sunting sumber]

Tommy Vercetti, seorang anggota Mafia Forelli dari Liberty City, telah saja dibebaskan dari penjara pada 1986 setelah menjalani masa hukuman 15 tahun penjara karena membunuh sebelas orang mafia dan dijuluki juga sebagai "The Hardwood Butcher". Bos lama Tommy, Sonny Forelli, khawatir bahwa kehadiran Tommy di Liberty City akan meningkatkan ketegangan dan membawa perhatian yang tidak diinginkan untuk kegiatan kriminal organisasinya . Untuk mencegah hal ini, Sonny seolah-olah mempromosikan Tommy dan mengirimkan dia ke Vice City di bawah perwalian pengacara Mafia Forelli Ken Rosenberg untuk bertindak sebagai pembeli mereka untuk serangkaian penawaran kokain. Selama kesepakatan Tommy dengan Keluarga Penjahat Vance di dermaga, penyergapan oleh pihak yang tidak dikenal hasilnya dalam peristiwa itu ialah kematian pengawal Tommy dan penjual kokain, Victor Vance (karakter utama dari Grand Theft Auto: Vice City Stories). Tommy sempat lolos bersama dengan Ken dan kehilangan Uang Forelli dan juga kokain.

Ketika Tommy memberitahu Sonny dari penyergapan Sonny kehilangan emosinya dan mengancam Tommy dengan konsekuensi dari mencoba untuk menipu Mafia. Tommy berjanji untuk mengembalikan uang dan kokain dan membunuh siapa pun yang bertanggung jawab atas penyergapan Menjelang akhir ini, Tommy bertemu lagi dengan Ken Rosenberg, Ken pun langsung frustasi dan depresi akibat kegagalan kesepakatan tersebut lantas Ken pun menawari Tommy untuk mendatangi sebuah pesta dan bertemu seorang kartel pengedar narkoba Juan Garcia Cortez. Cortez mengungkapkan penyesalan tentang transaksi yang buruk Tommy dan berjanji bahwa garis sendiri penyelidikan sedang dilakukan. Tommy juga bertemu Cortez putri Mercedes, yang menjadi orang kepercayaan Tommy segera sesudahnya.

Sementara Tommy menunggu hasil investigasi Cortez ia bertemu produser rekaman Inggris Kent Paul, real estat Monggol Avery Carrington dan lokal lepas kriminal Lance Vance, pasangan adik dan bisnis dari agen yang tewas dalam penyergapan, yang juga membalas dendam terhadap dalang yang membunuh kakaknya tersebut.

Dengan berjalannya waktu, Tommy berteman Cortez dan mulai melakukan pekerjaan rutin baginya sebagai pesuruh dan pembunuh bayaran. Di satu pekerjaan seperti Tommy memberikan perlindungan bagi kartel narkoba Ricardo Diaz selama kesepakatan yang disergap oleh sekelompok warga Haiti. Tommy menyimpan kehidupan Diaz, Diaz terkemuka untuk mulai mempekerjakan Tommy untuk agenda sendiri. Tommy mengambil pekerjaan ini karena membayar dengan baik, meskipun kebenciannya kepada kepribadian dari karakter Diaz.

Tommy belajar dari Cortez bahwa letnan sendiri Cortez, Gonzalez, adalah ikut bertanggung jawab atas penyergapan pada kesepakatan kokain Tommy, dan Cortez meminta Tommy untuk membunuh Gonzalez sebagai bantuan. Setelah itu Cortez meletakkan kecurigaan untuk penyergapan pada Diaz. Tommy awalnya terus status quo untuk mempersiapkan serangan, tapi tangannya dipaksa ketika Lance upaya untuk membalas dendam sendiri dan gagal, memaksa Tommy bergegas di seluruh kota dan menyelamatkannya. Dengan die cast, langkah cepat untuk menyerang dua rumah Diaz dan melaksanakan Diaz. Dengan Diaz mati, dan Kolonel Cortez melarikan diri dari Vice City untuk menghindari penangkapan, kerajaan obat narkoba didirikan di Vice City dengan cepat runtuh dan Tommy dan Lance secara pribadi mengambil alih, menjadi gembong kokain Vice City.

Tommy menjadi kepala organisasi sendiri, ia membentuk Vercetti Family Crime, dan Tommy lebih kuat dan kaya, semakin Lance lebih mulai menunjukkan perilaku paranoid dan sosiopat, sampai-sampai ia mulai menyalahgunakan pengawalnya sendiri dan terus-menerus memanggil Tommy di negara histeria.

