Grand Theft Auto: San Andreas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Grand Theft Auto San Andreas)
Langsung ke: navigasi, cari
Grand Theft Auto: San Andreas
GTASABOX.jpg

Pengembang Rockstar North
Penerbit Rockstar Games
Distributor Rockstar Games (retail)
Valve Corporation (Ungguh)
Seri Grand Theft Auto
Aplikasi dasar permainan RenderWare
Versi 3.0
Platform PlayStation 2, Microsoft Windows, Xbox, Xbox 360, Mac OS X[1]
Tanggal rilis PlayStation 2[2]
AN 26 Oktober, 2004

PAL 29 Oktober, 2004

Microsoft Windows[3]
AN 7 Juni, 2005
UE 10 Juni, 2005
Steam 4 Januari, 2008[4]
Xbox[5]
AN 7 Juni, 2005
PAL 10 Juni, 2005

Xbox 360 (Ungguh)
INT 20 Oktober, 2008

Genre Aksi-petualangan
Mode Single-player, multiplayer (Multi Theft Auto)
Rating BBFC: 18
ESRB:[6]
  • Awal: M
  • Ratifikasi ulang: AO
  • Rilis ulang: M

OFLC:

  • Awal: MA15+
  • Updated rating: RC
  • Re-release: MA15+

OFLC (NZ): R18[7]
PEGI: 18+

Media digital/distribusi DVD, Ungguh
Kebutuhan sistem

PlayStation 2

Xbox

  • Unit Memori dengan 38 blok kosong

Microsoft Windows[8]

Grand Theft Auto: San Andreas (sering disingkat sebagai GTA: SA) adalah permainan komputer dan video action-adventure sandbox-style yang dikembangkan oleh Rockstar North. Permainan ini adalah permainan 3D ke-3 dalam seri Grand Theft Auto, yang ke-5 pada rilis konsol dan permainan ke-8 secara keseluruhan. Pada awalnya dirilis untuk PlayStation 2 pada bulan Oktober 2004,[2] permainan ini kemudian di’’port’’ ke Xbox dan Microsoft Windows, dan menerima penerimaan dan penjualan yang tinggi pada tiga platform tersebut, dan mendapat rekor penjualan permainan tertinggi di PlayStation 2. Grand Theft Auto: San Andreas diteruskan oleh Grand Theft Auto: Liberty City Storiesdan didahului oleh Grand Theft Auto: Vice City.

Permainan ini berlatar belakang pada Negara bagian fiktif yaitu San Andreas, yang mempunyai tiga kota metropolitan. Berlatar akhir tahun 1992,[9] San Andreas berkisar pada anggota gang bernama Carl "CJ" Johnson yang kembali pulang dari Liberty City ke Los Santos setelah mengetahui kematian Ibunya. CJ menemukan bahwa teman lama dan keluarganya sedang berantakan. Melalui jalan cerita permainan, CJ perlahan membongkar plot dibalik pembunuhan Ibunya selagi mengembangkan usaha bisnisnya. Seperti permainan dalam seri lain, San Andreas terdiri dari elemen permainan mengemudi dan third-person shooters, dan fitur gameplay “dunia-terbuka” yang memberikan pemain untuk lebih beas bermain. Permainan ini menambah beberapa fitur, seperti modifikasi mobil, dan personalisasi karakter, seperti gaya rambut, tattoo, dll.

Hampir sama seperti seri Grand Theft Auto lain, keberhasilan penjualan San Andreas's juga memiliki beberapa kontroversi. Kontroversi yang paling diingat adalah permainan mini seks "Hot Coffee" yang ditemukan dalam permainan Microsoft Windows, yang awalnya di’’disable’’ tetapi kode binernya tidak dihilangkan. Penemuan ini menyebabkan San Andreas diratifikasi ulang di Amerika Serikat dengan segera menjadi rating permainan dewasa dan menyebabkan permainan ini ditarik dari rak retailer. Setelah kode biner permainan Hot Coffe dihilangkan, permainan ini diratifikasi ulang lagi menjadi M (Mature) kembali.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mengikuti keberhasilan Grand Theft Auto: Vice City, para konsumen mengharapkan permainan Grand Theft Auto baru agar mengikutinya. Bukti konkrit dari permainan ini muncul pada 29 Oktober 2003, ketika Take-Two Interactive mengumumkan permainan GTA tidak berjudul akan dirilis pada “akhir setengah kuarter ke-4 tahun fiscal 2004”.[10] Walaupun tidak diberikan informasi lebih rinci saat itu, baik latar belakang maupun plot cerita permainan, telah beredar rumor bahwa permainan ini akan berbasis pada kota fiksional San Andreas, California atau kota Bertema Las Vegas, Nevada.[11]

Pada 1 Maret 2004, Take-Two mengumumkan konferensi pers bahwa Grand Theft Auto: San Andreas akan dirilis pada 19 Oktober 2004, pada Amerika Utara, 22 Oktober di Eropa, dan 29 Oktober untuk Australia.[12] Kabar pertama tentang isi permainan terbuka pada 11 Maret, ketika dibocorkan bahwa San Andreas bukanlah sebuah kota, tetapi satu Negara bagian yang terdiri dari 3 kota besar.

Pada 9 September 2004, pada laporan financial kuarter ke-3 tahun 2004 Take-Two, diumumkan bahwa tanggal rilis diundur seminggu. Pada rilis yang sama, Take-Two mengumumkan versi permainan untuk Microsoft Windows dan Xbox.

San Andreas dirilis untuk PlayStation 2 pada 26 Oktober 2004, di Amerika Utara dan 29 Oktober 2004, di Eropa dan Australia. Permainan ini dirilis di Jepang pada 25 January 2007.[13] Port Windows dan Xbox dirilis pada 7 Juni 2005 di Amerika Utara dan 10 Juni 2005 di Eropa dan Australia.

Pada 20 Oktober 2008, permainan ini tersedia untuk di download dari Xbox Live Marketplace seperti permainan Xbox awal dengan biaya 1200 poin Microsoft.[14]

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Pemain menyetir menuju cul-de-sac (jalan buntu) Grove Street di Los Santos.

