Grand Prix Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Grand Prix Brazil)
Grand Prix Brasil
Grand Prix São Paulo
Autódromo José Carlos Pace
(Sebentar-sebentar, 1972–1980, 1990–sekarang)
Informasi lomba
Jumlah gelaran51
Pertama digelar1972
Terbanyak menang (pembalap)Prancis Alain Prost (6)
Terbanyak menang (konstruktor)Britania Raya McLaren (12)
Panjang sirkuit4.309 km (2.677 mi)
Jarak tempuh305.879 km (190.064 mi)
Lap71
Balapan terakhir (2023)
Pole position
Podium
Lap tercepat

Grand Prix Brasil (dalam bahasa Portugis: Grande Prêmio do Brasil), pada saat ini digelar dengan nama Grand Prix São Paulo sejak musim 2021[1] (dalam bahasa Portugis: Grande Prêmio de São Paulo), merupakan salah satu seri dalam Kejuaraan Dunia Formula Satu yang digelar di sirkuit Autódromo José Carlos Pace di Interlagos, yang merupakan distrik dari kota São Paulo, Brasil. Balapan Grand Prix Brasil mulai digelar pada tahun 1972, dan menjadi salah satu balapan tradisi dalam seri GP F1. Sejak tahun 2005, balapan Grand Prix Brasil sering menjadi penentu dari perebutan gelar juara dunia.

Awal mula[sunting | sunting sumber]

Circuito da Gávea 1934.

Balapan bermotor dimulai di Brasil sebelum Perang Dunia II, dengan balapan di sirkuit jalanan Gávea sejauh 11.161 km (6.935 mi) di Rio de Janeiro dimulai pada tahun 1934. Pada tahun 1936, konstruksi dimulai di autodrome permanen pertama Brasil di lingkungan São Paulo Interlagos di Brasil, dan selesai pada tahun 1940. Brasil mengadakan Grand Prix selama bagian awal Perang Dunia II di Interlagos dan Gavea. Interlagos, sirkuit yang terinspirasi oleh tata letak Roosevelt Raceway di Amerika Serikat, dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai sirkuit yang tangguh dan menuntut dengan banyak tikungan yang menantang, perubahan ketinggian, permukaan yang kasar, dan sedikit ruang untuk kesalahan.

Formula Satu[sunting | sunting sumber]

Peta semua lokasi Grand Prix Brasil.

Interlagos, São Paulo[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Brasil pertama kali diadakan pada tahun 1972 di Interlagos, meskipun itu bukan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu. Tipikal olahraga bermotor di benua Eropa kala itu, balapan ini dilakukan sebagai ujian untuk meyakinkan FIA jika sirkuit Interlagos dan penyelenggaranya mampu menyelenggarakan Grand Prix. Seperti kebanyakan sirkuit utama yang digunakan untuk Grand Prix di kawasan Amerika Latin, seperti Autodromo Hermanos Rodríguez di Kota Meksiko, Interlagos dulu (dan masih) terletak di lingkungan perkotaan yang luas di kota yang sangat besar. Pada musim berikutnya, bagaimanapun, balapan ini pertama kali dimasukkan ke dalam kalender resmi, dan berhasil dimenangkan oleh juara dunia bertahan dan penduduk asli São Paulo, yaitu Emerson Fittipaldi. Pada musim 1974, Fittipaldi berhasil menang lagi dalam kondisi yang basah kuyup, dan pada musim berikutnya, penduduk asli São Paulo yang lainnya, yaitu Carlos Pace, berhasil memenangkan balapan dengan mobil Brabham miliknya, diikuti oleh Fittipaldi. Grand Prix Brasil 1977 berhasil dimenangkan oleh Reutemann, tetapi para pembalap mulai mengeluhkan permukaan Interlagos yang sangat kasar, dan balapan tersebut kemudian dipindahkan selama satu tahun ke sirkuit Jacarepaguá yang baru di kota Rio de Janeiro.

