Gone with the Wind (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gone with the Wind
Poster film yang menggambarkan sepasang insan manusia sedang berpelukan dengan mesra.
Poster pra-peluncuran
SutradaraVictor Fleming
ProduserDavid O. Selznick
SkenarioSidney Howard
Berdasarkan
Gone with the Wind
oleh Margaret Mitchell
Pemeran
Penata musikMax Steiner
SinematograferErnest Haller
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorLoew's Inc.[nb 1]
Tanggal rilis
  • 15 Desember 1939 (1939-12-15) (Atlanta premiere)
Durasi
  • 221 menit
  • 234–238 menit (ditambah dengan musik pembuka, jeda dan musik penutup)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$3,85 juta
Pendapatan
kotor
>$390 juta

Gone with the Wind adalah film asmara sejarah epik Amerika tahun 1939 yang diadaptasi dari novel Gone with the Wind karya Margaret Mitchell tahun 1936. Film ini diproduksi oleh David O. Selznick dari Selznick International Pictures dan disutradarai oleh Victor Fleming. Berlatar tempat di Amerika Selatan dengan latar belakang Perang Sipil Amerika dan Rekonstruksi era, film ini menceritakan kisah Scarlett o'hara, anak perempuan yang berkemauan keras dari Georgia pemilik perkebunan, dari pengejaran romantis Ashley Wilkes, yang menikah dengan sepupunya, Melanie Hamilton, untuk pernikahannya dengan Rhett Butler. Peran utama diperankan oleh Vivien Leigh (Scarlett), Clark Gable (Rhett), Leslie Howard (Ashley), dan Olivia de Havilland (Melanie).

Produksi tergolong sulit sejak awal. Syuting sempat tertunda selama dua tahun karena Selznick bertekad untuk mengamankan atap Pelana untuk peran Rhett Butler, dan "pencarian untuk Scarlett" membawa hingga 1.400 perempuan yang diwawancarai untuk bagiannya. Skenario asli yang ditulis oleh Sidney Howard, tetapi mengalami banyak revisi oleh beberapa penulis dalam upaya mendapatkan durasi yang sesuai. Sutradara asli, George Cukor, dipecat tak lama setelah syuting dimulai dan digantikan oleh Fleming, yang pada gilirannya sempat digantikan oleh Sam Kayu sementara Fleming mengambil beberapa waktu cuti karena kelelahan.

Film ini mendapat review positif saat rilisnya pada bulan Desember 1939, meskipun beberapa pengulas menemukan itu kurang dramatis dan membengkak. Masa audisi dipuji secara luas dan banyak pengulas beranggapan Leigh sangat cocok untuk perannya sebagai Scarlett. Di Academy Awards ke-12, ia menerima sepuluh Academy Awards (delapan kompetitif, dua honorer) dari tiga belas nominasi, termasuk menang untuk Best Picture, Best Director (Fleming), Best Adapted Screenplay (anumerta diberikan kepada Sidney Howard), Aktris Terbaik (Leigh), dan Aktris Pendukung Terbaik (Hattie McDaniel, menjadi Afrika-Amerika pertama yang memenangkan Academy Award). Hal tersebut mengatur catatan untuk total jumlah kemenangan dan nominasi pada saat itu. Film ini sangat populer, sehingga menjadi film berpendapatan tertinggi yang dibuat sampai saat itu, dan mempertahankan rekor selama lebih dari seperempat abad. Ketika disesuaikan untuk inflasi moneter, hal ini masih menjadi film paling sukses di box-office sejarah.

Gone with the Wind telah dikritik sebagai pembaharuan sejarah memuliakan perbudakan, namun demikian, hal itu telah dikreditkan untuk memicu perubahan ke arah Afrika-Amerika yang digambarkan secara sinematis. Film ini dirilis ulang secara berkala sepanjang abad ke-20 dan mendarah daging dalam budaya populer. Film ini dianggap sebagai salah satu daftar film yang dianggap terbaik; film ini telah ditempatkan di sepuluh dari American Film Institute's daftar top 100 film-film Amerika sejak daftar ini didirikan pada tahun 1998, dan pada tahun 1989, Amerika Serikat Perpustakaan Kongres dipilih untuk pelestarian dalam National Film Registry.

