Graha Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perumahan Graha Raya adalah kompleks hunian untuk kelas menengah ke atas yang berlokasi di daerah Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Lokasi kompleks ini terletak di perbatasan segitiga emas di Kota Tangerang Selatan dan sebagian Kota Tangerang yakni Bintaro, Serpong dan Ciledug, serta berbatasan langsung dengan perumahan Alam Sutera.

Perumahan ini pertama kali dibangun pada tahun 1990-an dengan nama Kebayoran Regency yang dikembangkan oleh PT Panca Muara Jaya, milik kelompok usaha Kalbe, kemudian diambil alih oleh pengembang PT. Jaya Real Property yang juga mengembangkan Bintaro Jaya.

Cluster[sunting | sunting sumber]

Perumahan Graha Raya memiliki beberapa cluster seperti Anggrek Loka, Bougenville Loka, Dahlia Loka, dll. Sedangkan yang dibangun oleh PT. Jaya Real Property antara lain Graha Pondok Jagung I dan II, Graha Adena, Cluster Fedora, Carissa, Catalina, Celesta,Valencia, Venice, dll.

Perumahan di beberapa Cluster telah terjual habis dan beberapa cluster baru masih dalam tahap pembangunan, termasuk Cluster Venice yang bertaraf menengah ke atas. Cluster Venice telah menggunakan sistem portal otomatis, sehingga untuk masuk ke dalam komplek ini harus menggunakan kartu gesek atau atas persetujuan satpam.

Ada 2 kluster terbaru yang dikembangkan sejak tahun 2011 yaitu berada dalam distrik Melia dengan harga berkisar Rp.800 juta - 1,2 M dan berada dalam distrik Fortune dengan harga Rp 500 juta - 800 juta.

Harga[sunting | sunting sumber]

Harga rumah di Graha Raya berkisar antara 500 juta hingga 1,2 M.


Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Memiliki sport centre yang mempunyai fasilitas kolam renang, lap. bulu tangkis, futsal, Tamiya dan telah banyak berdiri pusat pertokoan seperti Living World Mall dan Mall @ Alam Sutera. hotel Alam Sutera telah dalam proses pembangunan. Di samping pertokoan dan Mall, perumahan ini memiliki pasar tradisional, pasar malam setiap akhir Minggu dan juga berdekatan dengan pasar modern "pasar segar" yang terletak antara komplek Graha Raya dengan perumahan Bintaro.

Akses - Transportasi[sunting | sunting sumber]

Graha Raya dapat ditempuh dari stasiun Sudimara dengan waktu sekitar 15-20 menit dan berdekatan pula dengan Stasiun Jurangmangu. Dari Rest Area Karang Tengah, Graha Raya dapat ditempuh menggunakan ojek, kendaraan pribadi maupun angkot dengan waktu 10 menit. Dari Slipi atau Grogol, dapat ditempuh melalui tol Jakarta Tangerang kemudian setelah rest area karang tengah masuk ke kiri melalui jalan tembus Alam Sutera. Dengan Rencana pembangunan Toll JORR 2 pada tahun 2014 maka Graha raya akan dapat dicapai dengan akses tol melalui Graha Bintaro sehingga menambah akses tol existing sekarang via Tol Alam Sutera. Toll JORR 2 adalah jalan tol yang akan menghubungkan Bandara Soekarno Hatta - Kota Tangerang - Serpong (diantara BSD - Bintaro) - Pondok Aren - tol TB simatupang.

Angkutan umum yang melayani Graha Raya

  • Angkot D27 ke Alam Sutera (via Graha Raya Boulevard)
  • Angkot B02 ke Poris Plawad
  • Angkot B02A ke Ciledug
  • Metromini S69 ke Blok M (via Ciledug Raya, Pakubuwono 6, Kyai Maja)
  • Kopaja P16 ke Tanah Abang (via Raden Fatah, Puri Kembangan, Pilar, Kedoya Raya, Kemanggisan Raya)
  • Bianglala Metropolitan AC44 patas ke Senen (via Ciledug Raya, Pakubuwono 6, Kyai Maja, Sisingamangaraja, Jend. Sudirman, MH Thamrin, Medan Merdeka Barat, Ir. H. Juanda, Pos, Dr. Sutomo)
  • Mayasari Bakti AC73 patas ke Kampung Rambutan (via Ciledug Raya, Sultan Iskandar Muda, Metro Pondok Indah, Tol JORR, Gedong Timur)