Setelah setahun di Rio, balapan ini kembali lagi ke Interlagos, dengan fasilitas baru yang ditingkatkan untuk dua musim berikutnya; balapan ini berhasil dimenangkan oleh Jacques Laffite untuk menyelesaikan penaklukan dirinya dan tim Ligier atas putaran pembukaan di kawasan Amerika Selatan di Argentina dan Brasil. Namun, permukaan Interlagos masih sangat bergelombang. Pengaturan asli dari musim 1978 dan seterusnya adalah untuk mengadakan Grand Prix Brasil secara selang-seling antara sirkuit São Paulo dan Rio; balapan pada musim 1980 pada awalnya seharusnya diadakan di Jacarepaguá, tetapi bagian dari sirkuit itu (yang pada awalnya dibangun di atas rawa) mulai tenggelam ke tanah lunak, dan sirkuit tersebut hancur parah, sehingga Grand Prix 1980 dipindahkan ke Interlagos. Namun, pada saat ini, populasi São Paulo telah meningkat dari 5 menjadi 8 juta dalam kurun waktu 10 tahun; area di sekitar trek menjadi semakin rusak, dan di sekitar sirkuit tidak terlihat bagus untuk ajang Formula Satu, yang berkat tayangan televisi di seluruh dunia menjadi tontonan yang glamor. Ajang Formula Satu pada awalnya seharusnya kembali lagi ke Interlagos untuk musim 1981 setelah permukaan lintasan di sana akan diaspal ulang; ternyata ajang F1 kembali lagi setahun terlalu dini. Para pembalap tidak puas dengan kondisi keselamatan sirkuit Interlagos 7.873 km (4.892 mi) yang sangat bergelombang yang tidak diubah setelah perbaikan tahun sebelumnya. Mobil sayap ground-effect pada tahun itu memiliki kecenderungan untuk memantul ke atas dan ke bawah berkat hisapan yang diciptakan oleh bagian bawah bodi mobil yang berbentuk sayap, dan suspensi mereka lebih kaku dari sebelumnya; jadi mobil rapuh ini hampir tidak bisa mentolerir trek yang kasar dan sangat tidak nyaman untuk dikendarai. Permukaan yang buruk sangat kasar sehingga benturan tersebut menyebabkan masalah mekanis pada beberapa mobil. Selain itu, pengaturan penghalang dan pagar pembatas tidak cukup memadai untuk ajang Formula Satu. Jody Scheckter berusaha untuk menghentikan balapan, tetapi ini tidak berhasil, dan balapan ini pada akhirnya berhasil dimenangkan oleh pembalap asal Prancis, yaitu René Arnoux. Dengan citra Formula Satu yang lebih glamor, yang lebih cocok untuk kota Rio de Janeiro yang berpenampilan lebih baik, maka sirkus F1 kembali ke Rio lagi, dan sirkuit tersebut menjadi tuan rumah era turbo tahun 1980-an.

Jacarepaguá, Rio de Janeiro[sunting | sunting sumber]

Pada musim 1978, Grand Prix Brasil pindah ke Jacarepaguá di Rio de Janeiro. Carlos Reutemann dari Argentina mendominasi dengan mobil Ferrari-nya yang dilengkapi dengan ban Michelin yang superior. Ini terbukti menjadi kemenangan pertama bagi perusahaan asal Prancis tersebut di dalam ajang Formula Satu. Reutemann diikuti oleh favorit tuan rumah, yaitu Fittipaldi, dan juara bertahan, yaitu Niki Lauda.[2]

Setelah kemunculan pembalap asal kota Rio de Janeiro pada musim 1980, yaitu Nelson Piquet, penurunan Interlagos, dan pensiunnya Fittipaldi, para penggemar Brasil melobi untuk menjadi tuan rumah GP Brasil di kota asal Piquet. Sirkuit datar Jacarepaguá, seperti Interlagos sebelumnya, terbukti sangat menuntut: sebagian besar tikungan panjang dan cepat, beberapa sedikit berbelok dan trek memiliki permukaan yang sangat abrasif. Karena kalender FIA, yang selalu memiliki GP Brasil di awal musim, sehingga di musim panas belahan bumi selatan dan cuaca tropis Rio, maka sebagian besar balapan diadakan di bawah suhu dan kelembapan yang sangat tinggi. Karena semua keadaan itu, Grand Prix di Rio sangat menuntut, dan sebagian besar pembalap yang berhasil memenangkannya pada akhirnya mengalami kelelahan.

Pada musim 1981, Carlos Reutemann tidak mematuhi perintah tim untuk membiarkan rekan setimnya, yaitu Alan Jones, untuk lewat, dan berhasil meraih kemenangan; pada musim berikutnya, Piquet berhasil finis di posisi ke-1 dan Keke Rosberg finis di urutan ke-2, tetapi karena perang FISA–FOCA, Piquet dan Rosberg sama-sama didiskualifikasi karena kekurangan berat badan dalam pemeriksaan pasca-balapan, dan kemenangan balapan diberikan kepada posisi ke-3 Alain Prost, yang akan menang di Jacarepaguá sebanyak 4 kali lebih banyak (sehingga mendapat julukan "Raja Rio"). Perlombaan ini juga melihat Riccardo Patrese asal Italia pensiun karena kelelahan fisik (kejadian yang sangat jarang terjadi di dalam ajang F1, tetapi cukup umum di Rio). Piquet berhasil menang pada musim 1983 dan 1986, dan balapan pada musim 1988 sangat terkenal, karena seorang bintang pendatang baru, yaitu Ayrton Senna, memulai perlombaan ini dari pit-lane dalam balapan pertamanya untuk tim McLaren; dia memulai serangan hebat yang membawanya naik ke posisi kedua di belakang rekan setimnya, yaitu Prost; tetapi dia didiskualifikasi karena beralih ke mobil cadangannya setelah pawai parade dimulai. Balapan pada musim 1989 adalah balapan terakhir di Jacarepaguá. Balapan itu berhasil dimenangkan oleh pembalap asal Inggris, yaitu Nigel Mansell, dengan mobil Ferrari-nya, di Grand Prix pertama yang dimenangkan oleh mobil dengan girboks semi-otomatis, dan juga dimenangkan oleh pembalap asal Jerman, yaitu Bernd Schneider, dan pembalap asal Amerika Serikat, yaitu Eddie Cheever, bertabrakan, dan Cheever pingsan dua kali setelah dia keluar dari mobilnya karena kelelahan.