San Andreas dibuat mirip dengan 2 permainan sebelumnya. Inti dari gameplay permainan ini terdiri dari penembak orang ketiga ‘’third-person shooter’’ dan permainan mengemudi, mengendara lingkungan dunia terbuka yang besar. Dengan berjalan kaki pemain bisa berjalan, berlari, sprint, berenang, mendaki (ini adalah permainan “GTA” pertama yang memungkin pemain berenang dan mendaki) dan lompat dan menggunakan berbagai macam senjata dan pertarungan tangan. Pemain dapat mengendarai berbagai macam kendaraan, termasuk mobil, bus, perahu, pesawat, helicopter, kereta api, tank, sepeda motor dan sepeda. Pemain juga bisa melakukan import kendaaran ketimbang mencuri/membajak kendaraan.

Dunia terbuka, lingkungan yang bervariasi membuat pemain dapat menjelajah dan memilih caranya untuk memainkan permainan ini. Walaupun cerita utama dibutuhkan untuk menjalani progress permainan dan membuka beberapa kota dan isi permainan, cerita utama tidak harus diselesaikan dengan segera karena pemain banyak unsur yang dapat dimainkan. Ketika tidak menjalani misi, pemain dapat menjelajah secara bebas berkeliling kota, atau menimbulkan keributan dengan menyerang orang atau meledakkan kendaran. Tetapi, menimbulkan keributan dapat menarik perhatian dari pihak berwenang (polisi). Semakin besar kekacauan yang dibuat, semakin besar respon: polisi akan menangani kekacauan kecil (menyerang orang, mengarahkan senjata pada orang, mencuri mobil, membunuh beberapa orang), tim SWAT, FBI, dan militer akan merespon pada tingkat criminal yang lebih tinggi.

Pemain juga dapat mengambil misi sampingan opsional yang dapat meningkatkan atribut karakter atau menyediakan sumber uang. Misi sampingan tradisional yang juga terdapat pada permainan sebelumnya adalah, mengantar penumpang taksi, memadamkan api, mengantar orang terluka ke rumah sakit dan melawan kejahatan dalam misi vigilante. Misi sampingan tambahan yang lain adalah misi merampok, mucikari, mengemudi truk dan kereta api yaitu mengantar pesanan tepat waktu, dan sekolah mengemudi/terbang/berlayar/bersepeda, yang membantu pemain belajar kemampuan dan teknik yang sesuai dengan kendaraan masing-masing.

Tidak seperti Vice City dan GTA III, yang membutuhkan layar pemuatan (loading screen) ketika menjelajah dari satu distrik ke distrik lain, “San Andreas” tidak mempunyai saat load ketika pemain menjelajah (walaupun petanya lebuh luas dari permainan sebelumnya). Layar pemuatan hanya ada pada cut-scene dan ketika memasuki bangunan. Perbedaan lain antara San Andreas dan pendahulunya adalah mempunyai mode multiplayer (tidak terdapat di versi PC) dan penggantian ‘hidden package’ dengan tag cat spray, memotret tersembunyi, horseshoes (sepatu kuda), dan oyster (kerang) untuk ditemukan.

Kontrol kamera, pertarungan, dan menarget sasaran diubah seperti konsep permainan Rockstar lain, seperti Manhunt, yang juga termasuk unsur stealth yang beragam,[15] juga target crosshair dan sebuah indicator darah target pemain yang berubah dari hijau ke merah kemudian ke hitam tergantung pada darah target. Versi PC mengimplementasikan mouse chording; pemain harus menakan tombol klik kanan untuk mengaktifkan crosshair, dan klik atau tahan tombol mouse kiri untuk menembak atau menggunakan item, seperti kamera.

Pemain sedang perang tembak dengan anggota gang musuh, Ballas.

Sebagai tambahan, pemain dapat berenang dan memanjat tembok untuk kali pertama dalam seri “GTA”.[16] Kemampuan untuk berenang memiliki dampak besar bagi pemain, karena air tidak menjadi halangan yang dapat membunuh pemain (walaupun masih mungkin untuk tenggelam). Untuk daya tembak yang lebih besar, pemain dapat menggunakan 2 senjata sekaligus atau melakukan drive-by shooting pada anggota gang musuh. Juga, dikarenakan karena luasnya San Andreas, pemain dapat menset waypoint untuk membantu pemain mencapai tujuan.

Fitur RPG pada pengembangan karakter[sunting | sunting sumber]

Rockstar juga mengembankan kepribadian dari karakter utam dengan menambahkan berbagai fitur RPG. Baju, aksesoris, perhiasan, dan tato sekarang tersedia untuk dibeli CJ, dan memiliki efek lebih pada reaksi NPC disbanding dengan pakaian di Vice City. Tingkat respek CJ pada perekrutan anggota gangnya bergantung pada penampilan dan aksi yang dilakukan, hal ini juga berlaku pada hubungan dengan pacarnya. Pemain juga harus memastikan CJ untuk makan agar tetap sehat dan berlatih (fitness). Keseimbangan antara makanan dan aktivitas fisik akan mempunyai efek pada penampilannya dan atribut fisiknya.[16]

San Andreas juga mendapatkan kemampuan tertentu seperti menyetir, kemampuan senjata (ketika kemampuan atas senjata tersebut tinggi, maka pemain akan mungkin dapat menggunakan 2 senjata sekaligus), stamina, dan kapasitas paru-paru, yang akan meningkat seiring dengan semakin seringnya menggunakan kemampuan tersebut.[16] CJ juga dapat belajar gaya bertarung jarak dekat yang berbeda (tinju, kungfu, dan kickboxing) pada di setiap gim di tiga kota berbeda. CJ juga bisa bicara dengan pejalan kaki di permainan, mereka dapat merespon positif atau negatif. Menurut Rockstar, ada sekitar 4,200 dialog bicara.[17]

Kendaraan[sunting | sunting sumber]

Secara total, ada lebih dari 200 kendaraan dalam permainan [18] dibandingkan dengan “GTA III” yang hanya kira-kira 85. Kendaraan tambahan termasuk sepeda, buggy, combine harvester, street sweeper, hovercraft, dan yang lain. fisik mobil dan fiturnya mirip dengan Midnight Club seri permainan balapan jalanan, yang memberikan kontrol lebih atas kendaraan ketika di udara juga upgrade nitro dan modifikasi mobil.