Tommy membuat aliansi dengan orang Kuba Umberto Robina terhadap Bibi Poulet di Haiti, meskipun ia pada saat yang sama terhipnosis oleh voodoo Poulet ke dalam membantu Haiti. Namun setelah Tommy dan Poulet bagian cara Tommy dan orang Kuba menyelinap bahan peledak ke pabrik kokain Haiti menyamar dengan menggunakan mobil geng Haiti dan meledakkannya, secara efektif untuk mengakhiri konflik antar geng.

Sebagian bisnis narkoba berkembang, Tommy membeli aset di perusahaan hampir bangkrut seperti penjual mobil, depot taksi, sebuah klub strip, klub malam, Yacht, toko cetak uang palsu, sebuah perusahaan es krim (es krim berbumbu narkoba), dan studio film dewasa yang semuanya ia berubah kembali menjadi bisnis yang kompetitif. Dia juga menjadi pengawal pribadi untuk sebuah band rock, anggota kehormatan dari sebuah geng motor, dan melakukan perampokan bank besar di Central Vice City.

Akhirnya keluarga Forelli menemukan bahwa Tommy telah mengambil alih banyak aksi di Vice City tanpa mengirim dipotong untuk Sonny sesuai kebutuhan. Sonny mengirimkan kolektor untuk memaksa uang dari aset Tommy, tapi Tommy membuang mereka. Sebuah Sonny yang marah Forelli tiba di Vice City dengan tentara kecil mafiosi, bertekad mengambil upeti secara paksa. Ketika Sonny dan kaki tangannya tiba di Mansion Vercetti, Tommy mencoba untuk memberi mereka upeti yang berisi uang palsu. Namun, Lance, membenci bagian besar Tommy dari keuntungan mereka, membuat kesepakatan kembali kamar dengan itu Forelli untuk menggulingkan keluarga Vercetti, dan memberitahu Sonny bahwa uang upeti adalah palsu. Dalam klimaks permainan, Tommy berdiri sendiri sebagai Lance, Sonny, dan Mansion antek Sonny serangan Tommy.

Tommy pertama mengejar, menertawakan, dan akhirnya membunuh secara brutal Lance kemudian lantai bawah di mana ia menghadapi dengan Sonny. Selama tembak-menembak itu, Sonny mengakui bahwa ia adalah orang yang mengatur Tommy sampai lima belas tahun sebelumnya, mengirim dia untuk membunuh sebelas orang yang mengharapkan dia. Tommy akhirnya membunuh Sonny di aula utama dari tanah miliknya. Dengan musuh-musuhnya kalah, Tommy menetapkan dirinya sebagai gembong kejahatan yang tak perlu dari Vice City.

Latar[sunting | sunting sumber]

Permainan berlatar lokasi fiksi Vice City, yang berdasarkan pada kota Miami, Florida. Penampilan permainan ini, terutama pakaian dan kendaraan, mencerminkan (dan kadang-kadang parodi) latar tahun 1980-an. Banyak tema yang dipinjam dari film-film besar dan Scarface Blow, bersama dengan 1980-an televisi sukses Wakil seri Miami. Vice City juga parodi dan membayar upeti kepada banyak budaya 1980-an di mobil, musik, mode, mercu tanda, dan karakter ditampilkan dalam permainan.

Rumah mewah Ricardo Diaz dan pertempuran klimaks yang berlangsung di dalamnya di akhir cerita, sangat mirip dengan rekan-rekan mereka di Scarface referensi lain adalah alur cerita secara keseluruhan permainan ini, karena sangat mirip dengan film tersebut., Seperti desain misi final. Ada juga referensi lebih halus, seperti sebuah apartemen tersembunyi dalam permainan dengan darah di dinding kamar mandi dan gergaji mesin (dalam mengangguk ke "gergaji penyiksaan" film adegan), atau sepasang detektif yang datang mengejar Vercetti setelah tingkat tiga bintang ingin dicapai, yang terlihat seperti karakter digambarkan oleh Don Johnson dan Philip Michael Thomas di Miami Vice.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Vice City memiliki puluhan karakter, banyak muncul hanya dalam adegan dipotong yang menggambarkan setiap misi. Suara-bakat termasuk Ray Liotta sebagai protagonis Tommy Vercetti, Tom Sizemore sebagai Sonny Forelli, Robert Davi sebagai Kolonel Juan García Cortez, William Fichtner sebagai Ken Rosenberg, Danny Dyer sebagai Kent Paul, Dennis Hopper sebagai pornografi Direktur Steve Scott, Burt Reynolds sebagai Avery Carrington, Luis Guzman sebagai Ricardo Diaz, Miami Vice bintang Philip Michael Thomas sebagai Lance Vance, Danny Trejo sebagai Umberto Robina, Gary Busey sebagai Phil Cassidy, Lee Majors sebagai "Big" Mitch Baker, Fairuza balk sebagai Mercedes Cortez, dan aktris porno Jenna Jameson sebagai Candy Suxx,Suara operator taksi disediakan oleh Blondie penyanyi Debbie Harry.