Kembali ke Interlagos yang baru[sunting | sunting sumber]

Kesuksesan penduduk asli São Paulo, yaitu Ayrton Senna, sejauh ini di dalam ajang Formula Satu, membuat pejabat kota bekerja keras untuk mengubah sirkuit Interlagos dengan investasi $15 juta untuk mempersingkat dan memuluskan sirkuit. Di musim 1990, Grand Prix ini kembali lagi ke Interlagos yang dipersingkat, di mana ia bertahan sejak saat itu. Sirkuit Interlagos telah menciptakan beberapa balapan paling menarik dan berkesan dalam sejarah ajang Formula Satu baru-baru ini, dan dianggap sebagai salah satu sirkuit yang paling menantang dan menarik di dalam kalender F1.

Balapan pertama di Interlagos yang baru pada musim 1990 berhasil dimenangkan oleh Alain Prost, yang berhasil memenangkan balapan yang ke-40 dalam karirnya (terbanyak pada saat itu) dan Grand Prix Brasil yang ke-6. Itu bukan kemenangan yang populer, karena peristiwa di Grand Prix Jepang pada musim sebelumnya masih segar di benak banyak orang Brasil: Prost dianggap telah diberi gelar Kejuaraan Dunia Pembalap oleh presiden FIA, yaitu Jean-Marie Balestre, dengan mengorbankan Senna setelah Senna didiskualifikasi dari perlombaan di Jepang. Pembalap asal Brasil, favorit tuan rumah, finis ke-3 di Brasil setelah memimpin sebagian besar balapan, tetapi kemudian menabrak backmarker dan mantan rekan setimnya, yaitu Satoru Nakajima, di tim Tyrrell. Grand Prix Brasil 1991 menyaksikan Senna yang patriotik secara emosional berhasil memenangkan Grand Prix Brasil pertamanya. Girboks manual di dalam mobil McLaren-nya kehilangan gigi dengan cepat dan mendekati akhir, dia hanya memiliki gigi ke-6 yang tersisa. Hal ini membuat mobil menjadi jauh lebih sulit dan menuntut secara fisik untuk dikendarai, tetapi dia akhirnya berhasil menang dengan menahan laju pembalap Williams, yaitu Riccardo Patrese. Kelelahannya begitu tinggi sehingga harus dikeluarkan dari mobilnya. Grand Prix Brasil 1992 melihat Mansell mendominasi akhir pekan dan sisa musim. Grand Prix Brasil 1993 adalah perlombaan variabel; hujan mulai turun deras di awal balapan, dan Prost, yang sekarang mengendarai mobil Williams, mengalami kecelakaan langka di jalur lurus utama dan berhenti. Senna kemudian berhasil memenangkan McLaren dari rekan setim Prost, yaitu Damon Hill. Grand Prix Brasil 1994 melihat Senna, yang sekarang membalap untuk tim Williams, memutar mobilnya yang bandel melewati Juncao di akhir balapan. Dia berada di posisi ke-2, mencoba mengejar Michael Schumacher asal Jerman, yang kemudian berhasil menang. Senna akan kehilangan nyawanya dalam sebuah kecelakaan fatal di Grand Prix San Marino di awal musim itu. Grand Prix Brasil 1995 adalah balapan yang sangat kontroversial yang pada awalnya membuat mobil pemenang balapan, yaitu Schumacher, dan pembalap asal Inggris, yaitu David Coulthard, dikecualikan karena tampaknya menggunakan bahan bakar ilegal selama balapan, tetapi kemudian diaktifkan kembali. Grand Prix Brasil 1996 melihat Damon Hill berhasil memenangkan balapan pertamanya dari 8 balapan pada musim itu. Pada Grand Prix Brasil 1997, terjadi kecelakaan di awal yang melibatkan 4 mobil, dan Jacques Villeneuve asal Kanada keluar jalur di tikungan pertama; balapan ini sempat dihentikan dan dimulai kembali, dan Villeneuve melompat ke mobil cadangan dan berhasil memenangkan balapan. Grand Prix Brasil 1998 melihat kontroversi seputar tim McLaren - Ferrari yang memprotes sistem pengereman mobil mereka, dan kemudian dilarang dari Grand Prix Brasil, meskipun telah disetujui sebanyak 4 kali oleh delegasi teknis FIA, yaitu Charlie Whiting. Hal tersebut tidak menjadi masalah: pembalap asal Finlandia dan tim McLaren, yaitu Mika Häkkinen, tetap berhasil memenangkan balapan. Grand Prix Brasil 1999 melihat pembalap lokal, yaitu Rubens Barrichello, memimpin jalannya lomba untuk beberapa waktu, sampai mesin di mobilnya rusak, dan Hakkinen berhasil menang lagi.

Penonton Grand Prix Brasil 2004.