Ada beberapa kelas kendaraan yang memiliki fungsinya yang berbeda. Kendaraan Off-road lebih baik ketika melaju di lingkungan yang buruk, sementara mobil balap lebih baik melaju di trek balap atau di jalan. Pesawat jet cepat, tetapi biasanya membutuhkan landas pacu untuk mendarat. Helikopter bisa mendarat hampir dimana saja, tetapi lebih lambat. Pada permainan Grand Theft Auto sebelumnya hanya memilik sedikit pesawat terbang dan sulit untuk diakses dan diterbangkan, San Andreas memiliki 11 pesawat terbang dan helicopter yang lebih menyatukan elemen ini dalam misi permainan. Beberapa kapal baru ditambahkan, sementara yang lain dimodifikasi secara besar.

Penambahan dan perubahan lain[sunting | sunting sumber]

Fitur dan perubahan lain dari permainan Grand Theft Autosebelumnya termasuk:

  • Perang Gang: Pertempuran dengan gang musuh akan terpicu ketika pemain (baik sendirian maupun ditemani oleh anggota gang Grove Street) masuk ke dalam teritori musuh dan membunuh setidaknya 3 anggota gang musuh. Jika pemain sukses bertahan dari 3 gelombang musuh, teritori itu menjadi milik pemain, dan beberapa anggota gang pemain akan muncul di wilayah tersebut. Semakin banyak teritori yang dikuasai pemain, semakin banyak uang yang akan dihasilkan. Kadang-kadang, teritori pemain diserang oleh gang musuh dan harus mengalahkannya agar dapat mempertahankan wilayah tersebut. Saat semua teritori telah dimiliki oleh Grove Street Families, gang musuh tidak akan lagi menyerang pemain .
  • Modifikasi mobil: Sebagian mobil dalam permainan dapat dimodifikasi dan diupgrade pada beragam garasi. Semua modifikasi mobil sebagian besar pada modifikasi visual, sistem nitrous oxide yang memberi mobil dorongan kecepatan ketika diaktifkan; dan hidraulik, yang akan merendahkan ketinggian mobil dan memberikan pemain mengendalikan berbagai macam aspek supensi mobil. Modifikasi umum lain yaitu cat, velg, body kit, side skirt, bumper, dan upgrade sistem stereo.
  • Perampokan/Maling: Melanjutkan tradisi kontroversi seri permainan ini, penyerbuan rumah ini mempunyai potensi menghasilkan uang.[19] Dengan mencuri van khusus merampok, CJ dapat mengendap-endap memasuki rumah penduduk pada malam hari, dan mengambil barang berharga dari penghuni rumah.
  • Keuangan: Sistem keuangan pada permainan ini telah diperluas dibandingkan permainan GTA sebelumnya. Pemain dapat menghabiskan uangnya untuk berjudi, bertato, membeli makanan, dsb. Kekalahan saat berjudi akan memaksa pemain untuk berhutang, yang tentunya akan mengubah warna indikator jumlah uang pada layar dari hijau menjadi merah dengan tanda negatif di sampingnya. Pada saat pemain meninggalkan safehouse, Pemain (CJ) akan mendapat panggilan tak terduga dari orang tak dikenal yang memberitahu tentang hutangnya. Empat anggota geng akan muncul dan menembaki pemain jika ia tidak melunasinya saat orang tersebut sudah menelponnya dua kali.
  • Multiplayer: Rampages telah dimodifikasi agar membuat dua pemain menyeleasaikan rampage tersebut. 2 Pemain akan muncul pada layar yang sama, yang berarti mereka harus berdekatan satu sama lain. Rampage multiplayer dihilangkan dari permainan versi PC. Tetapi untuk versi PC, terdapat mod (modifikasi) sehingga pemain dapat bermain online multiplayer yang disebut dengan Multi Theft Auto: San Andreas dan San Andreas Multiplayer (SA-MP) yang membuat pemain dapat berhubungan dengan ratusan orang secara online melalui beragam peladen dan mode permainan buatan fans.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

San Andreas
—  Negara bagian fiktif  —
Negara bagian San Andreas
Negara Amerika Serikat
Negara bagian San Andreas
Kota Las Venturas
Los Santos
San Fierro
Kode wilayah 342 Los Santos (310/424 Los Angeles)
514 San Fierro (415 San Francisco)
207 Las Venturas (702 Las Vegas)
Situs web Situs Resmi San Andreas

Keadaan[sunting | sunting sumber]

Grand Theft Auto: San Andreas mengambil tempat di Negara bagian San Andreas, yang berdasarkan pada bagian California dan Nevada. Terdapat tiga kota fiktif terbesar: Los Santos merujuk pada kota nyata Los Angeles; San Fierro merujuk pada kota San Francisco; dan Las Venturasdan dikelilingi gurun seperti Las Vegas dan padang gurun Nevada dan Arizona.[16] Pemain dapat mendaki Gunung Chiliad (yang berdasar pada Gunung Diablo, yang memliki ketinggian setengah mil (800 m), dan mengunjungi 12 kota pedesaan yang berlokasi di 3 kabupaten (County): Red County, Flint County, dan Bone County. Tujuan khusu lain termasuk Dam Sherman (berdasar pada Hoover Dam), sebuah markas besar militer rahasia yang disebut Area 69 (berdasar pada Area 51), Sebuah Piringan parabola satelit (berdasar pada piringan Very Large Array), dan masih banyak fitur geografis lain. Luas San Andreas adalah 13.9 mil persegi (36 kilometer persegi),[21] hampir empat kali lebih besar dari Vice City, dan lima kali lebih besar dari GTA III kota Liberty City. Sementara area dalam permainan GTA pendahulu dibatasi pada lokasi urban, San Andreas tidak hanya termasuk kota besar dan suburban, tetapi juga area pedesaan di antara kota besar tersebut.