Meskipun karakter utama tidak sama dengan yang di Grand Theft Auto III, Vice City berisi beberapa karakter dari GTA III pada titik sebelumnya dalam hidup mereka. Donald Love, seorang taipan bisnis di GTA III, membuat penampilan sebagai magang untuk real estat Monggol Avery Carrington. Yang bersenjata Phil Cassidy dari GTA III muncul di Vice City juga, dengan kedua lengan utuh, dan satu misi sebenarnya menjelaskan kapan dan bagaimana ia kehilangan lengannya.

Beberapa host radio GTA III juga dapat didengar di Vice City: Lazlow Jones,yang merupakan tuan rumah dari Chatterbox, radio bicara stasiun di GTA III, adalah DJ untuk stasiun hard rock, V-Rock, di Vice City (dia disebutkan secara sepintas di GTA III bahwa dia dulu seorang DJ di sebuah stasiun rock). Toni, yang terbakar habis, disc jockey perempuan Flashback 95,6, tahun 1980-an musik stasiun radio di GTA III, juga muncul sebagai muda, klub-melompat DJ di stasiun musik pop Wakil City, Flash FM. Akhirnya, Fernando, germo diri memuliakan perempuan ("bukan germo ... penyelamat," ia klaim) yang tampil di acara Lazlow di GTA III, berjalan Emosi 98,3. Juga Naturist Barry Stark, seorang penelepon untuk Chatterbox di GTA III, muncul sebagai tamu di VCPR di Vice City.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Pemain dapat mencuri kendaraan, (mobil, kapal, sepeda motor, dan bahkan helikopter) mengambil bagian dalam penembakan, perampokan, dan umumnya membuat kekacauan. Namun, hal tersebut cenderung untuk menghasilkan perhatian yang tidak diinginkan dan berpotensi fatal dari polisi (atau, dalam kasus yang ekstrem, FBI dan bahkan National Guard). Perilaku polisi sebagian besar mirip dengan Grand Theft Auto III, meskipun unit polisi sekarang akan memegang tongkat malam, menyebarkan spike strip untuk menusuk ban mobil pemain, serta tim SWAT dari helikopter polisi terbang dan satuan kepolisian tersebut menyamar, à la Wakil Miami. Perhatian polisi dapat dinetralisir dalam berbagai cara.

Sebuah tambahan baru dalam permainan adalah kemampuan pemain untuk membeli sejumlah properti didistribusikan di seluruh kota. Beberapa ini adalah tempat persembunyian tambahan (dasarnya lokasi di mana senjata dapat dikumpulkan dan permainan disimpan). Ada juga berbagai usaha yang disebut "aset" yang pemain bisa membeli. Ini termasuk sebuah studio film, sebuah klub dansa, klub strip, sebuah perusahaan taksi, sebuah "es krim bisnis pengiriman" (bertindak sebagai perusahaan depan), pangkalan kapal, sebuah karya cetak, dan ruang pamer mobil. Setiap properti komersial memiliki sejumlah misi yang melekat padanya, seperti menghilangkan kompetisi atau mencuri peralatan. Setelah semua misi untuk properti yang diberikan selesai, properti akan mulai menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan, yang Vercetti semakin sejahtera secara berkala dapat mengumpulkan.

Geng Berbagai membuat penampilan sering dalam permainan, beberapa di antaranya merupakan bagian integral peristiwa cerita. Geng ini biasanya memiliki opini positif atau negatif dari pemain dan bertindak sesuai dengan mengikuti pemain atau penembakan di dia. Tembak-menembak antara anggota geng saingan dapat terjadi secara spontan dan beberapa misi melibatkan perkelahian diselenggarakan antara geng lawan.