Grand Prix 2001 terkenal karena menandai ledakan kedatangan Juan Pablo Montoya ke dalam kancah Formula Satu. Pembalap asal Kolombia itu secara memukau berhasil melewati Michael Schumacher sejak awal, dan memimpin jalannya balapan dengan mudah, sampai sebuah insiden di mana Jos Verstappen dari tim Arrows menabrak bagian belakang mobil Williams-BMW miliknya, dan mengakhiri balapannya. Montoya pada akhirnya membaringkan hantu acara ini dengan memenangkan balapan pada musim 2004 di Grand Prix terakhirnya untuk tim Williams, sebelum pindah ke tim McLaren, dengan menahan laju rekan setimnya di masa depan, yaitu Kimi Räikkönen, untuk meraih kemenangan yang telah diperjuangkan dengan susah payah. Balapan pada musim 2001 juga terkenal karena dua bersaudara, yaitu Michael dan Ralf Schumacher, saling berbagi barisan di grid start untuk yang pertama kalinya.

Grand Prix Brasil baru-baru ini yang sangat berkesan termasuk balapan pada musim 2003, yang menyaksikan kemenangan perdana Grand Prix, sangat tidak terduga, dan di tengah keadaan yang kacau dan tidak biasa, untuk pembalap Jordan, yaitu Giancarlo Fisichella. Hujan deras sebelum dan selama balapan menimbulkan masalah dengan pemilihan ban, yang membuat banyak tim tersingkir, yang memungkinkan tim Minardi yang lemah memiliki peluang nyata untuk meraih kemenangan satu-satunya di dalam ajang Formula Satu, karena mereka adalah satu-satunya tim yang bersiap untuk balapan yang berlangsung dalam kondisi hujan, tetapi pembalap mereka juga segera keluar. Dan kondisi trek yang berbahaya menyebabkan banyak pembalap keluar dari balapan, termasuk Juara Dunia bertahan pada saat itu, yaitu Michael Schumacher, yang sekaligus juga mengakhiri rangkaian finis balapan yang luar biasa sejak Grand Prix Jerman 2001. Di tengah-tengah ini, sejumlah pembalap, termasuk Kimi Räikkönen dan David Coulthard dari tim McLaren, memimpin jalannya balapan, dan, ketika kecelakaan berat yang melibatkan Fernando Alonso dari tim Renault memblokir sirkuit dan mengeluarkan bendera merah, kebingungan pun muncul. Fisichella memimpin jalannya balapan pada saat itu, di mana dia baru saja berhasil menyusul Räikkönen; namun, sang pembalap asal Finlandia-lah yang pada akhirnya dinyatakan sebagai pemenang balapan berdasarkan aturan yang menetapkan bahwa hasil balapan dalam keadaan seperti itu harus diambil dari urutan balapan dua putaran sebelum balapan dihentikan. Keputusan ini dibatalkan beberapa hari kemudian di Pengadilan Banding FIA di Paris setelah sebuah bukti baru terungkap yang membuktikan bahwa Fisichella telah melewati garis finis untuk yang kedua kalinya "sebelum" kecelakaan yang menimpa Alonso, dan karenanya merupakan pemenang yang sah. Balapan pada musim 2004 menandai untuk yang pertama kalinya sejak balapan ini masuk ke dalam kalender Kejuaraan Formula Satu, bahwa balapan itu bukan salah satu dari tiga putaran pertama dalam sebuah musim kejuaraan.

Autódromo José Carlos Pace, tempat penyelenggaraan Grand Prix Brasil.
Mobil keselamatan di Grand Prix Brasil 2006.

Fernando Alonso berhasil menjadi Juara Dunia Formula Satu termuda di Grand Prix Brasil 2005, di mana tempat ketiga yang berhasil diraih olehnya di belakang pemenang balapan ini, yaitu Juan Pablo Montoya, dan saingan utamanya di Kejuaraan Dunia Pembalap, yaitu Kimi Räikkönen, sudah cukup untuk merebut gelar juara dunia dengan dua balapan yang masih tersisa.

Untuk musim 2006, Grand Prix Brasil, sama seperti balapan pada musim 2004, dipindahkan ke posisi prestisius sebagai tuan rumah babak final di musim ini, yang merupakan perpisahan pertama Michael Schumacher ke dalam ajang Formula Satu, sebelum kembali lagi untuk musim 2010. Memulai balapan ini dari posisi ke-10 di grid, Schumacher berhasil melakukan pekerjaan yang luar biasa pada balapan terakhirnya. Ia sempat turun ke posisi ke-19 pada putaran kesembilan karena ban kempes akibat mengalami sebuah tabrakan kecil dengan Giancarlo Fisichella pada saat yang pertama mencoba untuk menyalip yang terakhir. Setelah masuk ke dalam pit untuk ban baru, ia kembali lagi ke balapan, tepat di depan pemimpin lomba ini, yaitu Massa, sehingga hampir saja dijilat, lalu berhasil melewati beberapa pembalap untuk merebut bendera kotak-kotak untuk finis di posisi keempat, setelah melakukan manuver menyalip yang memukau terhadap Kimi Räikkönen. Penampilannya tidak cukup untuk memberi 'Schumi' trofi juara dunia yang kedelapan untuknya, karena Fernando Alonso, yang hanya membutuhkan satu poin saja untuk menjadi Juara Dunia lagi, berhasil finis di posisi kedua. Pembalap asal Brasil, yaitu Felipe Massa, berhasil mengambil posisi terdepan, dan memimpin jalannya balapan ini dari awal hingga akhir, untuk mendapatkan kemenangan yang kedua di dalam karirnya, dan disambut oleh perayaan dari para pendukungnya di Brasil.

