Granat (wahana antariksa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Internasional Astrophysical Observatory "GRANAT" (biasanya dikenal sebagai Granat; Rusia: Гранат), adalah observatorium ruang angkasa Soviet (kemudian Rusia) yang dikembangkan secara kerja sama dengan Prancis, Denmark, dan Bulgaria. Observatorium ini diluncurkan pada 1 Desember 1989 dengan roket Proton dan ditempatkan dalam orbit empat hari yang sangat eksentrik, yang tiga di antaranya dikhususkan untuk pengamatan. Granat telah beroperasi selama hampir sembilan tahun.

Pada September 1994, setelah hampir lima tahun pengamatan diarahkan, pasokan gas untuk kontrol sikap kelelahan dan observatorium ditempatkan dalam mode survei non-diarahkan. Transmisi akhirnya berhenti pada tanggal 27 November 1998.

Dengan tujuh instrumen yang berbeda di papan, Granat ini dirancang untuk mengamati alam semesta pada energi mulai dari X-ray untuk sinar gamma. Instrumen utamanya, SIGMA, mampu pencitraan baik X-ray dan gamma-ray lunak sumber keras. Phebus instrumen dimaksudkan untuk mempelajari ledakan sinar gamma dan sumber X-Ray transien lainnya. Percobaan lain seperti ART-P dimaksudkan untuk gambar sumber X-Ray di kisaran 35-100 keV. Satu instrumen, JAM, dirancang untuk memantau langit secara terus-menerus dan mewaspadai instrumen lain untuk sumber X-Ray baru atau menarik. ART-S spektrometer menutupi kisaran energi X-ray sementara KONUS-B dan TOURNESOL percobaan tertutup baik X-ray dan spektrum sinar gamma.

Referensi[sunting | sunting sumber]