Los Santos[sunting | sunting sumber]

Los Santos, dilihat dari distrik minoritas (ghetto) Idlewood.

Seperti kehidupan di kota nyata Los Angeles, Los Santos juga terdiri dari berbagai area terpisah. Area ini juga termasuk daerah yang dikuasai oleh gang seperti Ganton, Willowfield, Jefferson, Idlewood dan East Los Santos, sama seperti wilayah sebenarnya yaitu Compton, Willowbrook, Watts, Inglewood, dan East Los Angeles di Los Angeles. Juga terdapat bagian pusat kota yang berdasar pada Downtown Los Angeles; Area distrik Rodeo dan Mulholland yang khusus kalangan kaya, (Rodeo berdasarkan Beverly Hills dan dinamai sesudah Rodeo Drive); Distrik pinggir pantai Santa Maria Beach dan Verona Beach, Virgin Islands didasari oleh Santa Monica dan Venice Beach; dan gemerlapnya Vinewood dan papan tanda raksasa Vinewood masing-masing berdasar pada Hollywood dan Hollywood Sign. Los Santos juga mempunyai landmarks seperti Los Angeles, termasuk Watts Towers, Los Angeles Convention Center, Capitol Tower, Los Angeles City Hall, U.S. Bank Tower, Griffith Observatory, Forum, Santa Monica Pier, Vincent Thomas Bridge, Rodeo Drive, Hollywood Walk Of Fame, Westin Bonaventure Hotel, Grauman's Chinese Theater.

San Fierro[sunting | sunting sumber]

Gant Bridge, dimodel seperti jembatan Golden Gate Bridge di San Francisco.

Seperti bandingannya yaitu San Francisco, San Fierro mempunyai karakteristik keadaan sistem mobil kabel (tram) dan daerah yang berbukit. San Fierro menghadirkan banyak intrepretasi dari distrik dan landmark San Francisco, termasuk distrik Haight-Ashbury (Hashbury), distrik Castro (Queens), Chinatown (“Pecinan”), dan Golden Gate Bridge (Gant Bridge). Beberapa landmark familier dibuat ulang, dari Menara Jam Embarcadero dan Transamerica Pyramid (Big Pointy Building) sampai Lombard Street (Windy Windy Windy Windy Street), dan San Francisco – Oakland Bay Bridge (Garver Bridge). Balai kota San Fierro City Hall sangat mirip dengan Balai kota San Francisco. San Fierro juga mempunyai sisa-sisa Cypress Street Viaduct (“viaduct” jembatan di atas jalan”) yang hancur tahun 1989 saat Gempa bumi Loma Prieta. Markas angkatan laut terletak dekat dengan bandara kota disana juga berlabuh kapal induk (aircraft carrier) dan kapal selam.

Las Venturas[sunting | sunting sumber]

Sebuah kasino di salah satu tempat di Old Las Venturas.

Seperti kota nyata Las Vegas, Las Venturas adalah rumah untuk judi legal dan beberapa kasino. Dalam kasino, pemain dapat bermain blackjack, video poker, roda keberuntungan (wheel of fortune), roulette, atau bermain mesin slot. Selain judi, klub striptis lazim ditemui di Las Venturas. Banyak kasino di Las Vegas dapat ditemui di Las Venturas, termasil Excalibur Hotel and Casino (Come-a-Lot), The Sphinx dan pyramid Luxor Hotel (The Camel's Toe), Treasure Island (Pirates In Men's Pants), The Mirage (The Visage), Circus Circus (The Clown's Pocket), Hard Rock Hotel and Casino (Las Vegas) (V-Rock Hotel, yang dinamai seperti stasiun radio di Vice City), Flamingo Las Vegas (The Pink Swan), Imperial Palace (The Four Dragons Casino), Caesars Palace (Caligula's Casino), Bally's Las Vegas (The High Roller), Barbary Coast Hotel and Casino (Starfish Casino), dan Casino Royale & Hotel (Royal Casino). Landmark lain termasuk Welcome to Fabulous Las Vegas sign dan interpretasi dari Vegas Vic dan Vicki sebagai karakter Vice City yaitu Avery Carrington dan Candy Suxxx.[22] Kamar hotel di beberapa hotel dapat dibeli. Sebagai tambahan, Las Venturas juga dikelilingi wilayah gurun yang luas, area residensial, dan mall, dan area kumuh (Old Venturas Strip ) dengan beberapa klub striptis dan tempat judi yang didasari Las Vegas Downtown.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter yang muncul di San Andreas bermacam-macam dan mempunyai watak tergantung kota dan wilayah yang mereka tempati. Hal ini membuat permainan ini mempunyai garis cerita dan setting yang lebih luas daripada Grand Theft Auto III and Vice City. Pemain mengendalikan Carl "CJ" Johnson, seorang pemuda anggota gang Afrika-Amerika yang berperan sebagai protagonis.

Pada tahap (‘’stage’’) Los Santos, permainan berkisar pada tema pertempuran gang Grove Street Families dengan Ballas dan Vagos untuk memperebutkan teritori dan respek. Gang Asia Timur (lebih dikenal sebagai Triads) dan gang tambahan Vietnam berada pada tahap San Fierro, sementara Tiga keluarga (“The Mafia families”) dan Triads yang memiliki kasinonya masing-masing, lebih jelas diperkenalkan pada tahap permainan Las Venturas.

Seperti permainan GTA sebelumnya, pengisi suara San Andreas memasukkan selebriti terkenal, seperti David Cross, Andy Dick, Ron Foster, Samuel L. Jackson, James Woods, Peter Fonda, Charlie Murphy, Frank Vincent, Chris Penn, Danny Dyer, Sara Tanaka, William Fichtner, rappers Ice T, Chuck D, Frost, MC Eiht dan The Game dan musisi George Clinton, Axl Rose, Sly and Robbie, dan Shaun Ryder.[23] Young Maylay membuat debutnya sebagai pengisi suara protagonis, Carl.