Pada bulan Maret 2008, walikota São Paulo secara resmi telah mengumumkan bahwa dia telah menandatangani sebuah kontrak yang baru dengan Bernie Ecclestone untuk melanjutkan penyelenggaraan Grand Prix Brasil. Kesepakatan ini memungkinkan balapan di Brasil berada di dalam kalender hingga musim 2015. Dengan ini, maka Interlagos pun bersiap untuk perbaikan besar dalam fasilitas pit dan juga paddock-nya.[3]

Pada balapan terakhir musim 2008 di Brasil, Lewis Hamilton berhasil menjadi Juara Dunia Formula Satu termuda hingga saat itu dalam sejarah ajang Formula Satu. Setelah mengadopsi strategi konservatif tanpa risiko untuk sebagian besar balapan untuk mengamankan setidaknya tempat ke-5, dan gelar juara dunia, hujan deras di akhir balapan menyebabkan masalah yang tidak terduga. Pertama, Hamilton didorong ke posisi ke-5 oleh pembalap Toyota asal Jerman, yaitu Timo Glock, yang tidak masuk ke dalam pit untuk ban perantara seperti kebanyakan pembalap di barisan depan yang lainnya. Dengan hanya 3 putaran tersisa, Sebastian Vettel kemudian juga berhasil menyalip pembalap asal Inggris itu di trek, yang berarti ia akan berakhir dengan poin yang sama dengan Massa, tetapi dengan satu kemenangan lebih sedikit. Sementara semua orang fokus pada pertarungan antara keduanya (Vettel berhasil tetap di depan pada akhirnya), di luar perkiraan, keduanya mampu menyalip Glock, yang kehilangan semua cengkeraman dengan ban cuaca keringnya, di tikungan terakhir sebelum akhirnya finish di trek lurus. Artinya, sementara saingan gelar Kejuaraan Dunia Pembalap McLaren tersebut, yaitu Felipe Massa, berhasil memenangkan balapan dengan mobil Ferrari-nya, Hamilton pada akhirnya berhasil meraih tempat kelima yang dia butuhkan untuk menjadi juara dunia. Fernando Alonso dari tim Renault, juara dunia termuda sebelumnya, berada di urutan kedua, di depan rekan setim Massa, yaitu Kimi Räikkönen, dan Sebastian Vettel dari tim Toro Rosso.

Balapan pada musim 2009 menentukan Juara Dunia Pembalap yang lainnya, dengan Jenson Button di tim Brawn yang berhasil finis di urutan ke-5 untuk mengamankan satu-satunya gelar Kejuaraan Dunia Pembalapnya atas Vettel, yang sekarang membalap untuk tim Red Bull, yang finis di posisi ke-4; Rekan setim Vettel asal Australia, yaitu Mark Webber, berhasil memenangkan balapan ini di depan pembalap asal Polandia, yaitu Robert Kubica. Grand Prix Brasil 2010 menyaksikan sesi kualifikasi berlangsung dalam kondisi basah, dan Nico Hülkenberg asal Jerman melaju dengan putaran yang menakjubkan untuk menempatkan tim Williams yang tidak kompetitif di posisi terdepan. Rekan senegaranya, yaitu Vettel, berhasil memenangkan balapan ini di depan Webber, dan balapan ini memberi tim Red Bull gelar Kejuaraan Dunia Konstruktor, dan itu membuat duel 4 pembalap untuk gelar Kejuaraan Dunia Pembalap ditentukan di babak final di Abu Dhabi. Grand Prix Brasil 2011 melihat tim Red Bull berhasil meraih posisi 1–2 yang lainnya, tetapi kali ini Webber yang berhasil menang dari Vettel, yang telah berhasil memenangkan gelar Kejuaraan Dunia Pembalap keduanya di Jepang pada awal bulan Oktober di musim itu. Grand Prix Brasil 2012 adalah sebuah balapan klasik yang lainnya, di mana Vettel kali ini harus bertarung dengan pembalap Ferrari asal Spanyol, yaitu Fernando Alonso. Setelah melakukan start yang sangat buruk, yang menjatuhkannya ke urutan ke-22, dia naik ke urutan ke-6, yang cukup untuk membuatnya memenangkan gelar Kejuaraan Dunia Pembalapnya untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Balapan ini juga terkenal sebagai balapan F1 yang terakhir bagi Michael Schumacher: pembalap legendaris asal Jerman itu kembali lagi ke dalam ajang Formula Satu bersama dengan tim Mercedes pada musim 2010, tetapi dia tidak berhasil memenangkan satu balapan pun – sebuah kejutan yang besar, mengingat dia adalah pembalap F1 yang paling sukses dalam sejarah. Grand Prix Brasil 2013 melihat Vettel berhasil memenangkan balapan untuk yang ke-9 kalinya secara berturut-turut pada musim itu, yang mana itu merupakan sebuah rekor yang baru. Grand Prix Brasil 2014 melihat duo Mercedes yang benar-benar dominan, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton berhasil finis di posisi 1-2 dalam balapan ini. Grand Prix Brasil 2015 melihat Rosberg berhasil menang lagi; dia telah menghabiskan sebagian besar musim itu dengan demoralisasi dan atas belas kasihan rekan setimnya, yaitu Hamilton, yang telah berhasil memenangkan gelar Kejuaraan Dunia Pembalap untuk yang ke-3 kalinya. Grand Prix Brasil 2016 melihat dominasi tim Mercedes yang berlanjut, tetapi Hamilton yang berhasil menang, dengan Rosberg yang finis di urutan kedua. Akan tetapi, kemenangan tim Mercedes pada hari itu dibayangi oleh hujan lebat, beberapa kecelakaan, dan perjalanan yang menakjubkan dari remaja asal Belanda, yaitu Max Verstappen, yang merupakan putra dari mantan pembalap F1, yaitu Jos Verstappen, yang mengendarai mobil Red Bull-nya dari posisi ke-16 ke posisi ke-3 dalam 15 putaran setelah timnya merusak strategi bannya.

