Gossamer Albatross

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gossamer Albatross adalah sebuah pesawat terbang tenaga-manusia dibuat oleh Dr Paul B. MacCready. Pada 12 Juni 1979 pesawat ini menyelesaikan dengan sukses menyebrangi Selat Inggris untuk memenangkan penghargaan Kremer kedua.

Gossamer Albatross II dalam penerbangannya.
Gossamer Albatross, pandangan dari dekat kabinnya.

Pesawat ini digerakkan menggunakan pedal untuk menggerakan baling-baling dua-blade. Dipiloti oleh penyepeda amatir Bryan Allen yang menyelesaikan 35,8km dalam 2jam dan 49menit, mencapai kecepatn maksimum 29km/j (18mpj) dan ketinggian rata-rata 1,5 meter.

Pesawat ini menggunakan konfigurasi yang tidak biasa, menggunakan penstabil besar horizontal depan yang memiliki kemiripan dengan pesawat sukses Wright bersaudara. Gossamer Albatross dibuat menggunakan plastik yang memiliki rangka carbon fibre, dengan struktur sayap menggunakan polystyrene melebar. Seluruh struktur kemudian dibungkus dalam sebuah plastik tipis, transparan (Mylar®). Struktur kosong dari struktur ini hanya 32 kg, namun berat kotor untuk penerbangan Selat tersebut hampir 100 kg. Untuk menjaga pesawat melayang di udara pesawat ini dirancang dengan sayap yang panjang, seperti yang ada dalam glider, membuat penerbangan dapat dilakukan dengan tenaga minimum. Dalam udara tak berangin tenaga yang dibutuhkan hanya dalam order 0,3 tenaga kuda, namun dalam turbulens ringan dapat membuat angka ini meningkat tajam.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]