Opsional samping misi sekali lagi disertakan, memberikan pemain kesempatan untuk melakukan pengiriman pizza, hard terluka orang ke rumah sakit dengan ambulans, memadamkan api dengan truk pemadam kebakaran, memberikan penumpang di taksi, jadi main hakim sendiri, menggunakan sebuah kendaraan polisi untuk membunuh penjahat, dan kemampuan untuk mengarahkan bus, pengangkutan tarif-membayar penumpang. Hadiah uang dan keuntungan gameplay sesekali (misalnya kesehatan meningkat dan kapasitas armor dan berlari tak terbatas) diberikan untuk menyelesaikan tingkat kesulitan yang berbeda dari kegiatan ini. Jumlah yang berbeda dari uang diberikan untuk melompat trik mendarat di sepeda motor atau mobil cepat tergantung pada jumlah membalik dan tinggi dicapai.

Jalur suara[sunting | sunting sumber]

Wakil Kota mencakup koleksi besar musik berlisensi dari tahun 1986 dan sebelumnya. Hal ini dapat disimak melalui berbagai dalam mobil stasiun radio. Setiap stasiun mencakup genre musik tertentu, seperti musik rap (Wildstyle), rock (V-Rock) dan (paling dominan) musik pop (Wave 103, Flash FM). Trek adalah untuk bekerja sebagian besar dari berbagai kehidupan nyata seniman, seperti Megadeth, Electric Light Orchestra, Judas Priest, Quiet Riot, Toto, Blondie, Iron Maiden, Ozzy Osbourne, David Lee Roth, INXS, Michael Jackson, Teena Marie, Rick James, Kate Bush, Bryan Adams, Go Barat, Luther Vandross, Kool & The Gang, A Flock dari Seagulls, Frankie Goes to Hollywood, Spandau Ballet, Grandmaster Flash & Furious Five, Hasyim, Corey Hart, Laura Branigan, REO Speedwagon, dan Eumir Deodato. Selain itu, sebuah stasiun bicara (K-Chat) dan perdebatan radio publik menunjukkan Masalah Menekan (VCPR) yang dimasukkan. Stasiun-stasiun radio dan alur cerita permainan juga memiliki band metal fiksi yang bernama Fist Love. Soundtrack multi-CD untuk permainan adalah instan terlaris.

Selain musik dan wawancara, stasiun juga termasuk iklan satir, seperti Degenatron, permainan konsol video fiksi ("Simpan titik-titik hijau dengan fantastis persegi Anda merah terbang!"), Mungkin parodi dari Atari 2600. Iklan dan pengaturan permainan konsisten: iklan Degenatron muncul di billboard, dan udara Iklan untuk toko di mana pemain dapat benar-benar berbelanja, seperti Ammu-Nation. Bulan sebelum rilis Vice City, Permainan Rockstar menciptakan Degenatron "fansite", yang memungkinkan pengguna untuk benar-benar memainkan "ditiru" permainan. Ada juga komersial untuk toko "populer" senjata Ammu-Bangsa ("Kami bahkan memiliki peluncur roket yang digunakan ketika kita kocok Ass Australia"), sebuah deodoran bernama "Pitbomb", yang merupakan parodi dari Right Guard, dan mobil yang disebut Thunder Maibatsu, parodi dari Starion Mitsubishi, yang merupakan impor mobil sport disukai hari.

Versi Windows dan Mac dari permainan memungkinkan pengguna untuk mengimpor lagu MP3, yang memungkinkan mereka untuk mendengar musik mereka sendiri melalui radio kendaraan ketika tuning ke stasiun radio tambahan yang disebut "MP3". Untuk dapat melakukan hal ini, pengguna harus menyalin berkas MP3 mereka ke folder tertentu diinstal oleh permainan.

Penerimaan dan Penjualan[sunting | sunting sumber]

Grand Theft Auto: Vice City dirilis untuk pujian kritis dari kritikus dan penggemar sama. Permainan memperoleh peringkat 9.7/10 dari IGN, GameSpot 9.6/10 dari, 5/5 dari GamePro, dan 10/10 dari Pejabat Majalah PlayStation AS. Permainan memiliki skor 95 dari 100 pada Metacritic website review kompilasi membuat Vice City tertinggi keenam dinilai PlayStation 2 game di situs. Itu juga umumnya dipuji karena terbuka aksinya dan menghibur penciptaan kembali dari tahun 1980-an budaya.

Para pembaca Official UK PlayStation Magazine sebagai hal judul PlayStation 4 terbesar yang pernah dirilis.