Pada tanggal 10 Oktober 2013, diumumkan secara resmi bahwa kontrak Grand Prix Brasil telah diperpanjang hingga musim 2022,[4] dengan perpanjangan lebih lanjut pada bulan November 2020, yang diperpanjang hingga musim 2025.[5][6]

Balapan pada musim 2020 yang telah dijadwalkan dibatalkan oleh Manajemen Formula Satu pada bulan Juli tahun itu karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, membuat promotor balapan Interlagos marah, yang mengatakan bahwa kerugian yang akan mereka buat karena hal ini, dan hal itu bisa berarti akhir dari balapan Formula Satu di tempat tersebut dalam jangka panjang.[7][8] Namun, ajang Formula Satu akan kembali lagi ke Interlagos pada musim 2021, dengan Lewis Hamilton yang, setelah didiskualifikasi dari sesi kualifikasi karena pelanggaran teknis pada mobilnya, berhasil memenangkan balapan utama setelah memulai balapan ini dari barisan belakang.

Sebanyak lima pembalap asal Brasil telah berhasil memenangkan Grand Prix Brasil, dengan Emerson Fittipaldi, Nelson Piquet, Ayrton Senna, dan Felipe Massa yang masing-masing menang sebanyak dua kali, dan Jose Carlos Pace berhasil menang sekali. Kemenangan terbanyak yang pernah diraih oleh pembalap asal Prancis, yaitu Alain Prost, yang telah berhasil memenangkan balapan sebanyak 6 kali (termasuk 5 kali di Jacarepaguá). Pembalap asal Argentina, yaitu Carlos Reutemann, dan Michael Schumacher, sama-sama berhasil menang sebanyak 4 kali.

Rumor akan kembali lagi ke Rio de Janeiro[sunting | sunting sumber]

Pada musim semi 2019, Jair Bolsonaro, selaku Presiden Brasil, secara resmi mengumumkan bahwa Grand Prix Brasil akan dipindahkan kembali lagi ke Rio de Janeiro.[9] Karena sirkuit Jacarepaguá telah dihancurkan untuk pembangunan fasilitas Olimpiade Musim Panas 2016, maka sebuah sirkuit baru akan dibangun di Deodoro, lingkungan Rio de Janeiro.[9] Namun, hal ini dibantah oleh manajer komersial Formula Satu, yaitu Sean Bratches.[10]

Pada bulan November 2020, sebuah kesepakatan ditandatangani yang akan membuat ajang Formula Satu terus balapan di Interlagos hingga musim 2025, meskipun dengan menggunakan judul Grand Prix São Paulo.[11][12] Ini adalah pertama kalinya balapan tersebut dikenal sebagai Grand Prix São Paulo. Kontrak balapan ini kemudian ditangguhkan pada bulan Januari 2021.[13][14] Juga pada bulan Januari 2021, dengan konfirmasi resmi pada bulan Februari 2021, Walikota Rio de Janeiro yang baru terpilih, yaitu Eduardo Paes, mengonfirmasi bahwa rencana pembangunan sirkuit baru di Deodoro telah dibatalkan, dengan janji untuk menemukan tempat baru yang cocok untuk pembangunannya.[15][16]

Para pembalap Formula 1 juga menyatakan keprihatinan mereka terhadap lingkungan tentang proyek tersebut, dan Lewis Hamilton berkata bahwa, 'Saya tidak berpikir itu langkah yang cerdas. Ada krisis global dengan deforestasi.’[17]

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Banyak pemenang (pembalap)[sunting | sunting sumber]