Scarlett dan Rhett di charity dance

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sebelum publikasi dari novel, beberapa eksekutif di Hollywood dan studio menolak untuk membuat film berdasarkan hal itu, termasuk Louis B. Mayer dan Irving Thalberg di Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), Pandro Berman di RKO Radio Pictures, dan David O. Selznick dari Selznick International Pictures. Jack L. Warner menyukai ceritanya, tetapi bintang terbesar Warner BrosBette Davis tidak tertarik, dan Darryl Zanuck dari 20th Century Fox tidak menawarkan uang yang cukup. Selznick berubah pikiran setelah editor kisahnya Kay Coklat dan mitra bisnis John Hay Whitney mendesak dia untuk membeli hak film. Pada bulan Juli 1936—bulan setelah itu diterbitkan—Selznick membeli hak untuk $50.000.[2][3][4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Publisitas foto dari Clark Gable dan Vivien Leigh sebagai Rhett dan Scarlett

Audisi dari dua peran utama menjadi kompleks, dua tahun berusaha keras. Untuk peran Rhett Butler, Selznick ingin Clark Gable dari awal, tapi atap Pelana yang berada di bawah kontrak dengan MGM, pernah dipinjamkan ke studio lain. Gary Cooper dipertimbangkan, tetapi Samuel Goldwyn—untuk siapa Cooper berada di bawah kontrak—menolak untuk meminjamkan dia keluar. Warner menawarkan paket Bette Davis, Errol Flynn, dan Olivia de Havilland untuk menjalani peran sebagai imbalan atas hak distribusi.[5] Pada saat ini, Selznick bertekad untuk mendapatkan Gable dan akhirnya membuat kesepakatan dengan MGM. Ayah mertua Selznick, Direktur MGM Louis B. Mayer, pada bulan Agustus 1938 menawarkan untuk memberikan atap Gable dan $1.250.000 untuk setengah dari anggaran film tapi untuk harga tinggi: Selznick harus membayar gaji mingguan Gable, dan setengah keuntungan akan diberikan ke MGM sementara Loew, Inc— induk perusahaan MGM akan merilis film ini.[6]

Perkebunan Tara
Di Twelve Oaks
Di Atlanta
Tokoh pendukung kecil

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan penjelas

  1. ^ Loews was the parent company of MGM.[1]
  2. ^ a b Kredit di awal film mengandung kesalahan: George Reeves disebut "sebagai Brent Tarleton", tetapi memerankan Stuart, sedangkan Fred Crane disebut "sebagai Stuart Tarleton", tetapi memerankan Brent.[7]

Sitiran

  1. ^ Gomery, Douglas; Pafort-Overduin, Clara (2011). Movie History: A Survey (edisi ke-2nd). Taylor & Francis. hlm. 144. ISBN 9781136835254. 
  2. ^ Friedrich, Otto (1986). City of Nets: A Portrait of Hollywood in the 1940s. Berkeley and Los Angeles: University of California Press. hlm. 17–21. ISBN 978-0-520-20949-7. 
  3. ^ "The Book Purchase". Gone With The Wind Online Exhibit. University of Texas at Austin: Harry Ransom Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 2, 2014. 
  4. ^ "The Search for Scarlett: Chronology". Gone With The Wind Online Exhibit. University of Texas at Austin: Harry Ransom Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 2, 2014. 
  5. ^ "Gone with the Wind (1939) – Notes". TCM database. Turner Classic Movies. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-10. Diakses tanggal January 16, 2013. 
  6. ^ Lambert, Gavin (February 1973). "The Making of Gone With The Wind, Part I". The Atlantic Monthly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-21. Diakses tanggal March 7, 2013. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama AFIcatalog

Bacaan lanjutan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]