Guinness World Records 2009 Gamer's Edition mendaftarkan permainan ini sebagai permainan video dengan pengisi suara terbanyak, dengan penghargaan bagi 861 aktor suara, termasuk 174 aktor dan tambahan 687 pemeriah, sebagian besar diantarnya adalah penggermar seri permainan GTA yang menginginkan suara muncul di permainan.[24]

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah tinggal Liberty City selama lima tahun, Carl "CJ" Johnson kembali ke Los Santos pada tahun 1992 untuk pemakaman Ibunya. Saat kembali ke rumah ibunya, taksinya disuruh menepi oleh opsir polisi Frank Tenpenny (seorang opsir yang pernah di buat jatuh karirnya oleh carl) dan Eddie Pulaski, yang memiliki beberapa bentrokan dengan Carl sebelum ia pergi ke Liberty City. Opsir kemudian memasukkan Carl ke mobil polisi, menuduh ia atas pembunuhan beberapa anggota polisi, dan kemudian menurunkannya di area gang rival. Ketika Carl dengan mengendarai sepeda sampai ke rumahnya, Ia menemukan bahwa keluarga dan temanya dalam kondisi berantakan. Saudara laki-laki Carl, Sean "Sweet" Johnson menyalahkannya atas kematiannya saudara mereka Brian—dan kematian ibunya Beverly—dan mencaci-maki ia karena meninggalkan gang, Grove Street Families. Agar dapat berdamai lagi dengan kakaknya, Carl melakukan pekerjaan untuk Sweet, dan beberapa kawan anggota gang yaitu Ryder, Big Smoke, dan OG Loc.

Berkat Carl, Grove Street Families kembali dikenal,dan Sweet memaafkan Carl. Ketika Sweet sedang mempersiapkan perang gang dengan rival abadinya, The Ballas, CJ mendapat telpon dari Cesar, pacar saudara perempuannya Kendl, yang menunjukkannya sebuah Green Sabre dan mengungkapkan padanya bahwa Big Smoke dan Ryder beserta dengan Tenpenny terlibat dalam kematian ibu CJ dan rencana Sweet akan gagal karena Sweet dijebak. Carl mencoba memperingatkan Sweet melalui telpon tetapi ia gagal, dan dalam keputus asaan CJ berusaha menyelamatkannya.CJ dapat bertahan cukup lama melawan Ballas sebelum SWAT dan C.R.A.S.H. tiba, pada adegan penahanan Sweet dan Tenpenny membawa Carl jauh ke tempat antah berantah – sebuah desa kecil, Angel Pine, terisolasi antara Los Santos dan San Fierro. Sementara itu, dengan bantuan Ryder dan Big Smoke, Ballas mengambil alih wilayah Los Santos, membanjirinya dengan kokain.

Carl, sadar bahwa Tenpenny adalah satu-satunya harapannya agar tidak dipenjara atau membuat Sweet dibebaskan, kemudian ia melakukan pekerjaan kotor polisi korup, dan mulai membunuh orang-orang yang bisa menjerumuskan Tenpenny ke penjara. Pada saat itu, Carl menjalin pertemanan aliansi, di antaranya pemimpin Triad Cina yang buta dan pengusaha bernama Wu Zi Mu (yang sering dipanggil Woozie oleh CJ), dan seorang hippie tua bernama The Truth. Pada akhirnya Carl dan teman-temannya membuka sebuah garasi di San Fierro seraya menunggu peluang untuk kembali ke Los Santos.

Di San Fierro, Carl menginfiltrasi Loco Syndicate, yang menyuplai Grove Street dengan narkobanya, CJ melakukan pekerjaan dengan anggota utama: Jizzy, kepala gang, T-Bone, the gang's muscle, dan agen pemerintah yang menyamar bernama Mike Toreno, administrator gang. Pada akhirnya Carl membunuh mereka semua, termasuk Ryder. Carl juga melakukan pekerjaan untuk Woozie yaitu membantu Triadnya menyingkirkan masalah dengan gang Vietnam, Da Nang Boys.

Carl kemudian terlibat dalam pekerjaan Toreno, yang selamat dari pertempuran dengan CJ, dan menyatakan bahwa ia akan membebaskan Sweet jika Carl membantunya dalam operasi rahasianya. Setelah berlatih menjadi seorang pilot, CJ kemudian melakukan operasi untuk Toreno. Lalu, Carl diundang oleh Woozie untuk menjadi rekan dalam kasino Triad di Las Venturas, dimana mereka menghadapi pelecehan dari Mafia pengelola kasino Caligula Palace. Akhirnya, Carl mendapat kesempatan untuk memasuki Kasino Caligula setelah The Truth memintanya untuk menyelamatkan Kent Paul dan Maccer, dimana The Truth kehilangan mereka saat perjalanan ke gurun. Kent Paul memperkenalkan Carl pada Manajer Kasino – seorang mantan pengacara bernama Ken Rosenberg, yang sedang dalam depresi karena permusuhan Mafia. Ia mengklaim bahwa jika satu keluarga mafia dihancurkan oleh keluarga lain, ia akan pasti dibunuh. Carl kemudian membantunya menyelamatkan Johnny Sindacco dari tangan Forellis. Tetapi, saat Carl dan Ken mengunjungi Sindaccos mereka harus menghapus seluruh keluarga Sindacco karena Johny mengenali Carl. Pada waktu yang singkat Ken menelpon CJ bahwa Leones menguasai kasino. Kemudian Carl melakukan pekerjaan untuk Salvatore Leone, Don Mafia, untuk memperoleh kepercayaannya sementara merencanakan penyerangan pada kasino Caligula bersama Woozie. Pada saat ini, Carl hidup lebih lama kegunaaannya untuk Tenpenny, yang mencoba, dan gagal, untuk membuat CJ terbunuh. Pada akhirnya, Carl dan Triad sukses merampok Caligula.