Pembalap dalam huruf tebal bersaing di kejuaraan Formula Satu musim ini.
Latar belakang merah jambu menandakan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Jumlah kemenangan Pembalap Tahun menang
6 Prancis Alain Prost 1982, 1984, 1985, 1987, 1988, 1990
4 Argentina Carlos Reutemann 1972, 1977, 1978, 1981
Jerman Michael Schumacher 1994, 1995, 2000, 2002
3 Jerman Sebastian Vettel 2010, 2013, 2017
Britania Raya Lewis Hamilton 2016, 2018, 2021
2 Brasil Emerson Fittipaldi 1973, 1974
Brasil Nelson Piquet 1983, 1986
Britania Raya Nigel Mansell 1989, 1992
Brasil Ayrton Senna 1991, 1993
Finlandia Mika Häkkinen 1998, 1999
Kolombia Juan Pablo Montoya 2004, 2005
Brasil Felipe Massa 2006, 2008
Australia Mark Webber 2009, 2011
Jerman Nico Rosberg 2014, 2015
Belanda Max Verstappen 2019, 2023
Sumber:[18]

Banyak pemenang (konstruktor)[sunting | sunting sumber]

Tim dalam huruf tebal bersaing di kejuaraan Formula Satu musim ini.
Latar belakang merah jambu menandakan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Jumlah kemenangan Konstruktor Tahun menang
12 Britania Raya McLaren 1974, 1984, 1985, 1987, 1988, 1991, 1993, 1998, 1999, 2001, 2005, 2012
11 Italia Ferrari 1976, 1977, 1978, 1989, 1990, 2000, 2002, 2006, 2007, 2008, 2017
6 Britania Raya Williams 1981, 1986, 1992, 1996, 1997, 2004
Jerman Mercedes 2014, 2015, 2016, 2018, 2021, 2022
Austria Red Bull 2009, 2010, 2011, 2013, 2019, 2023
3 Britania Raya Brabham 1972, 1975, 1983
2 Prancis Renault 1980, 1982
Britania Raya Benetton 1994, 1995
Source:[18]

Banyak pemenang (produsen mesin)[sunting | sunting sumber]

Manufaktur dalam huruf tebal bersaing di kejuaraan Formula Satu musim ini..
Latar belakang merah jambu menandakan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Jumlah kemenangan Manufaktur Tahun menang
11 Italia Ferrari 1976, 1977, 1978, 1989, 1990, 2000, 2002, 2006, 2007, 2008, 2017
Jerman Mercedes ** 1998, 1999, 2001, 2005, 2012, 2014, 2015, 2016, 2018, 2021, 2022
10 Prancis Renault 1980, 1982, 1992, 1995, 1996, 1997, 2009, 2010, 2011, 2013
9 Amerika Serikat Ford * 1972, 1973, 1974, 1975, 1979, 1981, 1993, 1994, 2003
4 Jepang Honda 1986, 1988, 1991, 2019
3 Luksemburg TAG *** 1984, 1985, 1987
2 Jerman BMW 1983, 2004
Sumber:[18]

* Dibangun oleh Cosworth, didanai oleh Ford

** Antara tahun 1998 dan 2005 dibangun oleh Ilmor, didanai oleh Mercedes

*** Dibangun oleh Porsche

Berdasarkan tahun[sunting | sunting sumber]