Pada tanggal 26 September 2007, Grand Theft Auto: Vice City telah terjual 15 juta unit menurut Take-Two Interactive. Pada tanggal 26 Maret 2008, Grand Theft Auto: Vice City telah menjual 17,5 juta unit menurut Take-Two Interactive, sehingga tertinggi penjualan permainan video keempat untuk PlayStation 2.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Seperti Grand Theft Auto III, Grand Theft Auto: Vice City telah dicap sebagai kekerasan dan eksplisit, dan dianggap sangat kontroversial oleh banyak kelompok kepentingan khusus, beberapa di antaranya menunjukkan bahwa pengawasan orang tua sangat diperlukan saat anak muda memainkan permainan ini, karena anak-anak pernah penonton permainan dimaksudkan. ESRB dinilai permainan ini "M" untuk berumur. Di Australia, itu disensor dalam kasus itu menerima rating klasifikasi menolak di mana kemampuan untuk mengambil pelacur diblokir, sehingga permainan dapat diberikan rating MA15 +. Pada tahun 2010, pemotongan ini kecil ditambahkan kembali dan permainan masih dipertahankan MA15 + rating nya.

Pada November 2003, kelompok Kuba dan Haiti di Florida ditargetkan judul. Mereka menuduh permainan mengundang orang untuk menyakiti imigran dari kedua negara. Klaim Kelompok 'rasisme dan hasutan untuk genosida menarik banyak perhatian publik terhadap Vice City. Rockstar Games mengeluarkan siaran pers yang menyatakan bahwa mereka memahami kekhawatiran rakyat Kuba dan Haiti, tetapi juga diyakini kelompok-kelompok yang meniup isu di luar proporsi. Di bawah tekanan lebih lanjut, termasuk ancaman dari Wali Kota New York Michael Bloomberg untuk "melakukan segala yang kami mungkin bisa" jika Rockstar tidak mematuhi, Take-Two (penerbit permainan) setuju untuk menghapus beberapa baris dialog. Hal ini tampaknya sebagian besar telah puas kelompok yang mengangkat keluhan, meskipun kasus itu kemudian dirujuk ke pengadilan negara, diturunkan dari keputusan awal untuk merujuk kasus ini ke pengadilan federal Pada tahun 2004, sebuah versi baru dari permainan ini dirilis,. menghapus dan mengubah garis dialog.

Pada bulan Februari 2005, gugatan dibawa pada pembuat dan distributor dari seri Grand Theft Auto mengklaim permainan menyebabkan remaja untuk menembak dan membunuh tiga anggota kepolisian Alabama. Penembakan itu terjadi pada bulan Juni 2003 ketika Devin Moore, 17 tahun pada waktu itu, dibawa untuk diinterogasi ke kantor polisi Fayette mengenai kendaraan yang dicuri. Moore kemudian meraih pistol dari salah satu petugas polisi dan menembak mati dia bersama dengan seorang petugas dan operator sebelum melarikan diri di sebuah mobil polisi Salah satu pengacara Moore, Jack Thompson, mengklaim itu sifat grafis GTA. - dengan waktu bermain konstan - yang menyebabkan Moore untuk melakukan pembunuhan, dan keluarga Moore setuju. Kerusakan sedang dicari dari cabang Jasper dari GameStop dan Wal-Mart, toko-toko dari mana GTA III dan Grand Theft Auto: Vice City, masing-masing, yang dibeli dan juga dari penerbit permainan 'Take-Two Interactive, dan PlayStation 2 produsen Sony Computer Entertainment. Kasus Strickland v Sony didengar oleh hakim yang sama yang memimpin sidang pidana Moore, di mana ia dijatuhi hukuman mati atas perbuatannya. Pada bulan Mei 2008, ia dikritik oleh Hakim Dava Tunis atas perilaku tidak profesional selama kasus v Strickland Sony.

Pada bulan September 2006, Jack Thompson membawa gugatan lain, mengklaim bahwa Cody Posey memainkan permainan obsesif sebelum membunuh ayahnya, ibu tiri, dan saudara tiri di sebuah peternakan di Hondo, New Mexico. Gugatan itu diajukan atas nama keluarga korban [40] Selama persidangan pidana, tim pembela Posey yang berpendapat ia disiksa oleh ayahnya, dan tersiksa oleh ibu tirinya.. [41] Posey juga mengambil Zoloft pada saat pembunuhan [42]. Gugatan menuduh bahwa kalau bukan karena bermain obsesif Wakil Kota, pembunuhan akan tidak terjadi [43]. Dinamakan dalam gugatan itu Cody Posey, Rockstar Games, Take-Two Interactive, dan Sony. Gugatan meminta US $ 600 juta dalam kerusakan [44]. Kasus ini diberhentikan pada bulan Desember 2007, sebagai New Mexico diadakan tidak ada yurisdiksi atas Sony atau Take-Two.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Japan Votes on All Time Top 100". Next Generation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-11. Diakses tanggal 18 Agustus 2006.