Toreno kemudian melakukan janjinya untuk membebaskan Sweet, tetapi Carl terkejut, karena Sweet tidak mau menjadi bagian dari gaya hidup CJ yang baru. Sweet memaksa untuk kembali ke Grove Street dan berusaha untuk mendirikan kembali GSF daripada menikmati kesuksesan Carl. Tenpenny kemudian diadili atas beberapa kejahatan, tetapi dakwaan tersebut dihentikan karena kurangnya bukti, hal ini berkat Carls yang membunuh para saksi atas kejahatan Tenpenny. Pembebasan Tenpenny menyebabkan penduduk kota Los Santos marah dan terjadi kerusuhan di seluruh kota, mirip seperti Kerusuhan Los Angeles 1992. Dikarenakan ketetapan hati Sweet untuk menghancurkan Big Smoke, yang menjadi Bandar narkoba terbesar di kota, Carl harus mengambil alih kembali teritori yang hilang dan memburu para pengkhianat yang bertanggung jawab atas narkoba yang menghancurkan GSF. CJ kemudian membunuh Big Smoke dalam tembak-menembak, kemudian kabur dari istana narkoba yang terbakar dan mengejar Tenpenny, yang kabur dengan uang Smoke.

Sweet dan Carl mengejar melewati jalanan Los Santos sampai Tenpenny kehilangan kendali atas truk pemadam kebakarannya dan akhirnya jatuh dari jembatan. Carl saat itu akan menembak Tenpenny, tetapi sweet menghentikannya, karena hal itu akan mengurangi kecurigaan polisi, jika Tenpenny mati karena luka parah atas kecelakaannya. Tenpenny kemudian mati, dan Keluarga Johnson bersatu kembali. Bersama teman dan aliansinya untuk merayakan kesuksesannya, Carl meninggalkan mereka. Ketika CJ ditanya kemana ia akan pergi ia menjawab, "Fittin' to hit the block, see what's happening” (pergi ke blok, untuk melihat apa yang terjadi).

Kontinuitas dengan permainan Grand Theft Auto lain[sunting | sunting sumber]

Banyak karakter, lokasi, dan elemen fiksi dari permainan Grand Theft Auto sebelumnya kembali muncul di San Andreas. Catalina, Karakter antagonis di GTA III, menemani CJ pada beberapa misi. Claude, karakter protagonis GTA III', juga muncul secara singkat sebagai pacar baru Catalina setelah ia membuang Carl. Kemudian mereka melakukan balapan jalan dengan taruhan, dimana Claude dan Catalina kalah. Catalina memberikan akta (seritifikat) sebuah garasi di San Fierro pada Carl San Fierro daripada pink slip (BPKB) mobil Claude, Cataline menyatakan bahwa, "He needs his car to get to Liberty City" (“Claude membutuhkan mobilnya untuk pergi ke Liberty City”). Dalam beberapa lelucon, banyak perbincangan mengenai penampilan Claude yang bisu, hal ini dikarenakan ia tidak mempunyai adegan bicara di GTA III. Catalina juga terus menelpon Carl sampai akhir permainan untuk membuat Carl cemburu atas jalinan kasihnya yang baru.

Ken Rosenberg dan Kent Paul, dari GTA: Vice City, hadir secara menyolok di beberapa misi Las Venturas yang mempunyai hubungan dengan Salvatore Leone, Bos gang Liberty City yang hadir di GTA III dan Liberty City Stories. Maria, yang kemudian menjadi pacar Salvatore, juga kembali muncul sebagai seorang pelayan di kasino Caligula.

Saat tembak-menembak di Industry pengepakan daging yang dijalankan oleh Sindacco crime Las Venturas, dimana Ken Rosenberg, berada dalam pengaruh kokain, yang berusaha memperkuat relasinya dengan Johnny Sindaco yang baru keluar dari rumah sakit, Ken berteriak, "It's just like old times, Tommy!" (ini seperti masa lampau, Tommy!) (membuat referensi tidak langsung pada karakter protagonis GTA: Vice City, Tommy Vercetti). CJ kemudian menjawab, "Who the fuck is Tommy?!" (Siapa itu Tommy?!).

Pada satu even di dalam permainan, Carl kembali secara singkat ke Liberty City untuk membunuh anggota Mafia Forelli tingkat tinggi di Marco's Bistro, dibawah perintah Salvatore Leone. Misi ini mengambil tempat di bagian tenggara Saint Mark, dimana Carl harus bertarung melawan anggota Mafia yang menyerang CJ di Marco Bistro dan membunuh targetnya di belakang restoran.

Menurut wawancara dengan pengembang, Grand Theft Auto III, Grand Theft Auto: Vice City, Liberty City Stories, Vice City Stories, Grand Theft Auto: Advance, dan Grand Theft Auto: San Andreas adalah bagian dari kanon Grand Theft Auto III, sementara Grand Theft Auto IV adalah seri kanon yang baru dimana terdapat aturan permainan yang berbeda.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Seperti dua permainan seri Grand Theft Auto sebelumnya, San Andreas mempunyai jumlah dan variasi track yang besar yang diambil dari periode waktu permainan ini berada (1992). Soundtrack permainan ini yang terkenal di antaranya The Who, Deodato, The Ohio Players, Toto, Faith No More, Depeche Mode, James Brown, Soundgarden, KISS, Rage Against the Machine, Danzig, Alice in Chains, Marshall Jefferson, Frankie Knuckles, Guns N' Roses, Snoop Dogg, N.W.A., Cypress Hill, 2Pac, Ice Cube, Dr. Dre, Eazy-E, Stone Temple Pilots, Lynyrd Skynyrd, dan Ozzy Osbourne.

San Andreas dilayani oleh 11 stasiun radio; WCTR (talk radio), Master Sounds 98.3 (rare groove, memainkan banyak lagu funk dan soul oleh artis hip-hop tahun 1990an), K-Jah West (dub dan reggae), CSR (New Jack Swing, Modern Soul), Radio X (alternative rock, metal dan grunge), Radio Los Santos (gangsta rap), SF-UR (old school Chicago house music), Bounce FM (funk), K-DST (classic rock), K-Rose (country) dan Playback FM (hip hop klasik).

Sistem musik di San Andreas juga ditingkatkan dari judul permainan sebelumnya. Pada seri permainan awal, setiap radio intinya adalah berkas suara yang diulang-ulang (loop), memainkan lagu, pengumumnan, dan iklan dengan urutan yang sama setiap kali dimainkan. Di San Andreas, setiap segmen terpisah secara jelas, dan “dicampur” secara acak, membuat lagu dimainkan dengan urutan yang berbeda, pengumuman sampai lagu dimainkan berbeda setiap waktu, dan peristiwa plot juga disebutkan di stasiun radio. Sistem ini juga digunakan di Grand Theft Auto IV.