Jacarepaguá yang asli, yang digunakan pada tahun 1978 dan 1981–1989.
Interlagos yang asli, yang digunakan pada periode tahun 1972–1977 dan 1979–1980.
  • Latar belakang merah jambu menandakan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.
  • Sejak tahun 2021, balapan tersebut digelar dengan nama "Grand Prix São Paulo".
Tahun Pembalap Konstruktor Lokasi Laporan
1972 Argentina Carlos Reutemann Brabham-Ford Interlagos Laporan
1973 Brasil Emerson Fittipaldi Lotus-Ford Interlagos Laporan
1974 Brasil Emerson Fittipaldi McLaren-Ford Laporan
1975 Brasil Carlos Pace Brabham-Ford Laporan
1976 Austria Niki Lauda Ferrari Laporan
1977 Argentina Carlos Reutemann Ferrari Laporan
1978 Argentina Carlos Reutemann Ferrari Jacarepaguá Laporan
1979 Prancis Jacques Laffite Ligier-Ford Interlagos Laporan
1980 Prancis René Arnoux Renault Laporan
1981 Argentina Carlos Reutemann Williams-Ford Jacarepaguá Laporan
1982 Prancis Alain Prost[a] Renault Laporan
1983 Brasil Nelson Piquet Brabham-BMW Laporan
1984 Prancis Alain Prost McLaren-TAG Laporan
1985 Prancis Alain Prost McLaren-TAG Laporan
1986 Brasil Nelson Piquet Williams-Honda Laporan
1987 Prancis Alain Prost McLaren-TAG Laporan
1988 Prancis Alain Prost McLaren-Honda Laporan
1989 Britania Raya Nigel Mansell Ferrari Laporan
1990 Prancis Alain Prost Ferrari Interlagos Laporan
1991 Brasil Ayrton Senna McLaren-Honda Laporan
1992 Britania Raya Nigel Mansell Williams-Renault Laporan
1993 Brasil Ayrton Senna McLaren-Ford Laporan
1994 Jerman Michael Schumacher Benetton-Ford Laporan
1995 Jerman Michael Schumacher Benetton-Renault Laporan
1996 Britania Raya Damon Hill Williams-Renault Laporan
1997 Kanada Jacques Villeneuve Williams-Renault Laporan
1998 Finlandia Mika Häkkinen McLaren-Mercedes Laporan
1999 Finlandia Mika Häkkinen McLaren-Mercedes Laporan
2000 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
2001 Britania Raya David Coulthard McLaren-Mercedes Laporan
2002 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
2003 Italia Giancarlo Fisichella Jordan-Ford Laporan
2004 Kolombia Juan Pablo Montoya Williams-BMW Laporan
2005 Kolombia Juan Pablo Montoya McLaren-Mercedes Laporan
2006 Brasil Felipe Massa Ferrari Laporan
2007 Finlandia Kimi Räikkönen Ferrari Laporan
2008 Brasil Felipe Massa Ferrari Laporan
2009 Australia Mark Webber Red Bull Racing-Renault Laporan
2010 Jerman Sebastian Vettel Red Bull Racing-Renault Laporan
2011 Australia Mark Webber Red Bull Racing-Renault Laporan
2012 Britania Raya Jenson Button McLaren-Mercedes Laporan
2013 Jerman Sebastian Vettel Red Bull Racing-Renault Laporan
2014 Jerman Nico Rosberg Mercedes Laporan
2015 Jerman Nico Rosberg Mercedes Laporan
2016 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Laporan
2017 Jerman Sebastian Vettel Ferrari Laporan
2018 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Laporan
2019 Belanda Max Verstappen Red Bull Racing-Honda Laporan
2020 Dibatalkan karena pandemi COVID-19[19]
2021 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Interlagos Laporan
2022 Britania Raya George Russell Mercedes Laporan
2023 Belanda Max Verstappen Red Bull Racing-Honda RBPT Laporan Sumber:[18]
  1. ^ Nelson Piquet dan Keke Rosberg finis di posisi pertama dan kedua di balapan, tetapi keduanya didiskualifikasi setelah kedua mobil mereka ditemukan terlalu kurus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, Luke (17 Desember 2020). "F1 signs new five-year deal with Interlagos to host Sao Paulo GP". www.autosport.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-30. Diakses tanggal 2022-11-18. 
  2. ^ "Brazilian GP, 1978 Race Report – GP Encyclopedia – F1 History on Grandprix.com". Grandprix.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 17 December 2015. 
  3. ^ Autosport magazine, 27 March 2008 p.11
  4. ^ "Brazil signs contract extension through 2022". F1 Times. 10 October 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 February 2014. Diakses tanggal 25 October 2013. 
  5. ^ Noble, Jonathan. "Sao Paulo agrees deal with F1 to host Brazilian GP until 2025". Autosport.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-14. Diakses tanggal 4 February 2023. 
  6. ^ "Sao Paulo's Interlagos Circuit to host Brazilian Grand Prix until 2025". www.formula1.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-16. Diakses tanggal 14 February 2023. 
  7. ^ Benson, Andrew. "US, Mexican & Brazilian races cancelled". BBC Sport (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-26. Diakses tanggal 26 July 2020. 
  8. ^ "Brazilian GP promoter hits out at F1 over 2020 race cancellation". www.motorsport.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-26. Diakses tanggal 26 July 2020. 
  9. ^ a b Noble, Jon; Faldon, Gustavo (8 May 2019). "Brazilian president reveals grand prix will move to Rio for 2020". Autosport. Motorsport Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 May 2019. 
  10. ^ "F1 boss denies Brazilian GP is moving". Speedcafe (dalam bahasa Inggris). 13 May 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-22. Diakses tanggal 16 May 2019. }
  11. ^ Noble, Jonathan. "Sao Paulo agrees deal with F1 to host Brazilian GP until 2025". Autosport.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-14. Diakses tanggal 12 November 2020. 
  12. ^ "Sao Paulo's Interlagos Circuit to host Brazilian Grand Prix until 2025". www.formula1.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-16. Diakses tanggal 17 December 2020. 
  13. ^ "Judge suspends Sao Paulo Grand Prix contract". PlanetF1 (dalam bahasa Inggris). 12 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 January 2021. Diakses tanggal 14 January 2021. 
  14. ^ Longo, Guilherme; Cooper, Adam (12 January 2021). "F1 Sao Paulo GP deal hit by legal challenge as Brazilian judge suspends contract". Autosport.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 January 2021. Diakses tanggal 14 January 2021. 
  15. ^ "Eduardo Paes descarta a possibilidade de autódromo ser construído em Deodoro". odia.ig.com.br (dalam bahasa Portugis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-10. Diakses tanggal 1 April 2021. 
  16. ^ "Rio shelves plan to build new F1 track in forest area". uk.news.yahoo.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-17. Diakses tanggal 1 April 2021. 
  17. ^ "F1 news - Rio de Janeiro gives up on their planned track criticised by Lewis Hamilton and others". Eurosport UK (dalam bahasa Inggris). 2021-02-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-18. Diakses tanggal 2022-06-03. 
  18. ^ a b c d "Brazilian GP". ChicaneF1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-14. Diakses tanggal 14 September 2021. 
  19. ^ Cooper, Adam (25 July 2020). "Angry Brazilian GP promoter hits out at F1 over 2020 cancellation". Motorsport.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-14. Diakses tanggal 14 September 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]