Versi Xbox dan Windows memasukkan tambahan stasiun radio yang mendukung soundtrack buatan dengan memainkan MP3 yang diimpor oleh pengguna.[25]

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan
IGN's Best of 2004 PlayStation 2 Game of the Year,[26] Best PlayStation 2 Action Game,[27] Best Story for PlayStation 2[28]
GameSpot's Best and Worst of 2004 Best PlayStation 2 Game,[29] Best Action Adventure Game,[30] Readers' Choice - Best PlayStation 2 Action Adventure Game,[31] Readers' Choice - PlayStation 2 Game of the Year,[32] Best Voice Acting,[33] Funniest Game[34]
2004 Spike TV Video Game Awards Game of the Year, Best Performance by a Human (Male), Best Action Game, Best Soundtrack

Walaupun permainan ini rilis dahulu untuk PlayStation 2, Grand Theft Auto: San Andreas adalah permainan video paling ditunggu pada tahun 2004, bersama dengan Halo 2. San Andreas dipuji sebagai permainan PlayStation 2 terbaik, dengan skor ulasan rata-rata 95%, menurut Metacritic,[35] “San Andreas” bertengger di peringkat ke lima tertinggi dalam sejarah PlayStation 2. IGN meratifikasi permainan ini dengan skor 9.9/10 (skor tertinggi yang pernah diberikan pada permainan PlayStation 2), menyebut permainan ini "the defining piece of software" untuk PlayStation 2.[20] GameSpot rated the game 9.6/10, giving it an Editor's Choice award.[16] San Andreas juga mendapat ratifikasi A dari 1UP.com network[36] dan skor 10/10 dari Official U.S. PlayStation Magazine. Pujian terutama berasal dari permainan yang tidak berakhir (open-endedness), ukuran Negara bagian San Andreas, alur cerita dan acting suara yang menarik. Kritik terutama berasal dari grafis, model karakter seadanya, tekstur yang rendah resolusinya (low resolution), juga berbagai masala kontrol, sebagian pada masalah auto-aim pada musuh. Beberapa kritik berkomentar dimana banyak konten baru yang ditambah ke San Andreas, yang sedikit yang diolah dan diimplemetasikan dengan baik.[37]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Maret 2005, permainan ini telah terjual lebih dari 12 juta unit hanya dengan penjualan versi PS2 saja.[38] Pada 26 September 2007, Grand Theft Auto: San Andreas telah terjual lebih dari 20 juta unit menurut Take-Two Interactive.[39] Pada 26 Maret 2008, Grand Theft Auto: San Andreas terjual 21,5 juta unit menurut Take-Two Interactive.[40] The Guinness World Records 2009 Gamer's Edition list it as the most successful game in the Playstation 2, with 17.33 million copies sold for that console alone, from a total of 21.5 million in all formats.[24]

Didahului oleh:
Madden NFL 2004
Spike TV Video Game Award' Game of the Year
2004
Diteruskan oleh:
Resident Evil 4

Kontroversi Hot Coffee[sunting | sunting sumber]

Sebuah cuplikan dari permainan mini seks yang dibuka dengan "Hot Coffee mod"

Pada pertengahan Juni 2005, sebuah software patch dengan judul "Hot Coffee mod" dirilis oleh Patrick Wildenborg (dengan nama Internet "PatrickW"), seorang modder berusia 38 tahun dari Belanda. Nama "Hot Coffee" merujuk pada cara untuk melihat adegan seks yang tersembunyi. Pada permainan yang belum dimodifikasi, pemain mengajak pacarnya ke depan pintu rumah sang pacar dan sang pacar meminta pemain masuk ke rumah untuk “segelas kopi”. Jika setuju, kamera tetap berada di luar rumah, dengan guncangan, sementara suara desahan terdengar dari dalam rumah.

Setelah menginstall patch, pemain dapat masuk ke rumah pacar yang dan berjumpa dengan permainan mini sederhana tentang persetubuhan dengan masih memakai baju. Dampak dari kontroversi ini menyebabkan respon public dari politikus di Amerika Serikat dan menyebabkan permainan ini ditarik dan dirilis ulang.

Pada 20 Juli 2005, produksi permainan ini di hentikan sementara dan permainan ini mendapat revisi rating dari ESRB dengan rating Adults Only, membuat San Andreas satu-satunya permainan konsol AO terbesar yang dirilis di Amerika Serikat. Rockstar memberikan distributor pilihan untuk menempelkan stiker rating Adults Only ESRB di setiap kopi permainan, atau mengembalikannya untuk diganti dengan tanpa konten Hot Coffee. Banyak retailers menarik permainan ini dari raknya dikarenakan peraturan tokonya yang melarang penjualan permainan AO. Rockstar North kemudian merilis patch "Cold Coffee" [41] untuk versi PC dan San Andreas rilis ulang dengan rating M. Versi PlayStation 2 dan Xbox juga dirilis ulang di "GTA Trilogy Pack"[42] untuk Xbox dan PlayStation 2, dengan edisi khusus untuk PlayStation 2 yang memasukkan film documenter Sunday Driver.

Pada 8 November 2007 Take-Two mengumumkan pengajuan sebuah penyelesaian kepada pengajuan perkara class action dikarenakan kontroversi Hot Coffee. Jika pengajuan perkara disetujui oleh pengadilan, Take-Two dan Rockstar tidak bisa dimintai pertanggung jawaban atau kesalahan mereka. Konsumen juga dapat menukarkan kopi permainan dengan rating AO untuk versi rating M dan dikenakan biaya untuk penggantian $35 serta harus menanda tangani surat pernyataan..[43]

Sebuah laporan The New York Times pada 25 Juni 2008 mengungkapkan bahwa ada total 2,676 klaim untuk paket kompensasi.[44]

The Introduction[sunting | sunting sumber]

The Introduction, sebuah video in-engine, disediakan dalam sebuah DVD beserta dengan Grand Theft Auto: San Andreas Official Soundtrack, serta Grand Theft Auto: San Andreas Special Edition rilis ulang untuk PlayStation 2. Kronik Film dengan durasi 26-menit menceitakan peristiwa di “San Andreas” dan juga menyediakan wawasan proses pengembangan karakter dalam permainan, sampai pada saat Carl mengetahui kematian Ibunya saat ditelpon oleh Sweet dan kembali ke Los Santos dan mengetahui keluarga dan temannya berantakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas". Xbox Live Marketplace. Diakses December 27, 2008. 
  2. ^ a b "Grand Theft Auto: San Andreas for PlayStation 2 – Release Summary". GameSpot. CNET Networks. Diakses 2008-02-03. 
  3. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas – Release Summary". GameSpot. CNET Networks. Diakses 2008-02-03. 
  4. ^ Twelker, Eric (2007-01-04). "Rockstar Games Brings Full Line-up to Steam". Steam. Valve Corporation. Diakses 2007-01-05. 
  5. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas for Xbox – Release Summary". GameSpot. CNET Networks. Diakses 2008-02-03. 
  6. ^ "GTA San Andreas's Ratings Information". MobyGames. Diakses 2006-08-28. 
  7. ^ "OFLC (New Zealand) Rating". New Zealand Customs Service. Diakses 2006-08-26. 
  8. ^ "Windows System Requirements". Take-Two Interactive. Diakses 2006-08-29. 
  9. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas Game Script". Diakses 2007-03-17. 
  10. ^ Perry, Douglass C (2003). "GTA 4 Date Confirmed". IGN. 
  11. ^ "New Evidence of GTA: Sin City". uk.ps2.ign.com. 2004-01-05. Diakses 2008-05-25. 
  12. ^ Coleman, Stephen (2004). "Grand Theft Auto: San Andreas". IGN. 
  13. ^ "GTA: San Andreas Released in Japan". TheGTAPlace.com. Diakses 2007-01-29. 
  14. ^ "San Andreas Now Available on Xbox Live". Planet Grand Theft Auto. 2008-10-20. Diakses 2008-11-15. 
  15. ^ Greg Kasavin (2004-08-13). "Grand Theft Auto: San Andreas Weekend Update: Robbery and Home Invasion". GameSpot. hlm. 2. Diakses 2008-03-22. 
  16. ^ a b c d e Gerstmann, Jeff (2004-10-25). "Grand Theft Auto: San Andreas review". GameSpot. Diakses 2008-03-22. 
  17. ^ Grand Theft Auto: San Andreas Weekend Update: Street Talking, GameSpot, October 23, 2004
  18. ^ http://www.g-unleashed.com/index.php?cat=16&pid=27&page=vehicle_images
  19. ^ Greg Kasavin, Grand Theft Auto: San Andreas Weekend Update: Robbery and Home Invasion, GameSpot, August 13, 2004
  20. ^ a b Dunham, Jeremy (2004-10-25). "Grand Theft Auto: San Andreas review". IGN. Diakses 2008-03-22. 
  21. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas Q&A - Under the Hood, GameSpot, June 1, 2005". Diakses 2008-01-11. 
  22. ^ "Super Signage - NEVADA (page 1)". Diakses 2007-03-17. 
  23. ^ "Full credits for Grand Theft Auto: San Andreas (2004)". Internet Movie Database. Diakses 2007-01-19. 
  24. ^ a b Guinness World Records (ed.). Guinness World Records 2009 Gamer's Edition. hlm. 108–109. ISBN 1904994459 Check |isbn= value (help). 
  25. ^ Gerstmann, Jeff (2005-06-07). "Grand Theft Auto: San Andreas review for Xbox". GameSpot. hlm. 1. Diakses 2008-03-21. 
  26. ^ "IGN's Best of 2004: PS2 Game of Year". Diakses 2007-03-17. 
  27. ^ "IGN's Best of 2004: PS2 Action-Adventure Game". Diakses 2007-03-17. 
  28. ^ "IGN's Best of 2004: PS2 Best Story". Diakses 2007-03-17. 
  29. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Best PlayStation 2 Game". Diakses 2007-03-17. 
  30. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Best Action-Adventure Game". Diakses 2007-03-17. 
  31. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004 - Reader's Choice: Best PS2 Action Adventure Game". Diakses 2007-03-17. 
  32. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004 - Reader's Choice: PS2 Game of the Year". Diakses 2007-03-17. 
  33. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Best Voice Acting". Diakses 2007-03-17. 
  34. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Funniest Game". Diakses 2007-03-17. 
  35. ^ GTA: San Andreas (PS2) at Metacritic
  36. ^ "GTA: San Andreas reviews". 1UP.com. 
  37. ^ "GamePro review". Diakses 2007-03-17. 
  38. ^ "Take-Two Interactive Software, Inc. Reports First Quarter Fiscal 2005 Financial Results". Take-Two Interactive. 2005-03-03. Diakses 2007-11-01. 
  39. ^ "Take-Two Interactive Software at Piper Jaffray Second Annual London Consumer Conference" (Webcast: Windows Media Player, Real Player). Thomson Financial. 2007-09-26. Diakses 2007-10-29. "Grand Theft Auto III launched in 2001 and sold over 12 million units. We then shipped another sequel in 2002 which sold over 15 million units, Grand Theft Auto: Vice City. And then in 2004 we shipped Grand Theft Auto: San Andreas, which sold a remarkable 20 million units..." 
  40. ^ "Recommendation of the Board of Directors to Reject Electronic Arts Inc.'s Tender Offer" (PDF). Take-Two Interactive Software, Inc. 2008-03-26. hlm. 12. Diakses 2008-04-01. 
  41. ^ No More Hot Coffee, Rockstar Games, 2005
  42. ^ Tim Surette, GTA gets trilogized, San Andreas special edition, GameSpot, September 23, 2005
  43. ^ Androvich, Mark (2007-11-08). "Take-Two settles "Hot Coffee" lawsuits". Gamesindustry.biz. Diakses 2007-11-09. 
  44. ^ NY Times Advertisement

Pranala luar[sunting | sunting sumber]